Sukses

Ekspresi Anang Hermansyah dan Ashanty Santap Makanan Ekstrem Seafood Hidup di Thailand

Pasangan selebriti Anang Hermansyah dan Ashanty baru-baru ini mencoba makanan ekstrem saat berlibur ke Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan selebriti Anang Hermansyah dan Ashanty baru-baru ini memutuskan untuk mencoba makanan ekstrem kala berlibur ke Thailand. Mereka menikmati makanan yang sedang tren di negara tetangga itu, yaitu dancing shrimps dan squid shot atau cumi hidup. 

Pada Kamis, 25 Mei 2023, Ashanty membagikan momen ketika mereka mencoba makanan ekstrem cumi dan udang yang masih hidup melalui Instagramnya. "Aku agak terkejut saat mencoba makan cumi dan udang yang masih hidup, tapi ternyata rasanya enakkkkk," ungkapnya dalam video, sikutip Jumat, 2 Juni 2023.

Di video tersebut, awalnya Ashanty ragu-ragu untuk mencicipi Squid Shot atau cumi yang masih bergerak. Namun setelah mendapatkan penjelasan dan instruksi dari penjual, Ashanty kemudian mencocol cumi hidup itu ke sambal dan melahapnya. 

Ashanty terlihat menikmati hidangan tersebut, sementara Anang Hermansyah, yang berada di belakang Ashanty, terlihat geli melihatnya. Dia bahkan terkejut melihat Ashanty dengan berani menyantap cumi hidup tersebut. Sebab, Ashanty langsung membabat habis satu cumi hidup dalam dalam sekali lahap.

Melihat Ashanty yang berani makan cumi hidup tampaknya membuat Anang terpacu untuk melakukan hal serupa. Namun, Anang tampaknya lebih berani untuk mencicipi udang kecil hidup. 

Setelah memakan cumi mentah, Ashanty beralih mencicipi udang kecil-kecil mentah atau yang disebut dancing shrimps. Seorang pelayan menaruh beberapa sayur dengan aneka bumbu kemudian mengambil udang dari akuarium dan langsung menaruhnya di atas salad sayur itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Udang Masih Meloncat-loncat di Atas Sayur

Setelah menerima wadah dari sang pelayan, Ashanty kaget karena udang-udang kecil tersebut mulai melompat keluar dari wadahnya. Ia pun spontan berkata kepada Anang, "Ih goyang, yang rugi loh yang yang.” Tak mau rugi, Ashanty dan Anang langsung memakan hidangan Dancing Shrimp itu.

Anang buru-buru mendekat ke Ashanty untuk barengan menyantap udang hidup yang dicampur dengan aneka sayuran mentah. Ashanty lagi-lagi begitu lahap makan udang mentah tersebut hingga habis beberapa suapan.

Sedangkan Anang hanya satu suapan saja sudah kegelian sendiri menelan udang hidup tersebut. Ia sampai memejamkan mata dan lompat-lompat.

Video ini mengundang beragam komentar dari warganet, bahkan banyak yang salah fokus melihat ekspresi Anang yang geli. "Bunda...lu hebat...pecentus emak2 jd berani mkn yg hidup2," tulis salah seorang warganet.

Warganet lain berkomentar, "hahahahaah mas anang mukanya.” Kemudian ada yang menimpali, "Salfok sm ekspresinya mas Anang.” Tak sedikit juga yang ingin mencoba makanan ekstrem tersebut. 

3 dari 4 halaman

Tren Makanan Ekstrem

Sebelumnya, penyanyi Tiara Andini juga pernah mencicipi Dancing Shrimp saat berada di Thailand awal April 2023. Melalui video pendek yang dibagikan pada akun instagramnya, Tiara sempat tampak ragu untuk mencicipi makanan tersebut.

Bersama temannya, Tiara memberanikan diri untuk mencicipi makanan unik tersebut. Tampak Tiara perlahan menikmati kuliner tak biasa tersebut. Setelah mencicipinya, Tiara mengatakan, "It's not that bad".

Akan tetapi, banyak warganet yang mengkhawatirkan bahayanya mengonsumsi hewan laut mentah itu bagi kesehatan. 

"Cumi idup banyak bakteri salmonelanya bun,” ujar salah satu warganet. “Awas penyakit zoonosis. Penyakit hewan yg bisa nular ke manusia," timpal yang lain. Beberapa warganet juga khawatir terhadapt kesehatan Ashanty yang diketahui mempunyai autoimun. Lantas, bagaimana pendapat para ahli?

Dikutip dari The Nation Thailand pada Kamis, 1 Juni 2023, ahli gizi memperingatkan menu makanan mentah seperti 'kepiting hidup, Squid Shot, dan Dancing Shrimp', berisiko terkena kuman atau parasit China.

4 dari 4 halaman

Makanan Laut Mentah Bahaya Dikonsumsi

"Mengkonsumsi makanan laut mentah akan memungkinkan vibrio parahaemolyticus masuk ke dalam tubuh. Bakteri ini sebagian besar ditemukan di lumpur laut. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan keracunan makanan. Dalam kasus yang serius, dapat menyebabkan luka di lambung dan usus," kata Direktur Jenderal Kesehatan, Dr. Suwanchai Wattanayingjaroenchai.

"Selain bakteri, makanan laut mentah seperti cumi, udang, dan kerang bisa mengandung parasit, seperti Anisakis spp. dan Diphyllobothrium," tambahnya. "Di Thailand, dua parasit ini telah ditemukan dalam lebih dari 50 jenis makanan laut. Ketika makan makanan yang masih mengandung parasit ini, pasien akan menderita sakit perut, kembung, mual, dan gejala lain yang mirip dengan gastritis."

Untuk menghindari bakteri dan parasit ini, departemen kesehatan sangat menyarankan agar orang-orang memasak makanan laut mereka dengan baik dengan suhu di atas 70 derajat Celsius selama lebih dari dua menit. "Ketika membeli makanan laut siap saji, pastikan untuk mencari label 'Makanan Bersih Rasa Enak' yang diberikan oleh departemen kepada penjual makanan yang telah memenuhi standar kesehatan," kata Suwanchai. "Selain itu, pastikan untuk menggunakan sendok saji dan mencuci tangan sebelum setiap makan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.