Sukses

Sosok Adele James, Bintang Queen Cleopatra yang Tayang di Netflix dan Picu Kontroversi

Seorang eksekutif dokumenter empat bagian yang diproduksi oleh aktris AS Jada Pinkett Smith untuk Netflix mendapat kecaman di media sosial.Itu terjadi gara-gara penggambaran Cleopatra di dokumenter Queen Cleopatra diperankan oleh seorang aktris kulit hitam bernama Adele James.

Liputan6.com, Jakarta - Eksekutif dokumenter empat bagian yang diproduksi oleh aktris AS Jada Pinkett Smith untuk Netflix mendapat kecaman di media sosial. Kontroversi mencuat gara-gara penggambaran Cleopatra di dokumenter Queen Cleopatra diperankan oleh seorang aktris kulit hitam bernama Adele James.

Dikutip dari Arab News, Senin (17/4/2023), tak sedikit warganet yang mencela di TikTok dan Twitter mengecam film dokumenter Netflix Queen Cleopatra yang akan tayang perdana pada 10 Mei 2023 tersebut. Mereka protes karena dokumenter tersebut menampilkan aktris Adele James sebagai ratu Mesir.

Dalam trailer film dokumenter tersebut, seorang warganet berkata, "Saya tidak peduli apa yang mereka katakan kepada Anda di sekolah. Cleopatra berkulit hitam."

Cleopatra VII Philopathor adalah penguasa Mesir sebelum pemerintahan Romawi. Menurut sejarawan, ia adalah keturunan dari Ptolemeus I Soter, seorang jenderal Yunani Makedonia, yang memerintah Mesir ketika menjadi bagian dari kerajaan Alexander Agung.

Latar belakang Makedonia Yunani Cleopatra membentuk inti dari argumen yang banyak mengalir di media sosial selama akhir pekan. Sejumlah kritikus Mesir, Afrika-Amerika, dan internasional mengecam keputusan untuk menggambarkan penguasa sebagai orang kulit hitam.

"Ini bukan representasi Hitam yang saya inginkan atau butuhkan," kata seorang pengguna TikTok dalam sebuah video. "Mereka memilih seorang perempuan kulit hitam untuk berperan sebagai Ratu Cleopatra, masalahnya dia bukan Kulit Hitam," tambahnya.

Warganet lain mengecam film dokumenter Netflix itu bermasalah karena peran orang Makedonia sebagai penjajah Mesir. Banyak di jagat maya yang menawarkan tokoh sejarah lain yang bisa saja diperankan oleh aktris tersebut karena sejarawan secara luas menyetujui warna kulit mereka, termasuk Ahhotep, Hatshepsut, dan Nefertiti.

"Setiap kali hal seperti ini terjadi, kami mengambil kesempatan untuk menceritakan kisah Hitam nyata dari sejarah Hitam nyata," kata warganet di TikTok, Dennis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Adele James

Lantas, siapa Adele James? Dikutip dari laman Wealthy Spy, Adele James adalah seorang aktris Inggris yang memainkan peran utama Cleopatra dalam serial kontroversial Netflix Queen Cleopatra. Ia telah bergabung dalam beberapa peran kecil dalam film dan serial televisi.

Ia juga pernah tampil di drama panggung dan setelah bertahun-tahun bekerja sebagai aktris, dia mulai menulis skenario. Aktris multitalenta ini juga melatih aktor baru dan mempersiapkan mereka untuk audisi.

Adele James lahir pada 31 Oktober 1986, di London Barat Daya. Ia dibesarkan di London dengan empat adiknya. Ibunya selalu mendukung pilihan kariernya.

Ia bersekolah di sekolah menengah setempat. Adele berada di klub drama di sekolahnya dan begitulah cara dia mengembangkan minatnya dalam berakting.

Adele lulus dari University of Bristol dan menerima gelar sarjana di bidang Drama. Ia mengikuti pelatihan di Lee Strasberg Theatre and Film Institute di New York City.

Adele James pertama kali mengembangkan minatnya dalam seni peran di sekolah menengah. Pertunjukan panggung pertamanya adalah di sekolah saat berperan sebagai pengganti Ny. Casper.

3 dari 4 halaman

Kecintaan pada Dunia Seni Peran

Setelah itu, dia mengejar akting. Ia telah muncul di berbagai film dan serial televisi. Dia terlihat di Acceptable Damage (2019), Doctors. (2020) dan What would you do (2019). Perannya yang paling terkenal adalah sebagai Christina 'Tina' Mollet di Casualty. Ia bekerja di pertunjukan dari 25 Juli 2020 hingga 9 Oktober 2021.

Pada 2018 dia terbang ke New York selama empat bulan untuk berlatih di bawah penulis skenario dan penulis naskah Larry Alton di Lee Strasberg Theatre and Film Institute. Dia memproduksi film pendek debutnya 'Last Call' di New York. Itu dianugerahi sebagai 'Skenario Terbaik'.

Ia saat ini sedang mengerjakan berbagai proyek sebagai penulis. Acara komedinya 'The Color Brown' sedang dalam pengembangan. Dia juga sedang mengerjakan proyek lain 'III Timings' dengan Three Tables Production.

Selain itu, ia juga mengerjakan beberapa skenario film pendek. Adele telah merilis pilot komedi online 'That's What She Said'. Dia telah mengembangkan pilot televisinya sendiri untuk British Broadcaster Channel 4.

4 dari 4 halaman

Personal Adele James

Adele tidak banyak berbagi tentang kehidupan pribadinya. Dia merahasiakan kehidupan asmaranya. Meski begitu sang aktris terkadang berbagi beberapa foto dengan keluarga dan teman-temannya. Ia hanya mengunggah terkait proyeknya di media sosial.

Adele James telah memantapkan dirinya sebagai penulis skenario dan aktris. Sumber pendapatan utamanya adalah proyek aktingnya.

Ia juga mendapatkan keterampilan menulis yang baik. Dia telah tampil di atas panggung dan berakting dalam film.

Perkiraan kekayaan bersihnya adalah 700 ribu dolar AS sampai 800 ribu dolar AS atau setara Rp10,3 miliar sampai Rp11,8 miliar pada 2023. Aktris ini akan melejit setelah merilis tampilan terbarunya sebagai Queen Cleopatra.

Selain itu, Adele suka bepergian di waktu luangnya. Dia mengunjungi banyak tempat wisata internasional.

Dikutip dari Creative Artists Management, Adele James diketahui memiliki tinggi 5'3'' atau sekitar 160 cm dengan warna rambut cokelat tua dan warna mata cokelat. Ia juga suka berenang dan yoga hingga bisa contemporary dance.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini