Sukses

Celine Dion Idap Penyakit Langka Stiff Person Syndrom hingga Batalkan Tur Dunia

Penyanyi Celine Dion membatalkan tur dunia bertajuk "Courage World Tour" hingga 2024. Kabar ini disampaikan dalam sebuah pernyataan yang diunggah melalui akun Instagram Celine Dion pada Jumat, 26 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Celine Dion membatalkan tur dunia bertajuk "Courage World Tour" hingga 2024. Kabar ini disampaikan dalam sebuah pernyataan yang diunggah melalui akun Instagram Celine Dion pada Jumat, 26 Mei 2023.

Pembatalan tur dunia Celine Dion disebabkan komplikasi dari stiff person syndrome, kondisi neurologis langka yang menyebabkan kejang dan kekakuan otot. Pelantun "The Power of Love" ini menunda beberapa penampilannya pada Desember 2022 setelah mengetahui penyebab nyeri otot dan kesulitan bergeraknya.

"Sementara kami masih mempelajari tentang kondisi langka ini, kami sekarang tahu inilah yang menyebabkan semua kejang yang saya alami," kata Celine Dion saat itu.

Meskipun menjalani terapi fisik setiap hari, "dia sangat kesakitan," kata seorang sumber yang dekat dengan Celine Dion kepada CNN. Dalam pengumuman pembatalan tur, Celine Dion mengungkapkan pernyataannya.

"Saya sangat menyesal telah mengecewakan kalian semua sekali lagi. Saya bekerja sangat keras untuk membangun kembali kekuatan saya, tetapi tur bisa sangat sulit bahkan saat Anda 100 persen," demikian bunyi keterangannya.

Ia melanjutkan, "Tidak adil bagi Anda untuk terus menunda pertunjukan, dan meskipun itu menghancurkan hati saya, sebaiknya kami membatalkan semuanya sekarang sampai saya benar-benar siap untuk kembali ke panggung lagi. Saya ingin Anda semua tahu, saya tidak akan menyerah… dan saya tidak sabar untuk bertemu dengan Anda lagi!"

Lantas, apa itu stiff person syndrome? Penyakit langka ini ditandai dengan kekakuan dan kejang otot, kepekaan yang meningkat terhadap rangsangan seperti suara dan cahaya, dan tekanan emosional yang dapat menyebabkan kejang otot, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Stiff Person Syndrome?

Seiring waktu orang dengan kondisi tersebut dapat mengembangkan "postur membungkuk," kata NINDS. Kondisi tersebut biasanya dimulai dengan kekakuan otot di bagian tengah tubuh, batang tubuh dan perut, sebelum berlanjut menjadi kaku dan kejang di kaki dan otot lainnya, menurut Klinik Cleveland.

Kejang otot bisa "cukup parah. Ini dapat menyebabkan jatuh, sakit parah, dan kecacatan yang signifikan," kata Dr. Emile Sami Moukheiber dari Stiff Person Syndrome Center di Johns Hopkins Medicine.

"Jatuh karena kejang yang parah sangat umum terjadi. Kejang ini dapat dipicu oleh keterkejutan, emosi yang parah, cuaca dingin," tambahnya,

Kejang ini bisa cukup kuat untuk mematahkan tulang, dan setiap jatuh dapat menyebabkan cedera parah. Celine Dion mengatakan dalam video Instagram pada Desember 2022 bahwa kejang memengaruhi "setiap aspek" kehidupan sehari-harinya

"Terkadang menyebabkan kesulitan saat saya berjalan dan tidak mengizinkan saya menggunakan pita suara untuk bernyanyi seperti biasanya. Sungguh menyakitkan bagiku untuk memberitahumu hari ini," katanya.

3 dari 4 halaman

Penyakit Langka

Sindrom ini juga dapat menyebabkan kecemasan. "Banyak pasien, jika tidak semua, memiliki kecemasan yang intrinsik terhadap penyakit ini dan kecemasan itu sebenarnya memengaruhi penyakit fisik dari penyakit yang dapat dialami orang," Dr. Scott Newsome, direktur Stiff Person Syndrome Center, mengatakan dalam video di situs web organisasi.

Kadang-kadang, orang dengan stiff person syndrome mungkin takut meninggalkan rumah karena "suara jalanan, seperti suara klakson mobil, dapat memicu kejang dan jatuh," jelas NINDS.

Stiff person syndrome sangat jarang terjadi. Sekitar 1 dari setiap 1 juta orang memiliki sindrom tersebut, dan sebagian besar ahli saraf umum hanya akan melihat satu atau dua kasus dalam hidup mereka, kata Moukheiber.

Kasus pertama stiff person syndrome dilaporkan pada 1950-an, menurut Newsome, dan penyakit ini secara historis disebut sebagai "stiff man syndrome". Sejak itu, telah ditemukan bahwa memengaruhi perempuan dua kali lebih besar daripada pria, dan namanya diubah menjadi stiff person syndrome untuk menghindari kebingungan.

Kondisi ini dapat berkembang pada usia berapa pun, tetapi gejala paling sering dimulai pada usia 30-an atau 40-an, menurut Klinik Cleveland. Stiff person syndrome dianggap memiliki gambaran penyakit autoimun, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, "Ini sering dikaitkan dengan penyakit autoimun lain seperti diabetes tipe-I, tiroiditis, vitiligo, dan anemia pernisiosa."

4 dari 4 halaman

Tes Stiff Person Syndrome

Meskipun penyebab pastinya tidak jelas, menurut institut tersebut, penelitian menunjukkan hal itu mungkin disebabkan oleh respons autoimun yang "menjadi serba salah" di otak dan sumsum tulang belakang. "Orang dengan SPS mengalami peningkatan kadar GAD, antibodi yang bekerja melawan enzim yang terlibat dalam sintesis neurotransmitter penting di otak," tulis institut tersebut di situs webnya.

"Diagnosis pasti dapat dibuat dengan tes darah yang mengukur tingkat antibodi dekarboksilase asam glutamat (GAD)," lanjutnya.

Tes lain termasuk elektromiografi (EMG), yang mengukur aktivitas listrik di otot, dan pungsi lumbal, biasa disebut spinal tap. Karena kelangkaan penyakit dan ambiguitas gejalanya, orang akan sering mencari perawatan untuk nyeri kronis sebelum mereka mendapatkan perawatan neurologis.

Kondisi ini dapat salah didiagnosis sebagai kecemasan, fibromyalgia, multiple sclerosis, penyakit Parkinson, penyakit psikosomatis, atau bahkan fobia, catat NINDS. Rata-rata, dibutuhkan sekitar tujuh tahun bagi seseorang untuk menerima diagnosis stiff person syndrome, kata Newsome.

"Terkadang, (pasien) dicap gila," katanya, "karena pada pemeriksaan awal, tidak ada ciri khas stiff person syndrome."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini