Sukses

Layanan Hemat Pesan Makanan dan Ojek Online Sambut HUT ke-78 RI

Momentum menyambut Hari Ulang Tahun atau HUT ke-78 RI ditandai dengan beragam agenda menarik. Salah satunya dihadirkan Gojek melalui Layanan Hemat untuk pesan makanan dan ojek online.

Liputan6.com, Jakarta - Momentum menyambut Hari Ulang Tahun alias HUT ke-78 RI ditandai dengan beragam agenda menarik. Salah satunya dihadirkan Gojek melalui Layanan Hemat untuk pesan makanan dan ojek online.

Presiden Gojek, Unit Bisnis On-Demand Services GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo, menyampaikan bahwa Layanan Hemat hadir setelah pihaknya menyiapkan deretan inovasi untuk pelanggan selama beberapa bulan. Sebagai perusahaan lokal, mereka ingin menjaring pelanggan lebih luas lagi di seantero Tanah Air.

"Kami merefleksi dan driver mitra Gojek bilang promonya kurang. Saya buka-bukaan saja, tidak bisa promo terus, (karena) harus sustainable," kata Catherine di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Agustus 2023.

Ia menjelaskan bahwa kreativitas akan terus terasah ketika dalam situasi "kepepet." Pihaknya pun memikirkan celah apa yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang yang bagus. "Jadilah inovasi kita launching produk Hemat," katanya.

Layanan Hemat pertama ada pada layanan transportasi Gojek, yakni GoCar. Catherine menyebut dirinya tidak jarang mendapat keluhan soal tarif GoCar yang mahal.

"Untuk menanggulanginya harus win-win solution. Inovasi kalau konsumen enggak mau pergi jauh-jauh, maksimal 10 kilometer (km), mitra driver mutar di sana dan pendapatan driver terjaga," terangnya.

Upaya mengoptimisasi lain, yakni dengan penggunaan mobil hemat (harga di bawah Rp200 juta). "Karena mobil kecil, bensin lebih efisien, solusi yang win-win. Konsumen dapat produk, driver income-nya terjaga, jadi ada GoCar Hemat," tambah Catherine.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

GoFood Hemat

Selain GoCar, ada pula Layanan Hemat untuk GoFood. Catherine mengatakan, GoFood Reguler membuat pelanggan bisa memesan makanan dari mana saja selama dalam jarak 25 km. "Kalau GoFood Hemat hanya dua km, driver mutar di sana dan produktivitas bertambah," tuturnya.

Dari segi waktu, pengiriman GoFood Reguler rata-rata memakan sekitar 23 menit. "Untuk GoFood Hemat, nunggu 45 menit. Bisa melakukan order gabungan untuk menjaga income driver. (GoFood) Reguler ongkos kirim Rp10 ribu, Hemat Rp5 ribu ke bawah untuk Jakarta," ungkap Catherine.

Ia menambahkan, inovasi ini lahir dari pemahaman pihaknya terhadap kebutuhan masyarakat yang menginginkan pilihan layanan lebih ekonomis. Ini juga dikatakannya sebagai bentuk strategi Gojek untuk menjangkau konsumen lebih luas, sekaligus meningkatkan peluang pendapatan mitra..

Solusi Hemat yang mencerminkan #PastiAdaJalan, Semangat Indonesia dipercaya bisa memperluas pangsa pasar Gojek di Indonesia. Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Odo Manuhutu, mengapresiasi semangat Gojek sebagai produk yang lahir dan berkontribusi untuk Indonesia.

3 dari 4 halaman

Bangga Buatan Indonesia

Odo menyebut, pihaknya percaya inisiatif Gojek akan membantu mempercepat roda pemulihan ekonomi nasional. Upaya Gojek juga sejalan dengan semangat kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Inisiatif ini akan berdampak positif bagi mitra driver dan mitra UMKM. Saya mengajak masyarakat Indonesia dan konsumen Gojek untuk terus memanfaatkan produk buatan Indonesia, supaya bisa terus jadi juara di negeri sendiri," ujar dia.

Di sisi lain, Catherine mengatakan, mejalan dengan semangat #PastiAdaJalan, Semangat Indonesia, Gojek akan terus menghadirkan inovasi dan solusi yang dibutuhkan masyarakat. "Kami juga ingin mengajak semua untuk ikut serta ambil bagian dalam gerakan ini dan mendukung inovasi lokal dan para wirausaha mandiri, seperti mitra driver dan merchant agar semakin bermanfaat bagi masyarakat luas," jelasnya.

Sebagai bagian dari inisiatif #PastiAdaJalan, Semangat Indonesia, Gojek menggelar program undian mulai 7 Agustus hingga 1 Oktober 2023. Setiap transaksi menggunakan produk Gojek, seperti GoFood, GoRide, GoCar, GoSend, atau GoMart, pelanggan bisa mendapatkan satu tiket undian dan berkesempatan memenangkan beragam hadiah.

4 dari 4 halaman

Program Undian

Secara lebih detail, layanannya adalah GoCar (Regular, Luxe, XL, Hemat), GoRide (Regular, Comfort, Electric), GoFood (Regular,Pick Up, Mode Hemat), GoSend (Send Car Instant, Send Bike Instant, Send Car Multi Delivery, Send SameDay, Send Intercity) Sementara bagi pengguna baru, ada diskon spesial hingga 50 persen untuk berbagai layanannya.

Hadiah yang akan diberikan Gojek untuk pemenang:

  1. 2 Toyota Innova Zenix G Hybrid CVT 2023
  2. 6 Iphone 14 - 128GB
  3. 6 Sony Playstation 5 Hitam Putih - versi Digital 16GB
  4. 10 Logam Mulia 3gr (3 x 1gr)
  5. 10 Smart TV Samsung 32'' HD
  6. 10 Samsung tab A7 Lite LTE 32GB

Seluruh hadiah akan diundi dalam dua periode sebagai berikut:

Periode 1 

Pengumpulan Kode Undian: 7 Agustus - 31 Agustus 2023

Pengundian: 5 September 2023

Periode 2

Pengumpulan Kode Undian: 1 September - 1 Oktober 2023

Pengundian: 4 Oktober 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini