Sukses

Cerita Saril Si Manusia Silver Sukses Mengubah Nasib, dari Jalanan hingga Kerja di Hotel

Saril si Manusia Silver disebut sempat ragu saat ditawari bekerja di hotel.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak kisah yang terkuak lewat beragam video di jagat maya. Salah satu yang tengah jadi sorotan adalah cerita pria bernama Saril yang awalnya bekerja sebagai manusia silver di jalanan, namun sekarang merupakan seorang petugas hotel.

Penggalan kisah tentang Saril manusia silver ini dibagikan pemilik akun Tiktok @wiwiekhermaida503. Awalnya, pengunggah tengah melintas di salah satu jalan raya dan Saril ada di tepi jalan, beraksi sebagai manusia silver.

Aril, begitu pria itu disapa, yang sedang berada di jalanan dipanggil mendekati mobil si pengunggah video. Klip tersebut dibagikan pada 2 Juni 2023 dan telah disaksikan lebih dari 2,8 juta kali.

"Kemarin dalam perjalanan pulang dari RS, di perempatan lampu merah melihat seorang anak berperan sebagai manusia silver. Seketika saya menawarkan pekerjaan untuk bidang HK yang masih lowong," tulis pengunggah dalam kolom keterangan.

Ia pun sempat berinteraksi singkat dengan Aril. "Saya mau tanya, saya mau tawarin kamu kerja, mau enggak?" tanya pengunggah. Aril kemudian bertanya soal pekerjaan yang ditawarkan kepadanya. "Kerja housekeeping sih," lanjut pengunggah.

Meski sempat ragu, ia pun mengiyakan tawaran pengunggah tersebut. "Kalau ada, mau?" tanyanya yang disambut anggukkan Aril.

Saat ditanya nomor ponsel, Aril pun menggeleng. Video berdurasi 31 detik itu disertakan keterangan lokasi, yakni di Batam. Empat hari kemudian, tepatnya, 6 Juni 2023, pengunggah kembali membagikan video terkait Aril.

Kala itu, Aril menyebut sudah bekerja dua hari dan bahagia dapat bekerja di hotel. "Tapi harus happy kerjanya, harus seneng ya. Jujur, tulus, ikhlas. Selamat bekerja," kata pengunggah dalam video.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Warganet yang Bertanya

Sekitar lima hari lalu, si pemilik akun TikTok kembali membagikan video Aril karena banyak warganet yang bertanya tentangnya. "Kemarin saat live, ada yang menanyakan, apakah Saril masih bekerja atau sudah dipecat? We are shocked, but this is it. Last night backstage story with Saril. Happy weekend and stay positive mind and soul," tulisnya.

Video tersebut dibanjiri pujian warganet. "Ya Allah beruntung banget Aril bertemu dengan beliau," tulis seorang warganet. "Kalo kamu enggak betah kerja, ingat aja waktu kamu di jalanan kena panas kena hujan. Belum lagi kena razia karena di luar sana jauh lebih enggak enak. Semangat," lanjut lainnya.

"Terima kasih orang baik," tulis warganet lainnya. "Alhamdulillah semoga adeknya cepat bisa, rajin, tekun. Mbaknya baik terima kasih mbak semoga makin banyak orang-orang yang beruntung. Aamiin," tulis lainnya.

"Mba, semoga panjang umur udh mau bantu orang lain semoga mba nya di kasih rezeki yg berlimpah amin," tulis lainnya.

3 dari 4 halaman

Manusia Silver Pakai Moge untuk Mengemis di Jember

Sebelumnya, media sosial digegerkan video viral manusia silver yang mengendarai motor gede alias moge untuk menuju lokasi tempat ia biasa "beraksi." Dikutip dari Surabaya Liputan6.com, video manusia silver menggunakan motor moge itu terekam di daerah sekitar pusat kota Jember pada akhir April 2023.

Setelah sempat reda, manusia silver itu terjaring razia gelandangan pengemis yang dilakukan aparat gabungan di Kecamatan Balung, kawasan di pinggiran pusat kota Jember. 

"Ya kami dapat laporan dan keresahan dari masyarakat di Balung, sehingga kami koordinasikan dengan Trantib kecamatan. Karena tupoksinya ada di mereka. Kami sifatnya hanya membantu," ujar Kapolsek Balung Jember AKP Sunarto, 25 Mei 2023.

Polsek Balung bersama Satpol PP Trantib Kecamatan Balung kemudian melakukan razia dan salah satunya berhasil menjaring seorang manusia silver di salah satu pusat keramaian di Balung. Saat terjaring razia, pria berinisial SNR yang merupakan warga Kecamatan Ajung, Jember ini kedapatan membawa moge.

4 dari 4 halaman

Terjaring Razia

"Saat kita mintai keterangan, ternyata benar. Yang bersangkutan adalah manusia silver yang kemarin sempat viral bawa motor (gede) itu," tutur Sunarto.  Namun, dalam penindakan tersebut, terungkap motor yang dikendarai sang silver man untuk operasional mengemis itu, bukanlah merek moge yang sebenarnya. 

"Hanya semacam motor modifikasi. (Menggunakan sparepart) protolan gitu," ujar Sunarto.

Sesuai tugas pokok dan fungsi, manusia silver itu didata dan diberi pembinaan. Adapun motor besar yang digunakannya untuk menuju lokasi "mengemis," diamankan di mapolsek. 

"Karena tidak dilengkapi surat-surat lengkap. Baru bisa diambil kalau sudah bawa surat lengkap. Yang bersangkutan juga sebenarnya bisa dikenakan pasal tipiring (karena mengemis)," ungkap Sunarto. 

Dalam pemeriksaan juga terungkap bahwa SNR semula beroperasi mengemis di kawasan pusat kota Jember. Namun, seiring masifnya razia gelandangan dan pengemis yang dilakukan Satpol PP Jember, diduga banyak manusia silver yang berpindah mengemis di jalanan di kawasan pinggiran kota. 

Fenomena pergeseran ruang gerak silver man untuk mengemis ini diduga terjadi secara massif. "Ini yang kemudian menyebabkan keresahan di masyarakat di Balung. Tiba-tiba banyak manusia silver," pungkas Sunarto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini