Sukses

Liburan ke Sukabumi Berbujet Rp350 Ribu, dari Curug Cikaso hingga Pantai Ujung Genteng

Liburan untuk menyegarkan pikiran tak perlu jauh hingga menghabiskan dana jutaan rupiah. Melipir sebentar ke Sukabumi, Anda bisa menemukan banyak tempat wisata, dari Curug Cikaso hingga Pantai Ujung Genteng.

Liputan6.com, Jakarta - Pergi liburan untuk menyegarkan pikiran tak perlu jauh hingga menghabiskan dana jutaan rupiah. Sedikit melipir ke Sukabumi, Jawa Barat, Anda bisa ditemukan banyak tempat wisata, mulai dari sejumlah air terjun alias curug hingga pantai. 

Pengalaman tersebut dibagikan pengguna TikTok Afzal Rizkie. Dengan uang sekitar Rp350 ribu saja, ia bisa ke beberapa tempat antara lain Curug Cikaso, Nusa Sunda atau Pantai Karang Gantungan, serta Pantai Ujung Genteng.

Perjalanan dari Jakarta ke Ujung Genteng membutuhkan waktu enam hingga tujuh jam. Lokasi pertama yang ia kunjungi adalah Curug Cikaso, kemudian Pantai Karang Gantungan, Pantai Ujung Genteng, dan terakhir Penangkaran Penyu Ujung Genteng. Biaya Rp350 ribu tersebut merupakan harga jika mengikuti open trip dan akan tergantung jumlah orang yang ikut serta.

Salah seorang warganet ada yang berkomentar bahwa harga tersebut masuk akal, lantaran jarak keempat tempat wisata ini berdekatan. Berikut adalah rangkuman liburan di Sukabumi dari Curug Cikaso hingga Pantai Ujung Genteng.  

1. Curug Cikaso

Mengutip laman resmi pemerintah Sukabumi, Kamis, 27 April 2023, Curug Cikaso dulunya bernama Curug Luhur, tapi dikarenakan aliran airnya berasal dari Sungai Cikaso, curug ini berganti nama jadi Curug Cikaso. Curug Cikaso berada di dalam kawasan terpencil, tepatnya di Kampung Ciniti, Desa Cibitung.

Melansir Indonesia Kaya, akses menuju kawasan lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan dua alternatif berbeda. Pertama, menggunakan perahu motor yang telah disediakan dengan harga sewa Rp80 ribu untuk beberapa orang. Kedua, bisa dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah milik penduduk setempat. 

Di balik Curug Cikaso, Anda masih harus menempuh perjalanan di jalan setapak berbatuan dalam kawasan hutan lebat. Tak berapa lama, hanya sekitar dua menit, wisatawan mulai bisa mendengar gemuruh air terjun yang mengalir dari tebing setinggi 80 meter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pantai Karang Gantungan

Selanjutnya, perjalanan menuju ke Nusa Sunda atau Pantai Karang Gantungan dilakukan dengan berjalan kaki. Tampak di video yang terekam dari drone, pemandangan pantai ini menyuguhkan sapuan ombak yang indah. 

"Langsung meluncur ke bawah sambil menikmati keindahan pantainya yang sangat bersih," tulis sang kreator di video.

Pantai Karang Gantungan berlokasi di Jl. Surade-Ujung Genteng Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Untuk menuju lokasi pantai juga tidak terlalu sulit. Wisatawan bisa mengaksesnya melalui pintu belakang kompleks kostrad TNI AU Cibalimbing atau melalui Jembatan Cikarang.

Lokasi pantai ini juga dekat dengan Villa Asabaland yang dulunya dikenal dengan Villa Amanda Ratu. Tempat ini pun buka 24 jam dengan tiket masuk Rp5 ribu. Fasilitas parkir untuk kendaraan hanya Rp3 ribu per kendaraan roda 2 dan Rp5 ribu untuk roda empat.  

3 dari 4 halaman

3. Pantai Ujung Genteng

Pantai Pasir Putih Ujung Genteng di Sukabumi, Jawa Barat, jadi objek wisata populer karena memiliki akses jalan yang baik. Keindahan pantai ini membuat banyak wisatawan tertarik mengunjunginya, terlebih dengan fasilitas yang memudahkan kunjungan.

Lokasinya persisnya ada di Jl. Kelapa Condong, Ujung Genteng, Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Disebutkan, bahwa waktu terbaik untuk menikmati keindahan dan spot wisata di Pantai Ujung Genteng adalah di pagi hari. Ini merupakan waktu matahari baru saja terbit dan suasananya masih sangat sejuk. 

Pantai yang masih bersih membuat pengunjung bisa berenang dan snorkeling. Di sore hari, wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Ujung Genteng juga akan jadi pengalaman tak terlupakan.

4 dari 4 halaman

4. Penangkaran Penyu Ujung Genteng

Penangkaran Penyu Ujung Genteng merupakan salah satu wisata edukasi yang sarat akan pengetahuan tentang hewan hampir punah, yakni penyu. Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi maupun ikut open trip karena memang lokasinya cukup jauh dari pusat kota dan tak ada akses transportasi umum.

Mengutip laman topi jelajah, jarak yang perlu wisatawan tempuh untuk sampai di tempat wisata ini adalah sekitar 100 km dari Kota Sukabumi, dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Penangkaran penyu yang disebut juga dengan Penangkaran Penyu Pangumbahan ini resmi dibuka umum untuk wisatawan dengan tiket masuk Rp10 ribu per orang.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan perkembangbiakan penyu, mulai dari telur hingga dewasa. Jika datang di waktu yang tepat, Anda bisa mendapatkan kesempatan dan ikut serta dalam pelepasan anak penyu alias tukik ke laut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.