Sukses

Isi Libur Anak Sekolah di Tangerang, Bisa Main Salju dan Jajan di Pasar Malam

Mengisi libur anak sekolah tak melulu harus bepergian ke luar kota. Sebuah pusat perbelanjaan di Tangerang menyiapkan wahana bermain salju hingga pasar malam untuk dinikmati.

Liputan6.com, Jakarta - Libur anak sekolah di depan mata. Ini menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kebersamaan. Tak melulu bepergian ke tempat yang jauh, Anda bisa mengajak buah hati ke Summarecon Mall Serpong (SMS).

Pusat perbelanjaan di Tangerang itu menghadirkan dua program menarik sepanjang Juni hingga Juli 2023. Dimulai dari 9 hingga 25 Juni 2023, pengunjung diajak berpetualang rasa di Xplorasa Carnival.

Lebih dari 300 jenis makanan dan minuman dijajakan di Uptown Park Summarecon Mall Serpong yang disulap bak pasar malam. Di antaranya adalah Roji Ramen, US Pizza, Toko Kopi Tuku, Hoy Tod!, Sugarays Popcorn, Pan & Cake, Kebab Baba Rafi, Jus Kode, Squid Boss, dan masih banyak lagi.

Selayaknya pasar malam, pengunjung bisa menaiki beragam wahana, seperti bianglala, kincir mini, ontang anting, kora-kora, ombak banyu, kereta jumbo, merry go round, dan canoe river. "Semua wahana yang dihadirkan kami sediakan dengan keamanan yang tinggi untuk pengunjung," kata Tommy, Center Director SMS, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan Xplorasa Carnival juga diisi dengan tenant fashion dan gaya hidup, seperti Hairnerds Studio, Dodds, dan LOD.Denim. Beragam hiburan menarik akan menemani pengunjung pasar malam kulineran sambil bermain di Xplorasa Carnival, seperti atraksi sirkus dan sulap, serta penampilan Hivi! pada 23 Juni 2023.

Sandra, salah seorang pengunjung mengatakan, dia sengaja ke festival kuliner tersebut bersama dengan lima orang temannya, untuk merasakan keseruan ala karnaval.

"Sebelumnya kami belum pernah tahu ada wahana ala pasar malam, ternyata seperti di Dufan ya. Tadi sempat naik ombak banyu. Itu saya baru tahu yang mengoperasikan abang-abangnya, sampai narik wahananya. Jadi, kita dibuat muter naik turun, seperti diombang-ambing ombak, seru banget!" katanya kepada Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Main Salju dan Bernostalgia

Sehabis lelah bermain, Sandra memilih untuk menyantap berbagai kuliner khas dari berbagai daerah. Berhubung pernah berkuliah di Unpad Jatinangor, dia sempat dibuat terkejut ternyata ada Jatinangor Friendchicken dihadirkan di festival kuliner kali ini.

"Ini, wah gokil sih. Ini ayam goreng tepung nostalgia banget, rasanya enggak kalah sama merek-merek ternama yang ada di mal-mal. Itu juga ada Jus Kode, ini makanan-minuman kaki lima yang famous," katanya.

Harga yang ditawarkan pun terbilang ramah di kantong. Mulai dari Rp5 ribu hingga Rp45 ribuan saja untuk jajan sembari mencoba wahana bermainnya.

Tak hanya itu, SMS Carnival juga juga menyiapkan wahana lain untuk menambah keseruan liburan sekolah, yakni Snowy Happyland. Wahana bermain salju dan ice skating itu dibuka mulai 8 Juni hingga 23 Juli 2023 di Main Atrium dan Unity.

Di Snowy Happyland, pengunjung dapat bermain dan menikmati aktivitas seru seperti Ice Rink, Snow Playhouse, serta Thematic Ice Skating Performance. Sesi pertama Ice Rink & Snow Playhouse akan dimulai pukul 10.00 WIB, hingga sesi terakhir pada pukul 22.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Terhenti Sejak 2018

Tommy menyebut kegiatan pengisi liburan sekolah itu sempat terhenti sekitar lima tahun. Xplorasa Carnival digelar terakhir kali pada 2018.

"Kami kembali menghadirkan Xplorasa Carnival dengan tenant F&B serta wahana permainan yang lebih menarik dan seru. Selain Xplorasa Carnival, kami juga menghadirkan Snowy Happyland, yang diharapkan dapat menjadi destinasi untuk mengisi momen libur sekolah dengan bermain salju dan menciptakan kenangan indah bersama keluarga," kata Tommy.

Sementara, snow playhouse yang berada di arena Snowy Happyland menghadirkan banyak wahana yang keseluruhannya terbuat dari es, seperti perosotan, rumah mini ala kutub, dan bisa berselancar di atas salju. Karena suhu yang dingin, pengelola wahana menyediakan jaket dan juga sepatu boots.

"Tiketnya Rp 70 ribu untuk weekdays dan Rp 100 ribu untuk weekend," kata Tommy.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Jumlah Penumpang di Bandara

Memasuki liburan sekolah, pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terjadi peningkatan. Bukan hanya karena libur sekolah, cuti bersama yang sudah ditetapkan pemerintah juga menjadi penyebab peningkatan tersebut. PT Angkasa Pura II memprediksi, pada Juni hingga Juli 2023, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta meningkat sampai 4,9 juta penumpang.

"Jika dibandingkan Juni–Juli 2022 trend tersebut, mendapati peningkatan lebih besar yakni dengan total 23 persen. Hal tersebut beriringan dengan kenaikan jumlah pergerakan pesawat yang menyentuh angka 1.138 per hari, dengan total 32.624 pergerakan pesawat pada bulan Juni--Juli 2023," tutur Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana.

Menurutnya, tren positif ini disambut baik oleh Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh stakeholder. Fasilitas layanan dan operasi di Bandara pun dipastikan siap untuk melayani tingginya lalu lintas penerbangan pada musim liburan.

"Kami melihat antusias masyarakat pada musim liburan sekolah ini mengalami peningkatan, Bandara Soekarno-Hatta telah memastikan kesiapan baik dari fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side). Berdasarkan informasi dari maskapai, diperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta hariannya mencapai 178.979 penumpang," ujar Dwi Ananda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini