Sukses

Adu Gaya Iriana Jokowi dan Permaisuri Jepang Masako di Istana Bogor, Elegan dengan Warna Lembut

Sebagai perwakilan pimpinan negara, Ibu Iriana Jokowi dan Permaisuri Masako tampil elegan dengan pakaian formal masing-masing. Keduanya tampak akrab bercengkerama saat tengah berjalan-jalan di halaman Istana Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Ibu Negara Iriana dengan gembira menyambut kedatangan Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito, dalam kunjungan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada hari Senin (19/6/2023). Ini adalah kunjungan pertama Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia sejak naik takhta pada 2019 lalu.

Dikutip dari kanal News Liputan6.com, Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri Masako tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan mereka diiringi oleh arak-arakan pasukan berkuda dan marching band yang menambah kemeriahan suasana.

Tak lama setelah itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana dengan penuh antusias menyambut Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako yang turun dari mobil mereka, di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi kemudian mengajak Kaisar Naruhito menuju halaman depan Istana Bogor, tempat acara resmi berlangsung.

Sebagai perwakilan pimpinan negara, Ibu Iriana Jokowi dan Permaisuri Masako tampil elegan dengan pakaian formal masing-masing. Sama-sama memakai pakaian bernuansa pastel, keduanya tampak akrab bercengkerama saat tengah berjalan-jalan di halaman Istana Bogor itu. 

Ibu Negara Iriana terlihat kalem dengan setelan busana nasional menyerupai kebaya modern dengan detail renda yang elegan berwarna merah muda salem. Beliau memadukannya dengan bawahan kain yang berwarna sedikit lebih gelap dengan ilustrasi modern yang mencuri perhatian. 

Di pundak sebelah kanannya, tergantung selendang yang tampak bermotif songket dengan warna senada. Sementara sepatunya adalah heels formal berwarna hitam. Melengkapi penampilannya, Iriana Jokowi mengenakan bros silver di kerah kebayanya, anting-anting dan cincin. Beliau mempercantik rambutnya yang dikonde dengan aksesori tusuk konde berwarna emas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permaisuri Masako Kenakan Setelan Formal Biru Muda

Sementara itu, Permaisuri Owada Masako menggunakan pakaian formal berupa setelan blazer dua kancing dengan kemeja putih dan rok span sebetis berwarna biru pastel. Permaisuri berusia 59 tahun itu memadukan setelannya dengan heels berwarna putih. 

Sebagai aksesori, Permaisuri Masako menggunakan topi bundar berwarna putih dengan garis biru muda dan clutch kecil berwarna senada. Beliau juga menggunakan kalung dan anting-anting mutiara sebagai pemanis. 

Mendampingi pasangan masing-masing, Ibu Negara Iriana dan Permaisuri Masako terlihat berbincang selama berjalan bersama dan melakukan kegiatan bersama, di antaranya menanam Pohon Gaharu di halaman Istana Bogor dan melihat koleksi anggrek di sana.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Selanjutnya, Jokowi dan Iriana mengajak Kaisar Naruhito serta Permaisuri Masako masuk ke dalam Istana Kepresidenan Bogor untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Mereka lalu menuju beranda Istana untuk melakukan pembicaraan atau veranda talk.

3 dari 4 halaman

Jokowi Menyopiri Kaisar Naruhito

Jokowi tampak memperlihatkan ikan arwana yang nantinya akan diserahkan kepada Kaisar Naruhito. Ikan arwana ini merupakan jenis arwana super red yang banyak ditemukan di sungai Kalimantan Barat.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama, yang merupakan agenda rutin dilakukan apabila ada pemimpin negara yang datang ke Istana Bogor. Adapun pohon yang ditanam yakni, Pohon Gaharu.

Jokowi, Iriana, Kaisar Naruhito, dan Permaisuri Masako kemudian menuju Griya Anggrek Istana Kepresidenan Bogor, dengan menaiki mobil buggy. Di sana kedua pemimpin dan pendamping, akan melihat koleksi anggrek yang dimiliki Kebun Raya Bogor.

Jokowi tampak menyupiri Kaisar Naruhito dan para pendamping, sambil berbincang akrab di perjalanan menuju Griya Anggrek. Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako sangat serius mendengar penjelasan soal koleksi anggrek yang ada di Kebun Raya Bogor.

Kedua pemimpin akan menyampaikan keterangan pers bersama, usai pertemuan. Pertemuan akan ditutup dengan jamuan santap siang bersama.

4 dari 4 halaman

Kunjungan Kaisar Naruhito Dapat Memperkuat Hubungan Indonesia-Jepang

Sebelumnya, Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore, 17 Juni 2023, sekitar pukul 16.20 WIB.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126. Kaisar bersama Permaisuri rencananya akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Dalam kunjungannya, Kaisar bersama Permaisuri dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah kegiatan, utamanya adalah bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Senin, 19 Juni 2023. Selain itu, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Jokowi pun berharap kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako ke Indonesia dapat memperkuat persahabatan masyarakat kedua negara. Menurut dia, hal ini diperlukan untuk pengembangan kemitraan strategis Indonesia-Jepang.

"Kunjungan Sri Baginda Kaisar bersama Sri Baginda Permaisuri ke Indonesia semakin memperkokoh pondasi persahabatan di antara masyarakat kita," kata Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan Kaisar Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.