Sukses

Belajar dari Alto Adige, Destinasi Wisata di Eropa yang Batasi Jumlah Tempat Tidur demi Batasi Kunjungan Wisatawan

Alto Adige di Eropa menilai pariwisata penting untuk perekonomian mereka, tetapi kunjungan wisatawan ke daerah itu dinilai sudah mencapai kapasitas maksimumnya sehingga perlu dibatasi. Ia menilai keputusan itu juga akan membahagiakan turis yang datang.

Liputan6.com, Jakarta - Pariwisata diakui mendatangkan rezeki bagi warga Alto Adige, tapi uang bukanlah segalanya. Wilayah yang juga dikenal sebagai Bolzano - South Tyrol yang terletak di utara Italia tak segan membatasi kunjungan turis ke wilayah mereka demi mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan. 

Wilayah otonom itu membatasi jumlah turis hingga level 2019 dan melarang pembukaan akomodasi baru, kecuali yang lain telah ditutup. Wilayah yang berbatasan dengan Austria itu adalah salah satu gerbang paling terkenal ke Pegunungan Dolomit.

Pengunjung datang berduyun-duyun untuk melihat puncak terjal spektakuler yang bersinar merah jambu saat matahari terbenam, danau glasial yang indah, dan kota Tyrolean yang lucu, tempat mereka menikmati pangsit, minum bir lokal dan melatih bahasa Jerman mereka – karena provinsi ini bilingual.

Ibu kota Bolzano juga merupakan rumah bagi salah satu penduduk yang terkenal di dunia: "Ötzi the Iceman," tubuh manusia lokal yang dimumikan secara alami yang meninggal sekitar 5.200 tahun yang lalu. Tubuhnya – bersama dengan pakaiannya yang hampir terawetkan dengan sempurna – memiliki museum tersendiri di kota.

"Kami mencapai batas sumber daya kami, kami memiliki masalah dengan lalu lintas, dan penduduk kesulitan menemukan tempat tinggal," kata Arnold Schuler, yang bertanggung jawab atas pariwisata di provinsi tersebut dan yang mengusulkan undang-undang wisata baru, dikutip Senin (17/4/2023). Ia menambahkan bahwa mereka ingin "menjamin kualitas (hidup) penduduk lokal dan turis" yang telah tumbuh lebih keras selama dekade terakhir.

Alto Adige dikenal sebagai tempat berlindung di luar ruangan, tetapi Schuler mengatakan bahwa reputasinya yang dibangun selama bertahun-tahun mulai terancam oleh banyaknya orang yang mengunjungi daerah tersebut. "Wisatawan datang ke sini untuk mendaki dan melihat tempat-tempat indah, bukan terjebak kemacetan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membatasi Turis yang Datang Pulang Pergi

Pada 2022, Alto Adige diinapi oleh 34 juta pengunjung. "Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun dan di daerah tertentu, jumlahnya menjadi lebih banyak," katanya kepada CNN.

"Sektor pariwisata sangat penting bagi kami, untuk pekerjaan dan ekonomi, tetapi kami telah mencapai batasnya, jadi kami mengambil langkah-langkah ini untuk menjamin pengelolaan arus orang yang lebih baik, dan untuk menjamin penginapan bagi wisatawan."

Undang-undang, yang diberlakukan pada September 2022, melarang siapa pun membuka penginapan baru (termasuk Airbnb) atau menambah lebih banyak tempat tidur kamar tanpa meminta izin dari otoritas setempat. Jumlah kamar yang terdaftar secara resmi pada 2019 telah ditetapkan di bawah 230.000.

Pemilik bisnis sekarang memiliki waktu hingga 30 Juni 2023 untuk melaporkan kepada pihak berwenang berapa banyak tamu sebenarnya yang menempati penginapan mereka pada 2019 – termasuk memasukkan sofabed ke dalam penghitungan yang sebelumnya tidak dihitung dalam angka resmi. Angka terakhir akan menandai batas yang tidak dapat dilampaui di masa mendatang. Setiap bisnis akan menetapkan jumlah kamarnya, dan setiap comune (otoritas lokal) juga akan memiliki nomor yang ditetapkan – total semua bisnis di bawah otoritasnya.

Untuk membantu usaha kecil, akan ada 7.000 “tempat tidur” tambahan yang ditugaskan di antara otoritas lokal Alto Adige untuk dibagikan sesuai keinginan mereka kepada usaha kecil yang memiliki kapasitas kurang dari 40 tamu. Sebanyak 1.000 "tempat tidur" lainnya telah dicadangkan untuk digunakan dalam keadaan luar biasa jika, di masa mendatang, seseorang ingin membuka bisnis di kota dengan tingkat pariwisata yang sangat rendah.

3 dari 4 halaman

Tekan Jumlah Kedatangan Pelancong Harian

Upaya pembatasan juga diberlakukan kepada pelancong harian alias mereka yang berkunjung hanya sehari, untuk langsung kembali lagi. Mereka belajar dari Venesia yang kewalahan menghadapi overtourism akibat banyaknya pelancong harian.

Sejak 2021, akses mobil ke Lago di Braies (atau Pragser Wildsee) – sebuah danau glasial sempurna di pegunungan, dan makanan pokok di Instagram – di musim puncak, hanya dapat dipesan melalui reservasi. Schuler mengatakan wilayah tersebut mengambil langkah yang dia sebut sebagai “proyek percontohan”, karena situasinya menjadi tidak dapat dipertahankan.

"Anda harus mendaftar untuk pergi ke danau, tetapi dengan begitu Anda dijamin aksesnya dan kami tidak akan memiliki terlalu banyak orang di sana," katanya. "Tapi juga, setiap orang yang pergi bisa melihat danau itu."

Akses ke Alpe di Siusi, atau Seiser Alm dalam bahasa Jerman – padang rumput Alpen yang luas di bawah bayang-bayang pegunungan – sebelumnya juga telah dibatasi. Jalan menuju dataran tinggi ditutup untuk kendaraan pribadi antara jam 9 pagi dan 5 sore. Jadi, siapa pun yang ingin bepergian harus menggunakan transportasi umum. Penduduk dan mereka yang memesan hotel di dataran tinggi dikecualikan.

Schuler memprediksi langkah yang diambil mereka juga akan diikuti kawasan-kawasan wisata populer lainnya. Membatasi akses ke tempat-tempat paling populer menguntungkan semua orang, katanya. Ia membandingkannya dengan museum dan galeri yang menjual sejumlah tiket setiap hari.

"Bukan hanya penduduk setempat yang senang, tetapi para turis yang memiliki lebih sedikit masalah dengan akses, memiliki tempat parkir, dan dapat menemukan tempat makan."

4 dari 4 halaman

Biaya Sewa Meningkat Imbas Terlalu Banyak Akomodasi Wisata

Schuler mengatakan, banjir turis juga menyulitkan penduduk lokal yang kesulitan mencari tempat tinggal. "Semakin sulit untuk menemukan tempat tinggal karena begitu banyak [penginapan] telah diubah menjadi akomodasi wisata," katanya, seraya menambahkan bahwa akibatnya, biaya sewa pun meningkat.

Wilayah ini memiliki populasi sekitar 532.000 jiwa, dengan jumlah penduduk melebihi tempat tidur turis sekitar dua banding satu - tetapi rata-rata itu berkat beberapa daerah yang hanya melihat sedikit pariwisata. "Kami memiliki daerah di mana jumlah tempat tidur turis melebihi jumlah penduduknya," kata Schuler.

Jumlah Airbnb di wilayah tersebut telah meningkat sebesar 400 persen dalam lima tahun terakhir, tambahnya. "Kami selalu mengatakan bahwa kami ingin menjadi daerah bagi wisatawan, tetapi juga tempat di mana masyarakat setempat hidup dengan baik," katanya.

Siapa pun yang ingin membuka hotel, B&B, atau persewaan liburan di masa mendatang akan lebih sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Jika satu bisnis tutup, penetapan “tempat tidur” akan dikembalikan ke komune, atau otoritas lokalnya. Mereka kemudian dapat membagikan tempat itu ke pembukaan baru, atau seseorang yang ingin memperluas propertinya.

"Dengan begitu kami menjamin jumlah titik tetap tidak berubah di masa mendatang," kata Schuler.

Langkah tersebut merupakan bagian dari dokumen setebal 100 halaman yang disebut 'Programma provinsi per lo sviluppo del turismo 2030+' atau Program untuk pengembangan pariwisata setelah tahun 2030 di provinsi tersebut. Sebuah dokumen setebal 100 halaman menguraikan penelitian bertahun-tahun yang masuk ke dalam program, dan membahas bagaimana hal itu dimaksudkan untuk mengembangkan wilayah tersebut secara berkelanjutan.

Langkah berikutnya adalah memperkenalkan sistem peringkat "bintang hijau" untuk menghargai hotel yang bekerja secara berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.