Sukses

Seniman Pencipta Cover Ikonis Sex Pistols Jamie Reid Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun

Seniman Inggris sekaligus aktivitis politik Jamie Reid meninggal dunia di usia 76 tahun. Jamie Reid adalah seniman pencipta desain ikonik untuk Sex Pistols yang identik dengan estetika punk dan gerakan anarkis.

Liputan6.com, Jakarta - Seniman Inggris sekaligus aktivitis politik Jamie Reid meninggal dunia di usia 76 tahun. Jamie Reid adalah seniman pencipta desain ikonik untuk Sex Pistols yang identik dengan estetika punk dan gerakan anarkis.

Dikutip dari CNN, Kamis (10/8/2023), kabar kepergian Jamie Reid diumumkan galerinya John Marchant pada Rabu, 9 Agustus 2023. Grafik "ransom note" karya Reid dan keberanian politik membantu memperkuat band Sex Pistols dan memberi punk rock gaya visual yang jelas dan bertahan lama.

Karyanya tetap sangat populer dan langsung dikenali. "Ketika orang tertarik pada arus utama, mereka kehilangan radikalisme dan semangat mereka," katanya dalam wawancara pada 2018 dengan majalah Another Man. "Aku tidak pernah ingin tertarik ke dunia itu."

Seniman ini lahir di kota Croydon di London Selatan pada 1947 dan menghabiskan sebagian besar masa mudanya di sana. Orangtuanya adalah aktivis sosialis, dan dia sangat dipengaruhi oleh keterlibatan keluarganya yang lama dengan Druidisme, sebuah praktik spiritual yang memperjuangkan penyebab alam dan lingkungan.

Reid berbaris bersama mereka yang melawan persenjataan nuklir dan penyebab radikal, menurut Galeri John Marchant. Saat di Croydon Art College, Reid adalah rekan senegaranya Malcolm McLaren, yang kemudian mengelola Sex Pistols.

Pada 1968, keduanya mengorganisir "pendudukan perguruan tinggi", menurut Galeri Marchant, terinspirasi oleh protes yang lebih luas di seluruh institusi seni di Inggris di antara siswa yang merasa pengajaran mereka kurang dan fakultas serta staf menghalangi sudut pandang mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktivis Politik

Reid juga sangat dipengaruhi oleh Situationist International, sekelompok seniman dan aktivis politik yang mendukung filosofi Marxis sebagai teguran terhadap kepemimpinan konservatif di seluruh Eropa. Dari 1970 hingga 1975, Reid menjalankan majalah alternatif anti-kapitalis yang disebut "Suburban Press," di mana dia menyempurnakan estetika punk DIY khasnya, memotong grafik dan teks yang sudah ada sebelumnya dan menyusunnya sedemikian rupa sehingga menimbulkan "catatan tebusan yang aneh," kata sumber kolektor seni Widewalls.

Di dalam halaman-halamannya, dia mencela komersialisasi kota London Selatan yang semakin meningkat, "Salah satu sampul Suburban Press berbunyi "Lo! A monster is born" di atas gambar jalan raya dan gedung-gedung tinggi.

"Kami dibiarkan kerdil di jalanan oleh menara birokrasi yang besar," bunyi sebuah artikel dalam edisi 1972. "Orang-orang… telah dibuat untuk tampil di lingkungan perdagangan dan administrasi perkotaan."

Etos memberontak melawan status quo tradisional yang digerakkan oleh kapitalis juga diadopsi oleh Sex Pistols, yang dibentuk oleh McLaren pada 1975 (walaupun dia menciptakan band ini sebagian untuk membantu mempromosikan Sex, butik yang dia jalankan dengan rekannya saat itu, Vivienne Westwood).

3 dari 4 halaman

Desain Ikonis

McLaren mengajak Reid untuk membuat grafik untuk grupnya, banyak di antaranya muncul di pakaian yang dibuat dan dijual oleh Westwood. Reid memotong huruf dengan campuran font dan ukuran huruf untuk logo Pistols. Seninya yang sederhana namun menawan untuk album pertama dan satu-satunya Sex Pistols, "Never Mind the Bollocks, Here the Sex Pistols," dinobatkan sebagai salah satu sampul album terbaik sepanjang masa oleh Billboard.

Judul album dicetak dengan latar belakang kuning cerah dengan jenis huruf hitam (tiga font - Reid memformat "THE BOLLOCKS" dalam serif yang megah) sebelum logo Sex Pistols merah muda menerangi sepertiga bagian bawah sampul. Salah satu karyanya yang paling ikonik dan, pada saat itu, sangat kontroversial adalah sampul untuk single Sex Pistols "God Save the Queen", sebuah lagu yang mengutuk monarki dan pemerintahan Ratu Elizabeth II sebagai "rezim fasis".

Karya seni single tersebut menampilkan teks dari judul lagu dalam font yang dibuat Reid yang ditumpangkan di atas potret hitam-putih raja. The Pistols meledak pada awal 1978, dan punk anarkis mengikuti mereka.

4 dari 4 halaman

Reid Berkarya

Reid memberi tahu The Guardian bahwa dia "sangat membutuhkan uang" pada pertengahan 1980-an. Selama waktu ini, dia mulai melukis lagi, menurut Galeri John Marchant, dan mengabdikan dirinya pada karya-karya yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan, seperti karyanya melukis interior Strongroom Studios di London.

Ia juga merilis buku 1987, "Up They Rise: The Incomplete Works of Jamie Reid," dengan jurnalis musik Jon Savage. Ia tidak tertarik dengan artis populer yang mengikutinya di era 90-an, dari Young British Artist poster child Damien Hirst hingga Banksy.

Ia menganggap "taktik kejutan" mereka murah dan tanpa tujuan politik, katanya kepada The Guardian pada 2018. "Tidak ada yang mengejutkan tentang apa yang mereka lakukan," katanya kepada The Guardian.

Reid juga sangat membenci upaya dari firma seni korporat dan seniman seperti Hirst dan Banksy yang mengklaim gerakan punk dan karyanya sebagai inspirasi. "Komodifikasi seni telah menjadi penyakit," katanya kepada Barnsley Civic, sebuah pusat seni di kota Barnsley, Inggris Utara, pada 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini