Sukses

Pangeran Harry dan Meghan Markle Klaim Mobilnya Dikejar Paparazzi sampai Nyaris Kecelakaan Fatal, Faktanya?

Juru bicara Pangeran Harry dan Meghan Markle menyebut bahwa pengejaran mobil oleh paparazzi ini berlangsung selama dua jam.

Liputan6.com, Jakarta - Detail baru muncul setelah Meghan Markle dan Pangeran Harry terlibat dalam apa yang disebut "pengejaran mobil yang hampir menyebabkan kecelakaan fatal" oleh juru bicara mereka. Pada Selasa, 16 Mei 2023, waktu New York City, Amerika Serikat (AS), Pangeran Harry dan Meghan Markle menghadiri Ms. Foundation Women of Vision Awards di Ziegfeld Ballroom.

Kala itu, Meghan dihormati sebagai salah satu penerima penghargaan Woman of Vision Award 2023 atas advokasinya untuk memberdayakan wanita. Pasangan Sussex dan ibu Meghan, Doria Ragland, difoto paparazzi di luar venue saat mereka memasuki acara sebelum berfoto bersama di dalam.

Meghan juga difoto dengan Teresa Younger dan Gloria Steinem, yang memberinya penghargaan di atas panggung. Setelah Meghan menerima penghargaannya, pasangan itu difoto lagi ketika meninggalkan tempat tersebut sebelum kejar-kejaran dengan paparazzi terjadi. Di antaranya, berikut fakta-fakta mobil Meghan dan Harry dikejar paparzzi:

Siapa saja yang terlibat pengejaran mobil?

Pengejaran mobil melibatkan Meghan, Pangeran Harry, dan ibu Meghan, Doria, kata juru bicara pasangan itu dalam sebuah pernyataan pada People, dilansir Kamis (18/5/2023). Juru bicara itu menambahkan bahwa insiden tersebut melibatkan "rangkaian paparazzi sangat agresif" yang mengejar pasangan tersebut.

Apa yang terjadi selama pengejaran mobil?

Seorang juru bicara Meghan dan Pangeran Harry menyebut insiden itu sebagai "pengejaran mobil yang hampir menyebabkan kecelakaan fatal" yang berlangsung "lebih dari dua jam, mengakibatkan hampir beberapa tabrakan yang melibatkan pengemudi lain di jalan, pejalan kaki, dan dua petugas NYPD."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Pulang ke Rumah Teman

Meghan Markle, Pangeran Harry, dan ibunya Doria sedang dalam perjalanan pulang ke kediaman pribadi seorang teman, tempat mereka menginap, dan tidak ingin menyebut lokasinya. People diberitahu bahwa mobil paparazzi berperilaku tidak aman, termasuk menerobos lampu merah dan mengambil foto saat mengemudi.

NYPD merilis pernyataan tentang kejadian tersebut, mengatakan, "Pada Selasa malam, 16 Mei (2023), NYPD membantu tim keamanan swasta melindungi Duke dan Duchess of Sussex. Ada banyak fotografer yang mempersulit transportasi mereka. Duke dan Duchess of Sussex tiba di tempat tujuan dan tidak ada laporan tabrakan, panggilan, cedera, atau penangkapan terkait."

Komentar Wali Kota New York

Selama pengumuman keselamatan publik tentang pencurian ritel pada Rabu pagi, 17 Mei 2023, waktu setempat, seorang reporter bertanya pada Wali Kota New York City, Eric Adams, tentang apakah ia dapat membagikan informasi atau komentar apa pun tentang pengejaran tersebut.

"Jelas bahwa pers, paparazi, mereka ingin mendapatkan gambar yang tepat, mereka ingin mendapatkan cerita yang tepat, tapi keselamatan publik harus selalu jadi yang terdepan," kata Adams.

