Sukses

3 Resep Praktis Ayam Goreng Ketumbar, Bumbunya Meresap Harum dan Menggugah Selera

Ayam goreng Indonesia masuk daftar TasteAtlas di urutan pertama sebagai yang terenak di dunia. Bagi orang Indonesia ayam goreng cukup banyak racikannya, salah satunya agar tak bosan coba sesekali coba ayam goreng ketumbar di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Ayam goreng Indonesia berada di urutan pertama daftar TasteAtlas sebagai menu ayam goreng yang terenak di dunia. Bagi orang Indonesia sendiri, ayam goreng cukup banyak racikannya, salah satunya agar tak bosan coba sesekali coba ayam goreng ketumbar di rumah.

Berikut adalah tiga resep ayam goreng ketumbar yang dirangkum dari laman berbagi masakan Cookpad. Sangat mudah dibuat dirumah dengan waktu memasak yang relatif singkat. 

Ayam Goreng Ketumbar resep dari @mozzakitchen

Bahan-Bahan:

4 potong sayap ayam

4 siung bawang putih

4 siung bawang merah

2 sdm ketumbar yang sudah disangrai

1 sdt merica bubuk

1/2 sdt garam

1 1/2 sdt kaldu bubuk ayam

4 sdm tepung maizena

2 sdm tepung tapioka

25 ml air

Langkah Pembuatan:

  1. Bersihkan ayam, tiap sayap ayam dibagi menjadi dua bagian, lalu tusuk-tusuk sedikit daging dengan garpu atau tusuk gigi, agar nanti ketika ayam dibaluri bumbu, bumbunya dapat meresap ke dalam daging.
  2. Blender bawang putih dan bawang merah dengan 25 ml air, blender sampai benar-benar halus.
  3. Campur bumbu yang sudah dihaluskan dengan ayam, lalu tambahkan, garam, kaldu bubuk ayam, merica, dan ketumbar yang sudah dihaluskan. (bisa menggunakan ketumbar bubuk instant) sesuai selera. Jika menggunakan ketumbar utuh lalu di sangrai akan lebih menambahkan aroma.
  4. Campur rata semua bumbu, lalu masukkan tepung maizena dan juga tepung tapioka. Balur semua tepung hingga rata, tekstur bumbu pada ayam harus pas, jangan terlalu encer atau terlalu tebal. Disesuaikan hingga menempel sempurna.
  5. Lalu panaskan minyak, jika sudah panas, masukkan ayam yg telah dibumbui tadi, gunakan api sedang agak permukaan ayam tidak gosong, goreng hingga ayam kecoklatan atau matang sempurna. Jika mau hasil lebih krispi, bisa digoreng dua kali. Siap disajikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ayam Goreng Ketumbar

Berikutnya adalah resep ayam goreng ketumbar dari akun @kikikarlina06 di Cookpad. Untuk potongan ayamnya Anda bisa memilih variasi lain, tidak hanya bagian paha ayam saja. Namun biasanya digunakan bagian paha karena teksturnya akan lebih juicy.

Menu ayam goreng ketumbar ini bisa disantap oleh empat orang di rumah. Resep dan langkah-langkahnya lebih sederhana untuk dipraktekkan di rumah, namun agar ayam lebih terasa berbumbu sebaiknya dimarinasi lebih lama hingga 30 menit. Marinasi ayam tersebut bisa disimpan di kulkas sebelum akan digoreng. 

Ayam Goreng Ketumbar 

6 potong ayam bagian paha

Bahan adonan:

1 sdm kaldu ayam bubuk

4 sdm ketumbar, ulek

4 sdm tepung maizena

1 sdm telung tapioka

Bumbu halus:

5 siung bawmer

3 siung bawput

Langkah Pembuatan:

  1. Bersihkan ayam yang sudah dipotong. Aku pakai bagian paha jd pas 6 potong
  2. Haluskan duo bawang. Campur ke ayam dengan ketumbar yang sudah diulek.
  3. Aduk merata, diamkan selama 1 jam biar lebih menyerap ya.
3 dari 3 halaman

Ayam Goreng Ketumbar

Selanjutnya adalah menu ayam goreng ketumbar dari akun @melscook8. Disarankan untuk mengolah bumbu ketumbar sendiri dengan mengulek manual sehingga aroma rempah ketumbar akan lebih keluar dan meresap ke dalam daging ayam yang telah dimarinasi.

Ayam Goreng Ketumbar 

Bahan-Bahan:

1/2 ekor ayam negri (potong 15 bagian atau sesuai selera)

2 sdm ketumbar kasar (tumbuk kasar)

4 siung bawang putih (haluskan)

1/2 ruas jari kunyit (haluskan)

1 biji kemiri (haluskan)

1/2 sdt garam

1/2 sdt kaldu ayam bubuk

1/2 sdt gula pasir

Langkah Pembuatan:

  1. Baret-baret ayam agar waktu menggoreng bisa matang merata.
  2. Haluskan semua bumbu ketumbar, kunyit, bawang putih, kemiri. Di sini direkomendasikan untuk memakai cara tumbuk manual agar bumbunya lebih keluar rasanya.
  3. Campurkan semua bumbu di haluskan tadi ke dalam ayam, garam, kaldu ayam bubuk, gula pasir, lalu aduk-aduk hingga merata.
  4. Setelah merata diamkan ayam hingga 1 jam lamanya di dalam kulkas.
  5. Setelah satu jam goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan.
  6. Ayam goreng ketumbar siap disajikan selagi hangat. Anda dapat menambahkannya dengan sambal sesuai selera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.