Sukses

Apa Jawaban Ustadz Adi Hidayat Saat Ditanya Akankah Berpoligami?

Bahasan mengenai poligami selalu menarik atensi publik, apalagi berhubungan dengan figur seorang ustadz. Hal ini lantaran dalam Islam diperbolehkan seorang laki-laki untuk memiliki istri lebih dari satu, bahkan empat, dengan syarat tak ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Bahasan mengenai poligami selalu menarik atensi publik, apalagi berhubungan dengan figur seorang ustadz. Hal ini lantaran dalam Islam diperbolehkan seorang laki-laki untuk memiliki istri lebih dari satu, bahkan empat.

Namun, perkara soal poligami bukanlah enteng. Hal itu sempat ditanyakan jemaah kepada Ustadz Adi Hidayat yang dikenal memiliki rumah tangga adem ayem. "Apakah ustadz akan berpoligami?" tanya seorang di sebuah kajian yang dalam salah satu unggahan di media sosial.

"Saya selalu katakan begini, poligami hal yang diperkenankan dalam Al-Quran. Jika terpenuhi syaratnya, maka tidak ada orang yang bisa melarangnya, karena Allah memperkenankannya," ungkap Ustadz Adi Hidayat dikutip dari tayangan TikTok akun @edy_hermawan89, Rabu, 2 Agustus 2023.

Namun, ia juga mengatakan hal yang diingatnya bahwa dirinya saat ini mendapat tiga amanah yang merupakan titipan Allah, yaitu istri dan ketiga anak-anaknya. Menjadi persoalan bagi dai asal Jawa Barat ini adalah menerima amanah tiga orang yang belum sempurna.

"Masa iya saya mau menerima amanah yang lain? Jadi, kalau saya punya prinsip, kalau saya belum mampu maksimalkan secara sempurna apa yang Allah titipkan kepada saya, maka bagi saya agak berat rasanya dihadapkan kepada Allah ketika menerima amanah yang lain," jelasnya.

Dalam tayangan video viral lainnya, Ustadz Adi Hidayat juga sempat mengatakan bahwa ia berdoa kepada Allah agar hanya menjadikan istrinya satu-satunya orang yang dilihatnya. Meskipun, di sekeliling Ustadz Adi Hidayat ada wanita lain yang lebih cantik dari istrinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Konten yang disukai oleh lebih dari 26,2 ribu penonton itu pun mendapat tanggapan warganet. Sebagian besar mengatakan bahwa istrinya sangat beruntung memiliki laki-laki yang setia seperti Ustadz Adi Hidayat.

"Beruntung perempuan yang mendampinginya," tulis seorang warganet di kolom komentar.

"Ya Allah bukan membandingkan dengan ustadz lainnya, tapi alangkah baiknya menjawab dengan begini. Hati jadi adem banget dengernya," kata warganet yang lain.

"Masya Allah, ustadz yang bener-bener paham agama. Meski diperbolehkan tapi dia aja belum siap berpoligami karena amanah itu akan dipertanggungjawabkan," sambung yang lain.

"Masya Allah seorang Ustadz Adi Hidayat aja merasa belum sempurna menjaga amanah titipan dari Allah," tambah warganet.

"Masya Allah jawaban yang cerdas," sebut yang lain.

Di tengah banyaknya pemberitaan mengenai poligami, Ustadz Adi Hidayat termasuk salah satu pendakwah yang setia dengan satu istri. Rumah tangganya tampak harmonis selama ini, jauh dari gosip. Ternyata, ada pengorbanan yang harus dijalani dai asal Pandeglang tersebut sebelum menikah. 

3 dari 4 halaman

Menunggu Menikahi Istri Selama 7 Tahun

Diketahui Ustadz Adi Hidayat harus menunggu istrinya selama tujuh tahun. "Amanahnya harus belajar minimal S2, baru mama izinkan menikah," kata Ustadz Adi Hidayat saat mengajukan proposal pernikahan ke ibunya, dikutip dari unggahan video di akun TikTok @umaruchan71472, Minggu, 23 Juli 2023.

Ia dan istrinya saat itu dipisahkan jarak mengingat pria yang akrab disapa UAH itu menempuh pendidikannya di Tripoli, Libia. Ustadz Adi adalah lulusan dari Internasional Islamic Call College Triopoli.

Pria berusia 38 tahun itu mengatakan, Allah memisahkan ia dan istrinya saat itu untuk menghindari dari pergaulan yang dilarang dalam aturan Islam. Lantaran tak ingin membuat wanita yang disayanginya menunggu, Ustadz Adi Hidayat pun berucap apabila calon istrinya bertemu pria lain yang terbaik yang bermaksud menikahinya, ia sebaiknya menikah saja.

"Allah memberikan yang terbaik. Tapi kalau kau mau bersabar, silahkan tunggu sampai saya selesai S2," papar Adi yang sekarang menjabat Wakil Ketua I Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027.

 

4 dari 4 halaman

Warganet Mendoakan Pernikahan Langgeng

Setelah terpisah selama tujuh tahun, sang istri nyatanya tetap menunggu dan mereka menikah hingga sekarang. Pasangan itu kini telah dikaruniai tiga orang anak. 

Kisah perjalanan Ustadz Adi Hidayat hingga bisa menikah dengan istrinya direspons positif dari warganet. Mereka mendoakan agar rumah tangga pasangan itu bisa langgeng.

"Sakinah mawadah wa rahmah, sehingga JannahNya Ustadz dan jangan hadirkan orang ketiga," tulis seorang warganet.

"harusnya dibuatkan film ini," kata warganet yang lain.

"Wajah istrinya mirip dengan Ustadz Adi yah, mungkin itu yang dinamakan jodoh," sahut warganet lainnya.

"Masya Allah kesabaran yang berbuah manis," ujar yang lain.

"Masya Allah pasti uminya wanita saleha. Anda tak salah menunggu lelaki idaman surga dunia akherat umi," tulis warganet lagi.

"Itu mungkin salah satu alasan UAH tidak mau berpoligami dari istrinya karena beliau sangat setia menunggu UAH masya Allah semoga selalu bersama hingga akhirat," sahut warganet.

"Masya Allah Ustadz Adi memang bener bisa buat panutan, cara menjawab pertanyaan juga tepat termasuk dalam hal berpoligami, semoga Allah selalu menjaganya," kata warganet yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini