Sukses

Rahasia Rumah Kayu Beratap Merah Satu-Satunya yang Selamat dari Kebakaran Hebat Maui Hawaii

Pemilik rumah beratap merah di Maui telah mengungkapkan cara untuk melindungi dari kebakaran hutan Maui Hawaii, seperti beberapa perubahan rutin yang pemilik lakukan selama renovasi baru-baru ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan hebat yang melanda Maui, Hawaii, bukan hanya membawa kerusakan, tetapi juga beragam polemik yang mencuat ke permukaan. Isu yang mencuat mulai dari biaya pemulihan yang disebut-sebut sebagai salah satu yang termahal dalam sejarah Amerika Serikat sampai teori konspirasi yang mencoba menjelaskan apa sebenarnya penyebab dari kebakaran besar tersebut.

Di tengah-tengah berita kerusakan dan polemik, sebuah kisah harapan muncul di media sosial. Sebuah rumah kayu beratap merah menjadi perbincangan hangat karena mampu bertahan di tengah lautan api yang menghancurkan hampir seluruh hutan di sekelilingnya.

Pemilik rumah beratap merah di Maui tersebut mengungkapkan rahasia tak terduga yang ia percaya melindunginya dari kerusakan total. Dilansir dari New York Post pada Senin, 21 Agustus 2023, Dora Atwater Milliki, sang pemilik, menyebut beberapa perubahan rutin yang mereka lakukan selama renovasi baru-baru ini, yang sebenarnya tidak ada di antaranya yang dimaksudkan untuk melindungi rumah dari bencana seperti itu.

"Ini adalah rumah kayu 100 persen, jadi kami tidak membuatnya tahan api atau hal semacam itu," kata Milliki, yang juga merupakan seorang pelukis lanskap kepada Los Angeles Times.

Millikin menjelaskan bahwa dirinya dan suaminya, Dudley, yang merupakan seorang pensiunan manajer portofolio, tidak pernah memikirkan tentang kemungkinan kebakaran hutan saat mereka merenovasi rumah tua berusia 100 tahun itu. Mereka telah memilikinya selama tiga tahun.

"Kami memiliki kecintaan terhadap bangunan lama, jadi tujuan kami adalah menghargai bangunan tersebut," ujar Millikin. "Kami tidak membuat perubahan apa pun pada bangunan tersebut, kami hanya melakukan pemulihan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memulihkan Rumah dan Merawat Lingkungan Sekitar

Keputusannya yang mungkin tidak disengaja untuk mengganti atap aspal dengan logam berat mungkin telah membantu rumahnya bertahan dari kebakaran hutan terparah di Amerika dalam lebih dari seabad, ujarnya kepada surat kabar LA.

Selama kebakaran, katanya kepada LA Times, ada serpihan kayu berukuran 6 hingga 12 inci yang terbakar melayang diterbangkan angin. "Serpihan-serpihan ini akan menabrak atap rumah, dan jika atapnya terbuat dari aspal, maka akan mudah terbakar. Namun jika bukan, serpihan tersebut akan jatuh dan bisa membakar tumbuhan di sekitar rumah."

Mereka juga tanpa sengaja telah meningkatkan kesempatan rumah untuk bertahan dengan menutupi tanah dengan batu sampai ke batas atap, serta memangkas tumbuhan yang tumbuh di dinding luar rumah. Meski awalnya langkah tersebut ditempuh untuk melindungi dari rayap, cara tersebut ternyata hampir sejalan dengan rekomendasi dari para ahli.

Salah satunya penjelasan dari Susie Kocher, seorang penasihat kehutanan di University of California Cooperative Extension yang juga berkontribusi dalam penulisan panduan tentang pencegahan kebakaran hutan.

Kocher menjelaskan kepada LA Times, "Jika ada tumbuhan, terutama yang mudah terbakar, berada sangat dekat dengan rumah dan terkena percikan api, panas yang dihasilkan bisa memecahkan jendela dan api bisa langsung masuk ke dalam rumah."

