Sukses

Kondisi Terkini Rumah Abah Jajang yang Ditawar Rp2 Miliar, Tak Ada Lagi Halaman Rumput Hijau

Rumah Abah Jajang kini rusak pada bagian halaman yang dulunya terlihat hijau dengan rerumputan setelah didatangi banyak pendatang dan pembuat konten.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Abah Jajang di sebuah desa dengan pemandangan air terjun di depannya sempat viral. Kini usai dikunjungi banyak pendatang halamannya jadi rusak. Tak ada lagi pemandangan hijau di depan rumah Abah Jajang yang dulu sempat disebut warganet rumah idaman di masa tua.

Sebelum viral di media sosial lantaran pernah ditawar Rp2,5 miliar, warganet telah menyuarakan kekhawatiran akan terusiknya pemandangan dan ketenangan pemilik tempat tinggal berpemandangan Air Terjun Citambur tersebut. Tak butuh waktu lama, keresahan tersebut terjadi.

Beberapa akun mengunggah kondisi rumah Abah Jajang tersebut yang konsisinya kini miris. "Kondisi sekitar rumah Abah Jajang setelah viral malah jadi begini," tulis akun @jejakpendaki, dikutip Jumat (28/4/2023).  

Tampak dalam video, ramai orang yang datang ke rumah Abah Jajang. Mereka melewati tanah becek yang dulunya adalah rumput hijau tempat sang abah dan istrinya berfoto di balik pemandangan air terjun. 

Meski masih ada beberapa tanaman bunga di sekitarnya, namun sebagian besar halaman rumah telah berubah drastis karena diinjak warga yang datang penasaran dengan rumah tersebut. Sebelumnya bahkan ada beberapa konten kreator yang memasang tenda dan menginap di depan rumah Abah Jajang. 

Warganet lantas merespons konten yang dibagikan tersebut. Sebagian besar menyayangkan rumah Abah Jajang rusak setelah viral, namun ada pula yang mengungkap keberuntungan Abah Jajah saat didatangi tamu.

"Jahil, orang ingin menikmati masa tua tanpa ada gangguan malah dirusak. Belajar adab bertamu ya netizen," tulis seseorang di kolom komentar. 

"Bukan viral aja, si abah yang punya rumahnya juga ngerasa beruntung pas rumahnya viral, bahkan ga sedikit yang ngasih si abah uang dan bingkisan," sanggah yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Mula Rumah Abah Jajang Viral

Sebelumnya diberitakan, sebuah rumah di desa dengan pemandangan air terjun di depannya viral di media sosial. Hal itu lantaran sang pemilik yang seorang kakek menolak untuk menjualnya padahal ditawari harga sekitar Rp2,5 miliar.

"Rumah sederhana, halaman langsung ke Curug, menurut kalian?" tanya sang pembuat konten dengan akun @healingwithayang di TikTok dikutip Sabtu, 1 April 2023.

Dari tayangan singkat terlihat sepasang suami istri lanjut usia (lansia) duduk di halaman rumahnya. Tampak hijau penuh rerumputan yang terawat baik. 

Hal yang paling menarik, terdapat pemandangan curug kecil atau air terjun terlihat di kejauhan, berada di sebuah bukit tanpa terhalang gedung maupun pohon lainnya. Disebutkan lokasi rumah berada dekat Curug Citambur atau air terjun Citambur, di Kecamatan Cianjur, Jawa Barat.

Di video yang diberi tanda suka oleh 261,3 ribu pengguna itu, tak sedikit warganet yang takjub dengan sang kakek karena tidak silau harta. Di antaranya terdapat 4707 komentar warganet dengan jumlah 15 ribu pengguna yang menyukai konten tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Terkesima dengan Rumah Abah Jajang

Di video lain yang diunggah oleh akun @goodmoneyid, terdapat percakapan dengan sang kakek. "TNI ikut kemping juga di sini," tanya sang pembuat video yang diiyakan kakek pemilik.

Di video tersebut detail rumah dan halamannya lebih terlihat dengan jelas. Rumah yang ditempati sang kakek hanyalah rumah sederhana. Bagian dinding rumahnya masih terbuat dari anyaman bambu dan gentengnya pun yang berwarna merah bata dari tanah liat, khas bangunan rumah lama. 

Akan tetapi tak begitu dengan pemandangan di depannya. Terdapat kolam yang tak begitu besar dan halaman, serta agak jauh ke depan seperti bekas persawahan yang sedang tidak ditanami padi. 

"Ini yang dinamakan rumah sultan," tulis seorang warganet.

"Impian banget punya tempat tinggal yang alamnya indah banget seperti ini," balas yang lain.

"The real menua bersama menikmati indahnya hidup," sambung warganet.

"Tempat healing terbaik," kata yang lain.

"Di mana lokasinya.. indah banget," sebut warganet.

"Ya Allah rumah impian masa tua.. kayaknya nyaman dan tenang tidak ada lagi kebisingan kota," warganet menimpali. 

4 dari 4 halaman

Abah Jajang Membolehkan Menginap

Pemilik yang ternyata akrab disapa Abah Jajang itu diketahui tinggal bersama istrinya. Dalam konten lanjutan yang dibuat @healingwithyayang disebutkan bahkan sang abah mau menerima tamu untuk menginap. "Gimana bah, banyak yang tanya apa bisa menginap di sini?" tanya kreator konten.

"Bisa," jawab Abah Jajang. Tamu diperbolehkan menginap sambil menikmati pemandangan yang syahdu.

Warganet sebelumnya telah menyuarakan kekhawatiran akan terusiknya pemandangan dan ketenangan pemilik tempat tinggal berpemandangan Air Terjun Citambur tersebut. Tidak butuh waktu lama, keresahan tersebut jadi nyata.

Lewat video yang beredar di media sosial, akhir pekan kemarin, tampak suasana rumah abah Jajang, baik di halaman maupun sekitar tempat tinggal tersebut, ramai pengunjung. "Dan ... sesuai prediksi," tulis akun Twitter @PartaiSocmed saat membagikan video tersebut, Minggu, 9 April 2023.

Akun itu lalu menyinggung akun Twitter, yang sekarang sudah hilang, tentang konten berkemah di rumah abah. "Mbak @4nneve pernah tahu kejadian di Wonosari tahun 2015 ini tidak? Gara-gara diviralkan, taman bunga amaryllis itu hancur oleh ulah pengunjung yang hanya peduli bikin selfie."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini