Sukses

Viral Video Wanita Menangis Kelelahan Urus Rumah Tangga Setelah Seminggu Menikah: Biasanya Diurusin Sama Mama

Sang suami, Muhamad Baihaki (22) awalnya bertanya alasan istrinya menangis. Istrinya, Chamisyahtul Mahdania (20), kemudian menjawab dengan sesenggukan, “Capek ngurusin orang, biasanya aku diurusin sama mama.”

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan seringkali menjadi pengalaman baru yang penuh dengan tantangan. Seseorang yang dulunya dapat menikmati kebebasan harus beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru setelah menikah. Salah satu tantangan utama yang dihadapi istri adalah perubahan peran menjadi seseorang yang bertanggung jawab mengurus segala kebutuhan suami, begitu pun sebaliknya.

Sebuah video viral muncul di TikTok yang menunjukkan seorang istri tampak menangis sambil mengeluh tentang lelahnya mengurus suami. Sang suami merekam percakapan di tempat tidur itu dan mengunggahnya di akun TikToknya @baihakidisini pada Rabu, 17 Mei 2023. 

Ketika baru seminggu jadi istri orang,” tulisnya. Sang suami, Muhamad Baihaki (22) awalnya bertanya alasan istrinya menangis. Istrinya, Chamisyahtul Mahdania (20), kemudian menjawab dengan sesenggukan, "Capek ngurusin orang, biasanya aku diurusin sama mama."

Chamisyahtul pun lanjut mengeluh tentang rutinitasnya sebagai ibu rumah tangga baru. "Bangun pagi-pagi, ngantuk," ucapnya. Sebelum menikah, ia mengaku biasanya bangun tidur jam 11 siang. 

Ia juga berkata, "Kalo makan biasanya udah ada di atas meja." Sambil terus-terusan mengecup kepala istrinya, Baihaki pun melanjutkan kalimat tersebut, "Biasanya makanan udah ada di atas meja ya, sekarang harus bangun pagi, nyiapin ini makan, ya? Masak, gitu? Capek? Nanti juga terbiasa."

Baihaki lanjut mencoba menenangkan sang istri dengan menggodanya. Namun, Chamisyahtul justru semakin berurai air mata di akhir video dan meminta suami untuk membuat makan sendiri karena ia mau tidur. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lelah Setelah Belajar Memasak

Video tersebut sontak menjadi viral di media sosial. Di TikTok, video berdurasi 1 menit 23 detik itu sudah disukai lebih dari 3 juta orang dan mendapat lebih dari 86 ribu komentar. 

Banyak warganet yang merasa tingkah wanita tersebut lucu karena terlihat seperti anak kecil. Salah satu warganet menulis, "aku mau tidur jangan ganggu aku, buat makan sendiri" lucuuuuuu😭😭”. Yang lain berkomentar, "wkwkwkk ya Allah ngakak."

Baihaki mengonfirmasi kepada Liputan6.com melalui keterangan tertulis bahwa pasangan tersebut menikah pada 6 Mei 2023 di Pekanbaru, Riau, yang merupakan daerah asal Chamisyahtul. Setelah menikah, keduanya tinggal berdua di rumah suami di Mancak, Serang, Banten. 

Dalam video viral yang memperlihatkan istrinya menangis, Baihaki mengaku sebelumnya istrinya sedang belajar memasak sehingga kelelahan. "Masih tahap belajar," ujarnya.

Dalam video terpisah, Baihaki membuat konten yang memperlihatkan dirinya tengah mengajari istrinya cara memasak tempe orek. Chamisyahtul belajar memasak dari nol, mulai dari mengupas bawang, memotong tomat, mengulek sambal, hingga menumis tempe.

3 dari 4 halaman

Pengalaman Warganet Menangis di Awal Pernikahan

Baihaki mengaku bahwa dalam seminggu setelah pernikahannya, Chamisyahtul kerap menangis. Namun, ia menyikapinya dengan kepala dingin. "Santai aja, namanya juga baru berumah tangga," ungkapnya.

Nyatanya, banyak wanita yang berbagi pengalaman serupa ketika baru merasakan tanggung jawab seorang istri karena harus mengerjakan banyak urusan rumah, terutama jika tinggal di rumah mertua. Pekerjaan rumah semakin banyak lagi ketika sudah memiliki anak.

Salah satunya berkomentar, “awal nikah kemaren ngalamin yang kaya gini, lebih kurang sebulan nangis, karena belum bisa menerima keadaan seprti biasanya lajang, 😅😅😅.”

Yang lain menimpali, “😭 y allah...jd inget aku dulu. aku dulu jg nangis kyk gini. alhmdllh suamiku dg sabar bimbing aku.

Ada pula yang berkomentar, "awal jg saya begitu aplgi awal nikah langsung ikut mertua krna kerjaanya saya dan suami deket waahh nangis mulu…"

Bahkan, ada yang menangis di sela-sela melakukan pekerjaan rumah. "hahahha dulu aku juga,nangis sambil nyuci, sampe muntah muntah gk pernah cuci baju orang 😁😁," tulis seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Perlu Beradaptasi

Warganet juga berbagi cerita di kolom komentar tentang pentingnya didikan orangtua untuk mengurus rumah sejak menjadi gadis. "ternyata didikan ibuku untuk bangun habis subuh lalu bersih2 rumah adalah jalan yang benar😁," ujar seorang warganet. 

Pengalaman serupa dibagikan warganet lain, "trnyata aq terdidik dr kcil untuk bgung pagi.. bNtu2 org tua ddpur.. alhamdulillah ktika sudah nikah trbias dgn smua.. masakpun trbiasa.."

Baihaki mengonfirmasi bahwa istrinya sebetulnya tidak pernah dimanja oleh orangtuanya. "Anak tunggal, tidak dimanja, namun dulu tinggal di kota," ujarnya. Terbiasa dengan kenyamanan dan kemudahan hidup di perkotaan mungkin saja menjadi alasan Chamisyahtul sulit beradaptasi dengan kehidupan di daerah baru yang menuntut adanya kemandirian.

Kisah cinta pasangan ini berawal dari berkenalan di Instagram pada Desember 2022. Dengan tiga kali pertemuan fisik saja karena terhambat LDR Pekanbaru-Banten, keduanya kemudian mantap untuk lanjut menikah. Baihaki kini bekerja menjadi streamer, sedangkan istrinya fokus mengurus rumah tangga.

Banyak warganet yang ragu untuk menikah setelah melihat “review jujur” Chamisyahtul setelah menghadapi kehidupan nyata pernikahan. Namun, Baihaki berpendapat,  "Tergantung menjalaninya, sebenarnya tidak ada yang sulit selama kita bisa adaptasi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.