"Dua petugas kami bisa saja terluka," lanjut wali kota. "Kota New York berbeda dari kota kecil di suatu tempat. Anda tidak boleh ngebut di mana pun, tapi ini adalah kota berpenduduk padat dan saya pikir kita semua ... Saya rasa tidak banyak dari kita yang tidak ingat bagaimana ibu (Pangeran Harry) meninggal dan akan sangat mengerikan kehilangan orang-orang yang tidak bersalah selama pengejaran seperti ini, dan sesuatu yang terjadi pada mereka juga, jadi saya pikir kita harus sangat bertanggung jawab." Ia menambahkan, "Saya pikir itu agak sembrono dan tidak bertanggung jawab."

 

3 dari 4 halaman

Tidak Mungkin Terjadi Selama 2 Jam?

Ketika ditanya reporter lain tentang durasi pengejaran, Adams mengatakan, ia masih diberi pengarahan tentang insiden tersebut, tapi menyebut, "Saya merasa sulit percaya bahwa ada pengejaran berkecepatan tinggi selama dua jam." Namun, ia berkata, meski itu adalah pengejaran 10 menit, itu masih akan "sangat berbahaya di New York City."

"Kami memiliki banyak lalu lintas, banyak pergerakan, banyak orang menggunakan jalan," tambah Adams. "Semua jenis pengejaran berkecepatan tinggi yang melibatkan sesuatu seperti itu tidak pantas."

Keterangan Fotografer

Pada Rabu, 17 Mei 2923, agensi foto BACKGRID USA Inc. membagikan pernyataan pada People tentang insiden tersebut. "Di BACKGRID USA Inc., kami menghargai transparansi dan etika dalam jurnalisme, termasuk memberikan tanggapan yang adil dan faktual terhadap klaim. Kami mengetahui pernyataan Pangeran Harry mengenai dugaan 'pengejaran mobil yang hampir membawa bencana' yang melibatkan dirinya, Meghan Markle, dan ibunya di New York City pada Selasa malam," pernyataan itu dimulai.

Pihaknya menambahkan bahwa mereka "menerima foto dan video acara tadi malam dari empat fotografer lepas, tiga di antaranya mengendarai mobil dan satu lagi mengendarai sepeda."

"Menurut akun yang diberikan kontributor lepas ini, mereka meliput masa tinggal pasangan itu di New York City, termasuk kemungkinan makan malam setelah upacara penghargaan," lanjut pernyataan itu. "Mereka tidak berniat menyebabkan kesusahan atau bahaya, karena satu-satunya alat mereka adalah kamera. Beberapa foto bahkan menunjukkan Meghan Markle tersenyum di dalam taksi."

 

4 dari 4 halaman

Kesaksian Fotografer di Tempat Kejadian

Pernyataan itu menambahkan, "para fotografer melaporkan bahwa salah satu dari empat SUV dari pengawal keamanan Pangeran Harry mengemudi dengan cara yang dapat dianggap sembrono. Kendaraan itu terlihat menghalangi jalan, dan dalam satu video, terlihat sedang diberhentikan polisi."

"Kami memahami bahwa (petugas) keamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle memiliki tugas yang harus dilakukan, dan kami menghormati pekerjaan mereka. Namun, kami ingin menunjukkan, menurut para fotografer yang hadir, tidak ada tabrakan yang hampir terjadi. Para fotografer telah melaporkan bahwa pasangan itu tidak dalam bahaya langsung pada titik mana pun," imbuh mereka.

Pernyataan itu menyimpulkan, "Di BACKGRID USA Inc., kami tidak menoleransi segala bentuk pelecehan atau aktivitas ilegal. Kami menganggap serius tuduhan Pangeran Harry dan akan melakukan penyelidikan menyeluruh atas masalah ini."

Seorang fotografer di tempat kejadian memberi tahu People bahwa "sensasional" menggambarkan pengejaran itu sebagai "mendekati bencana." "Tidak ada yang ditilang atau ditangkap...Saya tidak melihat bagaimana hal itu mendekati bencana, selain (pernyataan) hiperbola," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini