Sukses

Deretan Potret Hangat Justin Trudeau dan Istrinya Sophie Sebelum Bercerai, Akhiri 18 Tahun Pernikahan

Di antara momen terakhir yang dibagikan PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie sebelum mengumumkan bercerai adalah kebersamaan mereka menghadiri acara penobatan Raja Charles III di Inggris pada 6 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka tangan yang digenggam erat itu pada akhirnya terlepas setelah belasan tahun? Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregoire Trudeau mengumumkan perceraian mereka di unggahan Instagram masing-masing, Rabu, 2 Agustus 2023.

Trudeau berkata setelah "banyak percakapan yang berarti dan sulit" dengan Sophie, "kami memutuskan untuk berpisah." "Kami tetap jadi keluarga dengan cinta yang mendalam dan rasa hormat satu sama lain dan untuk semua yang telah kami bangun dan akan terus kami bangun," tulisnya.

Ia meminta agar privasi mereka dihormati demi kesejahteraan anak-anak. Sebelum bercerai dan mengakhiri 18 tahun pernikahan, keduanya acap kali berbagi potret kebersamaan dari waktu ke waktu. Pada 2019 lalu, Sophie menulis, "Masih membuatku tertawa setelah bertahun-tahun," memperlihatkan fotonya di samping Trudeau yang memandanginya.

Mei 2023, saat bersama menghadiri acara penobatan Raja Charles III di Inggris, pasangan ini masih tampak berpegangan tangan. Sophie tampak manis dengan gaun merah muda pucat, dilengkapi topi serasi. Di sisinya, Trudeau tampil dengan setelan jas biru gelap.

Ia menulis, "'Kami bersatu dengan orang-orang dari semua agama dan keyakinan dalam ucapan syukur, dan dalam pelayanan untuk kebaikan bersama.' Saya membaca pesan ini sambil menyaksikan momen bersejarah selama penobatan Yang Mulia Raja Charles III."

"Bagaimanapun Anda mengartikulasikannya dalam hidup Anda sendiri, kita pasti membutuhkan lebih banyak hal ini di dunia kita. Jadi, mari kita cari cara untuk menerapkan kata-kata itu sebaik mungkin," imbuh Sophie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Sophie

Secara teratur, Sophie juga berbagi sederet momen dukungan untuk pekerjaan Trudeau. Salah satunya dibagikan pada 2021, kala dunia tengah menahan dampak pandemi COVID-19. Di potret itu, keduanya kompak memakai masker.

"Di mana Anda berdiri hari ini?" tulisnya mengawali keterangan unggahan. "Hari ini saya berdiri (dan duduk!) di sebuah ruangan yang dipenuhi orang Kanada dari berbagai latar belakang yang semuanya telah mengabdikan hidup mereka untuk menjadikan negara ini seperti yang seharusnya."

"Di antara tim tersebut adalah wanita kedua yang diangkat jadi Menteri Pertahanan Nasional, Anita Anand. Ini juga ketiga kalinya dalam sejarah negara kita bahwa kabinet menghargai kesetaraan gender, dan untuk pertama kalinya akan ada Menteri Kesehatan Mental dan Kecanduan. Daftarnya terus berlanjut."

"Kita semua harus sangat bangga dengan tim yang diumumkan hari ini karena tim itu mewakili kita semua sehingga kita dapat maju menuju masa depan yang bersatu!" tandasnya.

3 dari 4 halaman

Foto Lawas

Beberapa potret lawas pun tidak ketinggalan dibagikan. Pada 29 Mei 2021, Sophie menulis, "Oh, kekasihku 'Just'... 18 tahun berbagi jalan hidup kita (16 tahun menikah hari ini!) dan sungguh sebuah petualangan. Kita telah saling mencintai melalui itu semua dan cinta itu tidak mengenal batas. Sophiemu."

Foto lama pasangan ini juga muncul tahun berikutnya. Saat itu, Sophie mengenang kencan pertama mereka. Berbagi potret lama, ia menulis, "Kencan pertama kami adalah 17 tahun lalu. Kami tidak semuda itu lagi, tapi sungguh sebuah petualangan."

"Melalui semua suka dan duka, kami tetap jadi orang favoritku. Aku mencintaimu. #TBT ke saat hening yang kami bagikan di suatu tempat di sepanjang jalan."

Kedua potret ini memperlihatkan figur mereka yang jauh lebih muda. Rambut Trudeau tampak lebih gondrong dari waktu-waktu sekarang ketika ia menjabat sebagai PM Kanada. Sementara, Sophie terlihat mempertahankan gaya rambut pirang bergelombangnya yang juga masih tampak sampai sekarang.

4 dari 4 halaman

Ungkapan Ulang Tahun Pernikahan

Di foto lain, Sophie berbagi, "Untuk suami kesayanganku 😉 14 tahun bersama dan melewati semua suka dan duka. Selalu menantikan petualangan-petualangan baru untuk kita! Pada semua pasangan di luar sana, bersorak untuk kebersamaan dan kisah cinta dan kesulitan kalian!"

Pertemuan mereka sendiri terjadi setelah Trudeau menghabiskan beberapa tahun mengajar di Vancouver, dan kembali ke Montreal pada 2002, menurut biografi resmi si PM Kanada. "Mereka menikah pada 2005 dan sekarang jadi orangtua Xavier, Ella-Grace, dan Hadrien," tulisnya.

Dalam sebuah unggahan Instagram merayakan ulang tahun pernikahan mereka tahun lalu, Sophie mengatakan pasangan itu telah "bernavigasi melalui hari-hari cerah, badai besar, dan segala sesuatu di antaranya dan itu belum berakhir."

Ia menambahkan, "Hubungan jarak jauh menantang dalam banyak hal. Kondisi ini menuntut kerja konstan, fleksibilitas, kompromi, pengorbanan, pengabdian, kesabaran, usaha, dan banyak lagi. Tidak satu pun dari kita yang sempurna sehingga tidak ada hubungan yang sempurna, tapi cinta hanya benar jika itu membuat Anda aman, membebaskan Anda, dan membuat Anda tumbuh."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.