Sukses

Turis Asing Berulah Lagi di Bali, Nekat Terobos Tol Bali Mandara dengan Berjalan Kaki

Turis asing lagi-lagi berulah di Pulau Dewata. Kali ini, turis asing yang belum diketahui identitasnya tersebut tertangkap kamera berjalan kaki menerobos Tol Bali Mandara.

Liputan6.com, Jakarta - Turis asing lagi-lagi berulah di Pulau Dewata. Kali ini, turis asing yang belum diketahui identitasnya tersebut tertangkap kamera berjalan kaki menerobos Tol Bali Mandara.

Dalam video yang beredar, turis asing tersebut nekat masuk jalan tol Bali Mandara. Petugas pun sudah mencoba menawarkan untuk diantar dengan mobil, namun ditolaknya.

Aksi nekat turis asing itu membuat petugas harus mengawalnya sampai keluar gerbang tol Benoa. Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto turut menanggapi terkait kejadian tersebut.

"Terkait kejadian bule yang menganggu pengendara kendaraan di jalan Tol Bali Mandara itu arah ke Benoa, di mana kejadiannya pada tanggal 15 Juli 2023 pada pukul 20.00 WITA," kata Stefanus.

Ia menjelaskan turis asing itu berusaha mencegat beberapa kendaraan di jalan tol tersebut. "Kemudian oleh petugas dari PJR maupun dari Jasa Marga yang bersangkutan rencana dinaikkan ke kendaraan, tapi yang besangkutan tetap tidak mau, berontak," lanjutnya.

"Akhirnya dikawal jalan kaki oleh petugas sampai keluar dari jalan tol. Setelah diberi pembinaan, bule tersebut meninggalkan lokasi," tutup Stefanus.

Tentu ini bukan kali pertama turis asing berulah. Sebelumnya, sekelompok perempuan asing menyulut kontroversi online setelah mereka terekam berbikini di persawahan.

Enam turis asing yang belum diketahui identitasnya itu membantu beberapa petani di Bali menanam padi. Momen itu jadi viral setelah beredar di media sosial, membuat tidak sedikit warganet yang mempertanyakan motif turis berbikini itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turis Berbikini Bantu Petani Bali Menanam Padi

Komentarnya juga berpusat pada kesesuaian pakaian mereka dan "gangguan nyata terhadap pekerjaan lokal." Menurut Daily Mail, dilansir dari The Thaiger, Jumat, 14 Juli 2023, klip itu dibagikan di media sosial dengan keterangan, "Di zaman sekarang ini, sangat normal memakai bikini di sawah," menyulut kemarahan warga dunia maya. Konten itu juga dituduh dibuat dengan "mengorbankan pekerja lokal," dalam kasus ini petani di Bali.

Komentar seorang pengguna berbunyi, "Orang-orang pekerja keras yang miskin dari negara-negara berkembang diperlakukan hanya sebagai alat peraga bagi turis kaya yang berpengaruh." Namun, ada juga yang membela sekelompok turis tersebut.

Sebagian warganet mendukung sekelompok turis wanita tersebut. Salah satunya menulis, "Menurut saya, para petani tidak akan terlalu memikirkannya, mereka sepertinya ikut tertawa." "Mengapa semua orang membuat keributan? Setidaknya, mereka membantu," sahut yang lain.

"Tidak masalah sebenarnya membantu petani Bali, tapi seharusnya mereka berpakaian lebih sopan, disesuaikan dengan norma setempat," timpal pengguna berbeda. Pakaian turis asing yang "tidak sesuai" telah lama jadi isu di Bali.

3 dari 4 halaman

Turis Asing Pamer Kemaluan

Sebelum ini, seorang perempuan yang diketahui turis Denmark bikin heboh karena memamerkan vaginanya di atas motor saat berada di jalan raya kawasan wisata di Bali. Aksi tidak terpuji ini diabadikan dalam sebuah video yang dibagikan desainer, sekaligus aktivis sosial Bali, Ni Luh Djelantik, di akun Instagram pribadinya pada 26 Mei 2023.

Video itu menampilkan dua turis asing sedang di atas motor, yang mana turis pria sedang berbincang dengan seseorang yang diduga merekam aksi tersebut. Sedangkan turis perempuan yang duduk di belakang terekam pamer alat kelamin sembari tertawa.

Turis pria itu lantas menghentikan aksi turis perempuan tersebut. Cerita ini dimuat kembali publikasi Australia, news.com.au, dan New York Post. Mereka mengutip pernyataan Ni Luh yang menulis, "Bule ndableg pamer apem. Tindak tegas !! Terimakasih Kakanim Ngurah Rai yang telah menindaklanjuti komunikasi kami. Terima kasih atas kerja keras kalian menjaga martabat bangsa kita tercinta. Indonesia tidak perlu turis sampah!!!"

4 dari 4 halaman

Ulah Turis Asing di Bali

"Penegakan aturan dan penertiban bukannya bikin mereka kapok dan tahu diri. Dikasi hati minta kepala," Ni Luh melanjutkan. "Diperberat saja sanksinya agar kapok dan gak mengulangi lagi. Tembuskan ke setiap kedutaan Indonesia di semua negara agar warga negara ybs paham THE DO'S AND DONT'S in Bali."

"Rakyat Bali berhak memilih jenis wisatawan yang menikmati tanah kelahirannya. Kualitas, kualitas, kualitas. Mantra yang harus dihapalkan, dihayati dan dilaksanakan oleh semua pemegang kebijakan," tandasnya. Dalam unggahan lanjutan pada 28 Mei 2023, Ni Luh Djelantik menyebut bahwa kedua turis itu sudah ditangkap pada Sabtu, 27 Mei 2023, dan akhirnya dideportasi.

Di bulan itu, sebuah video memperlihatkan seorang wanita asing bugil viral di media sosial. Rekaman itu dibagikan ulang di sejumlah media sosial, salah satunya di akun Instagram @jeg.bali_ pada 24 Mei 2023. 

Di klip, perempuan itu terlihat berjalan lenggak-lenggok di sebuah pementasan tarian Bali tanpa sehelai benang pun menutupi tubuhnya. Kasubdit V Tindak Pidana Siber Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Nanang PrihasmokoIa mengatakan bahwa turis asing yang bugil itu terjadi di wilayah Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.