3 dari 4 halaman

Banyak Aspek yang Mencegah Rumah Itu Terbakar

Rumah dengan atap merah tersebut tampaknya juga memiliki keunggulan posisi karena tidak berlokasi terlalu dekat dengan bangunan lain di sekitarnya, karena dikelilingi oleh laut, jalan besar, dan lahan yang tidak terbangun di tiga sisinya. Walaupun rumah tersebut dilengkapi dengan sistem penyemprotan, begitu juga banyak bangunan di sekitarnya, sistem tersebut tidak aktif saat diperlukan akibat pemadaman listrik, menurut Millikin.

Mayoritas bahan yang mudah terbakar telah dipindahkan dari bagian bawah teras, yang menghadap langsung ke laut. Kocher menilai bahwa rumah tersebut mempunyai banyak aspek yang membantu dalam melindungi dari kebakaran besar.

"Orang sering beranggapan bahwa api besar yang memicu kebakaran pada bangunan, tetapi faktanya seringkali disebabkan oleh percikan api," jelasnya. "Percikan api ini biasanya berasal dari bagian depan api, yang mungkin berada pada jarak yang cukup jauh."

Kesalahpahaman ini juga memunculkan sejumlah desas-desus yang tak berdasar tentang mengapa beberapa area tetap utuh sementara yang lain hancur, tambahnya. "Ketidaktahuan tentang bagaimana sesuatu berfungsi seringkali memicu teori konspirasi," ungkap Kocher.

Atwater Millikin bersama suaminya berencana untuk kembali ke Maui dalam waktu dekat dan membuka rumah mereka bagi para tetangga yang kehilangan rumah mereka. "Kami merasa kehilangan karena banyak tetangga kami yang kehilangan semua milik mereka," ungkapnya kepada media lokal California.

Dia  mengatakan bahwa banyak orang kehilangan segalanya, dan dia perlu kerjasama dari banyak pihak untuk membantu dalam pemulihan. "Setiap orang harus ambil bagian dalam proses pemulihan ini," ucap dia.

4 dari 4 halaman

Biaya Pemulihan Termahal

Berdasarkan laporan dari kanal Bisnis Liputan6.com pada 21 Agustus 2023, akan ada biaya finansial yang cukup tinggi dari besarnya kerugian akibat kebakaran hutan baru-baru ini di Maui Hawaii. Hal itu dikarenakan proses untuk membangun kembali lebih dari 2.200 rumah dan bisnis yang rusak akibat kebakaran di Maui, Hawaii, akan jauh lebih mahal daripada membangun atau memperbaiki rumah serupa di wilayah manapun di Amerika Serikat.

Melansir CNN Business pada Senin, 21 Agustus 2023 sumber daya konstruksi negara yang terbatas dan biaya pengiriman barang hingga gaji yang mahal, menjadi faktor-faktor mahalnya proses pembangunan rumah dan gedung di Hawaii. Moody Analytics menyebut, modal bisnis di Hawaii bahkan sekitar 30 persen lebih mahal daripada biaya bisnis di wilayah lainnya di AS. 

Biaya konstruksi khususnya kemungkinan lebih tinggi di Hawaii jika dibandingkan dengan daratan — sekitar 44 persen lebih tinggi, menurut perkiraan dari Verisk, penyedia analitik data asuransi global. "Berdasarkan peristiwa sejarah yang serupa, ini cenderung konservatif, karena penundaan pembangunan serta penawaran dan permintaan menyebabkan tekanan tambahan pada biaya rekonstruksi," kata Verisk.

Tidak mengherankan, harga kayu dan bahan bangunan lainnya umumnya antara 35 persen hingga 40 persen lebih tinggi di Hawaii daripada di daratan bahkan sebelum kebakaran,  menurut Beau Nobmann, manajer penjualan HPM Building Supply, pemasok barang bangunan utama di negara bagian itu.

Imbas musibah kebakaran, lonjakan permintaan bahan bangunan dapat menyebabkan kelangkaan, sehingga menaikkan harga lebih jauh. Selain itu, karena banyak dari bahan bangunan itu perlu dikirim, rantai pasokan bisa terancam dan kemacetan bisa terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.