Sukses

Prabowo Subianto Punya Koleksi Puluhan Kuda, Ada yang Pernah Ditunggangi Jokowi dan Gibran Rakabuming

Prabowo Subianto Punya Koleksi Puluhan Kuda, salah satunya ada yang pernah ditunggangi Jokowi dan Gibran Rakabuming

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belakangan ini ramai dibahas karena akan kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang. Sebelum menjadi menteri, nama Prabowo memang kerap dibicarakan salah satunya karena punya koleksi kuda di rumahnya yang luas di kawasan perbukitan Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Melansir berbagai sumber, Prabowo dikabarkan mempunyai 18 ekor kuda. Jumlah itu bisa saja sudah bertambah karena Prabowo memang sangat menyukai kuda. Tiap orang yang berkunjunh ke rumahnya, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah diajak menunggangi kuda miliknya.

Nantikan update berita Prabowo Subianto di Merdeka.com

Salah satu kuda koleksi Prabowo adalah kuda keturunan Portugal yang diberi nama Príncipe. Prabowo Príncipe termasuk dari tiga kuda pertama yang dimilikinya. Dengan postur tinggi besar, harga seekor kuda itu kabarnya bisa mencapai Rp3 miliar.

Tak hanya di Hambalang, Prabowo juga mengkoleksi kuda di Sentul, Jawa Barat, bahkan jumlahnya lebih banyak lagi. Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu kabarnya punya 50 ekor kuda jenis sama, ditempatkan di klub polo yang ia bangun di Sentul. Hobi mengoleksi kuda itu konon sudah dilakukan Prabowo sejak 2004 lalu.

Presiden Jokowi pada 2016 lalu pernah bertandang ke rumah Prabowo di Hambalang. Setelah dua jam membahas berbagai hal, Prabowo dam Jokowi naik kuda bersama. Pantauan tim News Liputan6.com di rumah Prabowo pada Senin, 31 Oktober 2016, Jokowi keluar dari salah satu ruangan rumah Prabowo memakai topi koboi dan sepatu berkuda.

Jokowi kemudian menunggangi kuda warna putih. Sedangkan Prabowo menaiki kuda warna cokelat. Kuda yang dinaiki Jokowi dinamakan Salero, sedangkan kuda yang dinaiki Prabowo diberi nama Prinsite. Ketika keduanya menunggangi kuda, Prabowo meminta ada yang mendampingi Jokowi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Sempat Tegang Menunggangi Kuda

"Presiden sebelah kanan ya," kata Prabowo. Dia lalu pindah ke sebelah kiri presiden ke-7 RI itu. "Tolong siapa yang bisa dampingi beliau," kata Prabowo kepada orang-orang yang berada di sampingnya. Lalu kedua tokoh itu menunggangi kuda ke arah wartawan yang berjarak sekitar 50 meter dari tempat semula.

Saat menaiki kuda, wajah Presiden Jokowi agak tegang. Ia terlihat canggung memegang tali kekang kuda. Setelah beberapa saat, Jokowi akhirnya tersenyum, lalu tertawa lebar.

"Kudanya kan besar, saya kan ringan. Jadinya kudanya senyum-senyum senang," sahut Jokowi sambil tertawa. Berbeda dengan Jokowi, Prabowo dengan luwes menaiki kuda. Ia memang sudah mahir berkuda.

"Gimana, Pak, rasanya?" tanya awak media yang di rumah Prabowo kepada Jokowi. "Kudanya kan besar, saya kan ringan. Jadinya kudanya senyum-senyum senang," kata Jokowi sambil tertawa.

Jokowi pun mendapat hadiah unik dari Prabowo, yakni topi koboi. "Tadi saya diberi topi sama Pak Prabowo, topi koboi warna krem muda banget," ujar Jokowi.

"Itu topi Presiden," sahut Prabowo diselingi tawa Jokowi. "Ini saya beri topi, beliau punya bakat naik kuda," kata Prabowo. Sambil berkelakar, Prabowo juga menilai Jokowi memiliki kelebihan tersendiri saat menunggang kuda. "Beliau punya kelebihan, badannya ringan, kudanya suka yang ringan-ringan," kelakar Prabowo disambut tawa Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

Prabowo Ajari Gibran Naik Kuda

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pernah berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, itu pada Sabtu, 18 Juni 2022. Melansir kanal News Liputan6.com, keduanya berjalan menuju arena kuda di padepokan Garuda Yaksa.

Gibran tampak antusias karena diberi kesempatan untuk belajar berkuda bersama Prabowo. Menurut dia, berkuda merupakan sunah Rasullah SAW bagi laki-laki muslim "Dulu saya belajar menaiki kuda pada usia 52 tahun, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena berkuda adalah sunah Rasulullah," kata Prabowo.

Pria berusia 71 tahun itu mengatakan, bahwa latihan berkuda ini akan ada sesi selanjutnya. Gibran pun siap melanjutkan sesi kedua latihan berkuda itu dengan Prabowo. Usai berkuda, keduanya lantas menikmati hidangan dalam satu meja yang sudah disiapkan berupa bubur manado, bacang, siomay, dan tak lupa kopi khas Hambalang. Gibran tampak menikmati hidangan yang disajikan oleh Prabowo.

Gibran menambahkan, saat berpamitan pulang, ia mendapatkan oleh-oleh berupa sepatu berkuda. "Waktu saya mau pulang saya juga diberikan oleh-oleh berupa sepatu berkuda ukuran kecil untuk anak saya. Beliau berpesan "Ini sepatu untuk Jan Ethes, ayo ajak dia ke Hambalang, saya mau ajari dia berkuda juga," pungkas Gibran menirukan ucapan Prabowo.

4 dari 4 halaman

Puan Ikut Menunggang Kuda

Selain Jokowi dan Gibran, Prabowo juga pernah menjamu Puan Maharani untuk mencoba menunggangi kuda miliknya. Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) itu bertemu Prabowo Subianto di Hambalang, Minggu, 4 September 2022. Pada pertemuan yang berlangsung kurang lebih tiga jam itu, Puan diajari Prabowo berkuda.

Pertemuan diawali penyambutan dan penghormatan dari Gerindra. Korps musik dari Gerindra melantunkan Indonesia Raya, Mars PDIP dan Mars Gerindra. Selanjutnya, Puan bersiap di ruang ganti untuk mengenakan pakaian berkuda.

Prabowo Subianto mengajak Puan berkuda di arena pacuan di kediamannya. Puan menaiki kuda jenis Lusitano keturunan Portugal yang bernama Salero. Kuda yang ditunggangi Puan itu pernah dinaiki Presiden Jokowi ketika ke rumah Prabowo pada 2016 silam.

Sementara Prabowo menunggangi kuda bernama Cunhal. Puan diberikan latihan singkat selama 15 menit oleh seorang instruktur. Awalnya Puan sempat dipegangi hingga berkuda sendiri.Putri Megawati Soekarnoputri itu bahkan sempat pamer skill half pass yaitu kaki depan berada dalam posisi menyilang. Puan mengaku berkuda bukan hal yang mudah dan membutuhkan keberanian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini