Sukses

Berwisata Kuliner di Pinggir Laut di Cove at Pantai Indah Kapuk, Ada Restoran Phinisi yang Buka Sore Hari

Dengan suasana yang santai dan asri, Cove menjadi tempat yang cocok untuk mencari suasana baru untuk berwisata kuliner. Aditiyo, marketing communication Cove Pantai Indah Kapuk mengatakan bahwa konsep yang diusung adalah seaside experience atau pengalaman pinggir pantai.

Liputan6.com, Jakarta - Cove Pantai Indah Kapuk adalah salah satu destinasi wisata kuliner terbaru yang populer di kalangan masyarakat. Terletak di Kamal Muara, Jakarta Utara, Cove menawarkan konsep outdoor yang menarik dengan pemandangan langsung ke laut lepas Pantai Indah Kapuk (PIK).

Dengan suasana yang santai dan asri, Cove menjadi tempat yang cocok untuk mencari suasana baru. Aditiyo, marketing communication Cove Pantai Indah Kapuk mengatakan bahwa konsep yang diusung adalah seaside experience atau pengalaman pinggir pantai.

"Jadi, memang fokus utamanya kita mau bikin sebuah tempat nongkrong di area Jakarta Utara dengan konsepnya view laut dan sunset," ujar Aditiyo kepada Liputan6.com saat ditemui pada Rabu, 3 Mei 2023. 

Tempat itu sebelumnya bernama Cove at Batavia PIK. Kini, pihak Cove me-rebrandingnya dengan mengganti nama menjadi Cove at Pantai Indah Kapuk. Bulan depan, akan diadakan proyek baru bernama Batavia PIK sehingga kedua tempat tersebut dipisah. 

Berdiri sejak September 2001, Cove at Pantai Indah Kapuk memberikan pengunjung keleluasaan untuk bereksplorasi di area seluas 2000 meter persegi yang membentang sepanjang garis pantai, termasuk area pejalan kaki yang lebar. Tidak hanya menikmati pemandangan dan udara yang sejuk, pengunjung juga dimanjakan dengan banyaknya gerai yang menjual makanan dan minuman. 

"Saat ini ada sekitar 17 tenants," ucap Aditiyo. Di antara gerai tersebut adalah Oyster Dealer, Hot Stuff, Lawless, Sushi Hiro, Living Stone, Gelato Secrets, Pancious Go, Ask for Patty, Pizzza Dealer, dan Okayu Osho. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyasar Market Jakarta Selatan

Dengan banyaknya gerai makanan yang bervariatif, pengunjung bebas memilih sesuai selera mereka. Selain makan, terdapat pula gerai yang menjual pakaian, yaitu 3Mongkis dan Meiji, dan satu gerai yang menjual mainan yaitu Museum of Toys. 

Aditiyo mengaku ingin membawa market Jakarta Selatan ke Jakarta Utara. "Kita mau bawa tenants-tenants yang biasa familiar di Jakarta Selatan, kita bawa di area sini," jelasnya. 

Salah satu restoran paling ikonis di Cove PIK adalah Talassa Pinisi, sebuah restoran sea food yang mengapung di atas sebuah kapal kayu pinisi berkapasitas 60 orang. Restoran ini dibuka pukul 3 sore hingga 12 malam saat weekend

"Memang kita menyesuaikan market. Kalau orang Indonesia kan males ya panas-panasan, sedangkan kalau market luar malah seneng panas-panasan," ucap Aditiyo.

Bagi Anda yang mencari tempat makan malam yang elegan, Talassa Pinisi bisa menjadi jawabannya. Untuk naik ke atas kapal ini, terdapat biaya minimum yang harus dikeluarkan, yaitu sekitar Rp250.000 per orang. 

3 dari 4 halaman

Terdapat Banyak Spot Foto Menarik

Salah satu daya tarik Cove Pantai Indah Kapuk adalah banyaknya spot foto yang menarik, sehingga cocok bagi Anda yang mencari tempat estetik dan Instagrammable. Biasanya, pengunjung banyak mengambil foto-foto nuansa laut, dan foto di berbagai tenant dengan arsitektur yang berbeda-beda.

Aditiyo menambahkan, "Sama yang utamanya adalah view sunset-nya sih. Karena view sunsetnya yang paling oke di sini."

Cove PIK memang tempat paling tepat bagi Anda yang berburu foto senja yang indah. Waktu sore hari menjelang matahari tenggelam hingga malam hari adalah waktu paling ramai di Cove PIK.

Rata-rata pengunjung Cove PIK adalah 4000 sampai 5000 orang di hari biasa dan 10 ribu hingga 15 ribu orang saat weekend. Pengunjung semakin membludak ketika libur lebaran beberapa minggu lalu. "Kalau kemarin libur lebaran tuh kita lumayan banyak, kalau tidak salah di atas 20 ribu sih," ujar Aditiyo. 

Tempat ini terbilang cocok untuk segala umur, khususnya untuk keluarga. Bahkan, pengunjung juga boleh membawa hewan peliharaan ke area Cove PIK, loh.

4 dari 4 halaman

Adakan Permainan Karnaval

Saat ini, Cove PIK juga tengah diramaikan dengan atraksi tambahan, yakni gerai permainan ala karnaval. Terdapat booth games seperti tembak-tembakan dan dart yang menambah keseruan jika bermain ke Cove PIK. 

Berlangsung sejak 21 April hingga 11 Juni 2023, Cove mengadakan kegiatan bertajuk “Seaside Carnaval” untuk merespons liburan sekolah yang ada di bulan Mei-Juni. "Karena kita lihat Cove ini jadi salah satu destinasi wisata untuk keluarga," ujar Aditiyo.

"Karena banyak anak-anak, kita mau bikin salah satu fasilitas tambahan. Selain tempat makan, juga ada tempat nikmatin areanya kita, mainnya buat anak-anak."

Lokasi Cove at Batavia PIK juga cukup mudah dijangkau. Terletak di pinggir jalan, tempat ini dapat dengan mudah ditemukan dari kendaraan. Anda juga dapat naik transportasi seperti TransJakarta yang akan berhenti di Bundaran PIK Icon. Dari situ, Anda dapat berjalan kaki ke Cove PIK. 

Berjarak 26 km dari pusat kota Jakarta, Cove PIK menjadi tempat bersenang-senang dan berlibur yang menyenangkan. Cove PIK buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 23.00 WIB di hari biasa, dan hingga jam 12 malam saat akhir pekan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.