Sukses

Perjalanan Cinta Shandy Aulia hingga Gugat Cerai Suami Usai 12 Tahun Menikah

Isu keretakan rumah tangga Shandy Aulia dan David Herbowo yang sempat berembus akhirnya terkuak dengan gugatan cerai aktris pemeran film Eiffel I'm in Love di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Isu keretakan rumah tangga Shandy Aulia dan David Herbowo yang sempat berembus akhirnya terkuak dengan gugatan cerai aktris pemeran film Eiffel I'm in Love di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Humas Pengadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto, membenarkan Shandy Aulia mendaftarkan gugatan cerainya terhadap David Herbowo. 

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Jumat (14/4/2023), gugatan cerai Shandy telah terdaftar dengan nomor register 361/Pdt.G/PN Jakarta Selatan pada Selasa 11 April 2023. Kepada wartawan, Dyumyato mengatakan pada 11 April 2023, hari Selasa memang dari data sistem informasi pengurusan perkara PN Jakarta Selatan itu ada perkara masuk.

"Didaftarkan atas nama penggugatnya David Herbowo. Gugatannya itu gugatan perceraian," terang Djumyato.

Djumyato mengungkapkan, Shandy Aulia tidak mendaftarkan sendiri gugatanya. Tapi oleh kuasa hukumnya, Wahyono Sukrisno. "Yang mendaftarkan kuasa hukum dari Shandy Aulia, Pak Wahyono Sukrisno," imbuh Djumyato.

Djumyato menambahkan, pengadilan juga telah menentukan jadwal sidang cerai Shandy dan David. Dipimpin hakim Ahmad Suhail, pasutri itu bakal menjalani sidang perdana pada 3 Mei 2023.

"Nah setelah di daftarkan, kemudian sudah di tetapkan hati itu juga majelis hakim nya yang diketuai oleh Pak Ahmad Suhail. Kemudian majelis yang ditunjuk sudah menetapkan hari sidangnya yaitu nanti hari Rabu, 3 Mei 2023. Itu sidang pertama," papar Djumyato.

Di luar kabar perceraian, publik tentu kembali mengingat bagaimana pasangan itu bisa bersatu. Mereka juga telah menempuh ujian saat belum dikaruniai momongan. Berikut simak kilas balik perjalanan cinta Shandy Aulia dan David Herbowo yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menikah di Bali Pada 2011

Shandy Aulia sebelumnya pernah hampir menikah dengan Dave Laksono, putra dari politikus Agung Laksono yang direncanakan berlangsung pada 18 Desember 2010 lantaran perbedaan agama. Ia akhirnya menikah dengan David Herbowo pada 12 Desember 2011, tanpa publik tahu kapan mereka mulai pacaran.

Pernikahan pasangan itu dilaksanakan di sebuah kapel di pulau Bali. Dari pernikahan tersebut mereka akhirnya dikarunai seorang anak setelah hampir 9 tahun menikah, yaitu Claire Herbowo yang lahir pada 12 Februari 2020.

Tak banyak informasi yang beredar ke publik terkait kehidupan pernikahan Shandy Aulia dan David Herbowo selama hampir 7 tahun saat itu. Shandy juga masih aktif di dunia hiburan dengan membintangi sejumlah film, sebelum akhirnya hamil dan melahirkan Claire dan vakum.

Saat hamil dan memiliki putri pertamanya, Shandy baru tampak aktif di media sosial dengan mengunggah kebersamaan keluarganya. Saat mereka bertiga berlibur dan ketika hanya berdua suaminya merayakan ulang tahun pernikahan. 

Sebelumnya Shandy sempat menepis kabar perceraian dengan mengunggah foto bareng sang suami, David Herbowo di akun Instagram terverifikasinya, pada 19 Desember 2021 disertai pesan bertajuk "Emosi vs esensi". Pesan cinta ini sekaligus merayakan ulang tahun ke-10 pernikahan.

3 dari 4 halaman

Sempat Tepis Kabar Perceraian

 Dalam pesannya, bintang film Eiffel I’m in Love berpendapat mengambil keputusan dengan emosi akan terlihat lebih mudah dan sepertinya menyelesaikan masalah. Shandy Aulia lalu menyampaikan klarifikasi. Ia tak membenarkan atau membantah isu tersebut. Bintang film Eiffel I’m In Love hanya minta privasi kepada khalayak dan jurnalis.  

Ada satu pertanyaan yang mengusik perhatian Shandy Aulia saat sesi tanya jawab di Instagram. "Shandy apa yang bikin kamu ingat komitmen awal dulu dan kembali baik-baik saja dengan Daddy Claire,” tanya seorang warganet.

Artis kelahiran Jakarta, 23 Juni 1987 ini sampai menulis jawaban panjang. Shandy Aulia mengaku jawabannya mungkin terdengar klise, yakni semua terjadi atas kehendak Sang Khalik. 

Shandy sempat curhat bahwa ia menyadari hidupnya yang singkat bukan miliknya tapi milik Tuhan. "Kapanpun Tuhan bisa minta saya untuk kembali," tulisnya.

Ia menyambung, "Dan saya takut kembali dengan kondisi mengambil keputusan yang jelas-jelas bukan dari Tuhan. Saya rasa pernikahan bukan seputar ego diri dan rasa berhak bahagia." 

4 dari 4 halaman

Melawan Ego dan Kesombongan Diri

Ia berujar dalam pernikahan apabila suami atau istri mulai berfokus pada kebahagiaan diri sendiri, maka disinilah awal bencana. Pola pikir menyempit. Bila sudah begini, rumah tangga menjadi rawan konflik.

"Pada akhirnya harus melawan kesombongan diri dan benar-benar harus memandang hadirat Tuhan. Kalau andalkan logika dan pikiran sendiri pasti fokus pada: Saya berhak begini dan begitu," cuit Shandy.

"Kenyataan yang ada mengambil keputusan berdasarkan emosi karena merasa berhak ‘lebih bahagia’ adalah keputusan indah sesaat karena sifatnya tidak kekal,” Shandy Aulia lagi.

Menurut Shandy saat itu begitu ada yang hilang dalam pernikahan, jangan biarkan kepingan itu makin amblas. Dibutuhkan inisiatif kedua pihak untuk menemukan gambaran diri seperti yang Allah inginkan dalam pernikahan.

"Ketaatan lebih baik daripada pengorbanan. Ketaatan kepada Tuhan, mendengar, percaya, menyerahkan perkara yang tidak dapat lagi kita tanggung dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan dan Firman-Nya,” ungkapnya lagi.

Bintang sinetron itu memulihkan pernikahan tak semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan kesadaran, kewarasan, ketenangan, penerimaan hingga kerendahan hati secara penuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini