Sukses

2 Resep Masakan Kaya Protein ala Nicky Tirta, Bisa Buat Sendiri di Rumah

Dua resep andalan yang Nicky Tirta bagikan adalah Honey Soy Chicken dan Egg Cheese Spinach Muffin.

Liputan6.com, Jakarta - Pola makan menjadi hal yang krusial dalam menjaga kesehatan tubuh sehari-hari. Sejalan dengan perkembangan zaman, kebutuhan akan kepraktisan juga semakin meningkat.

Di antara pilihan kepraktisan yang tersedia terkait pemenuhan kebutuhan nutrisi adalah membeli makanan dari luar. Tentu, opsi tersebut diiringi konsekuensi bahwa biaya yang dihabiskan jauh lebih tinggi dibandingkan memasak makanan sendiri di rumah.

Menyadari hal itu, Nicky Tirta membagikan sejumlah resep masakan rumahan yang relatif mudah diikuti. Dua resep andalannya diklaim tak hanya lezat, tetapi juga kaya protein.

Dua resep dimaksud adalah Honey Soy Chicken dan Egg Cheese Spinach Muffin. Honey Soy Chicken adalah olahan ayam yang diberi sentuhan manis dari madu dan kelezatan dari kecap manis. Sementara, Egg Cheese Spinach Muffin menawarkan kombinasi gizi dari telur, keju, dan bayam, dalam bentuk muffin. 

Untuk ayam kecap, Nicky membagikan tipsnya agar daging ayam menjadi lebih empuk setelah dimasak. Kuncinya adalah menambahkan susu.

"Kasih susu biar lebih gurih dan mantep, bisa memberikan efek lembut dan dagingnya. Lebih moist, pada saat hasil akhirnya ketika nanti sesudah ditumis," ungkap Nicky saat cooking show bersama Forvita di Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023. Berikut adalah resep Honey Soy Chicken:

Bahan-bahan:

Dada Ayam 600g

Margarin 2 sdm

Madu 6 sdm

Kecap manis 3 sdm

Saus tiram 3 sdm

Minyak wijen 1 sdm

Saus sambal pedas manis 1 sdm

Lada bubuk 1sdt

Garam 1/2sdt

Kayu manis bubuk 1/4sdt

Jahe bubuk 1 sdt (atau jahe segar 1 ruas, haluskan)

Bawang putih bubuk 1 sdt (atau 3 siung bawang putih segar, haluskan)

Susu cair 100ml

Tepung maizena 1sdm

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Pembuatan

  1. Mulailah dengan melelehkan margarin di atas panci dengan api kecil.
  2. Siapkan wadah besar, kemudian campurkan semua bahan marinasi dengan baik. Pastikan semua bahan tercampur dengan merata agar rasa dari bumbu bisa meresap dengan sempurna ke dalam daging ayam.
  3. Setelah itu, ambil potongan daging ayam yang telah Anda siapkan. Letakkan daging ayam tersebut ke dalam campuran bahan marinasi, lalu tusuk-tusuk dengan garpu.
  4. Selanjutnya, diamkan daging ayam yang telah dicampur dengan bumbu dalam wadah tertutup atau plastik selama kurang lebih 1 jam.
  5. Setelah direndam, panaskan penggorengan atau grill dengan api sedang. Masukkan potongan ayam yang telah dimarinasi ke dalam penggorengan atau grill. Sambil memasak, taburkan wijen di atasnya.
  6. Pastikan untuk membalik ayam agar matang dengan sempurna di kedua sisinya. Ketika daging ayam telah berubah warna menjadi keemasan dan terasa empuk ketika ditusuk, itu artinya ayam sudah matang dengan sempurna.
3 dari 4 halaman

Egg Cheese Spinach Muffin

Setelah mempersembahkan resep Honey Soy Chicken yang lezat, Nicky beralih ke sajian Egg Cheese Spinach Muffin. Sambil mempersiapkan bahan-bahan, Nicky mengungkapkan kunci dari mengolah resep ini, yang bahan utamanya merupakan daging sapi giling.

"Pastikan bahwa daging sapi gilingnya ini benar-benar matang sempurna, karena kalau misalnya nanti dicampur dengan muffin, kalau masih agak mentah, dia akan matang tapi teksturnya gak akan tercampur rata dengan bahan-bahan lainnya. Pastinya akan benyek (hasilnya)," jelas Nicky.

Berikut bahan dari resep Egg Cheese Spinach Muffin:

1. Roti tawar kupas 8 lembar

Bahan isian:

Daging sapi giling 175 gr

Kentang kukus 175 gr

Keju 75 gr

Bawang bombay iris 75 gr

Daun bayam 40 gr

Daun bawang iris 12 gr

Daun parsley cincang 4 gr

Margarin 2 sdm

Telur 5 butir

Garam secukupnya

Lada secukupnya

 

4 dari 4 halaman

Langkah Pembuatan

  1. Panaskan wajan. Tumis bawang bombay yang telah diiris tipis dengan margarin hingga beraroma dan berubah warna menjadi transparan. Tambahkan daging giling dan tumis hingga daging berubah warna dan matang merata.
  2. Ambil kentang yang sudah dikukus, pastikan teksturnya sudah lembut dan mudah dihancurkan. Haluskan kentang dengan menggunakan alat penghalus atau garpu hingga teksturnya lembut dan konsisten.
  3. Di dalam wadah besar, campurkan bahan isian yang telah disiapkan termasuk tumisan bawang bombay dan daging, kentang yang telah dihaluskan, dan bumbu lain yang diperlukan. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik dan rata.
  4. Siapkan loyang muffin, oles permukaan dalamannya dengan margarin agar adonan nantinya tidak menempel dan mudah untuk dikeluarkan.
  5. Ambil lembaran roti tawar kupas, kemudian gilas dengan menggunakan rolling pin atau botol hingga lembaran roti menjadi tipis. Letakkan lembaran roti yang telah digilas di atas loyang muffin sehingga membentuk cangkir kecil.
  6. Ambil adonan yang telah dicampur tadi, isikan ke dalam cangkir roti tawar di loyang muffin. Distribusikan adonan merata di setiap cangkir roti, taburi dengan keju parut di atasnya sebagai topping yang akan menambah rasa dan tekstur saat dipanggang.
  7. Panaskan oven hingga mencapai suhu 180°C. Panggang sajian dalam oven selama 25 menit atau hingga permukaan atas berwarna keemasan dan keju meleleh sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.