Sukses

Profil Istri Dito Ariotedjo yang Baru Dilantik Jadi Menpora, Anak Politisi yang Dilamar di Depan Kakbah

Niena Kirana tampil anggun dengan kebaya saat mendampingi sang suami, Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Pria 32 tahun tersebut kini telah resmi disebut sebagai Menpora baru untuk Kabinet Indonesia Maju.

Per hari Senin, 3 April 2023, Dito Ariotedjo menjabat sebagai Menpora menggantikan Zainuddin Amali dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Sumpah jabatan dibacakan oleh Dito Ariotedjo dengan lantang di hadapan Presiden Jokowi.

Saat dilantik menjadi Menpora, tampak sang istri Niena Kirana Riskyana Fuad atau Niena ikut mendampingi. Ia terlihat mengenakan kebaya warna putih. Ibu satu anak ini tampil anggun dengan kebaya brokat dan kain warna oranye keemasan, senada dengan warna selendang yang melengakapi penampilannya. Sementara penataan rambutnya digelung modern.

Dito menikah dengan Niena Kirana Riskyana pada 31 Maret 2018. Mereka memiliki seorang putri bernama Sadia Kiera Nadashana atau biasa disapa Sadia.yang lahir pada Januari 2020 lalu.

Dilansir dari kanal YouTube Menjadi Manusia dan berbagai sumber lainnya, pertemuan pertama antara Dito dan Niena berlangsung di sebuah kafe di kawasan Jakarta Selatan. Dari situ hubungan keduanya berlanjut hingga Dito memberanikan diri untuk melamar Niena di depan Kakbah.

Momen itu juga dianggap Dito sebagai momen bahagia yang tak akan pernah terlupakan. "Momen bahagia paling diingat itu ngelamar di depan Kakbah, itu satu duniawi satu surgawi, mendapatkan calon istri yang sesuai dengan pilihan dan keinginan," ungkap Dito dalam video tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ulang Tahun Istri Dito

Niena sendiri merupakan sosok yang selalu ada di samping Dito, begitu juga dengan Dito.  Bahkan seperti dilihat dari akun Instagram pribadi Dito, ia rela menemani sang istri menonton konser BLACKPINK di GBK Jakarta pada awal Maret lalu.

Potret hangat dan romantis keluarga kecilnya pun kerap dibagikan di Instagram. Potret perayaan ulang tahun sang istri yang sederhana pun sempat dibagikan Dito di akun Instagramnya, lengkap dengan ucapan manis nan romantis.

Belum diketahui tahun lahir Niena, namun ia diketahui lahir pada 30 Agustus. Hal tersebut terlihat dari unggahan akun Instagram Dito Ariotedjo saat dirinya memberikan kado untuk Niena."

"Ulang tahun perdana sebagai istriku @nienakr. Happy birthday my life @nienakr, Enjoy ur very mysterious surprise," tulis Dito pada 30 Agustus 2018.

"Akad Nikah dan Resepsi, 31 Maret 2018. Izinkan saya berbagi beberapa momen pada hari paling bahagia dan penting dalam hidup saya. Pada hari inilah penantian terbesar dalam hidup saya datang, dimana saya sejak hari ini kedepan akan berbagi hidup dengan wanita pilihan saya, sang “urgent”," tulis Dito dalam unggahan lainnya pada 2 April 2018.

 

3 dari 4 halaman

Perempuan yang Sabar

Keduanya menikah dengan tema pernikahan dua adat, yakni adat Jawa dan adat Sulawesi Selatan. Belakangan juga terungkap ternyata Niena adalah anak politisi Partai Golkar, Fuad Hasan Masyhur.Jabatan sang ayah adalah Ketua DPP Partai Golkar.

Pria keturunan Arab itu juga dikenal sebagai pengusaha dan salah satu usahanya adalah mendirikan biro perjalanan haji dan umrah PT Maktour Indonesia.  Tak heran jika pernikahan keduanya dihadiri tokoh-tokoh masyarakat seperti Anies Baswedan hingga Muhammad Quraish Shihab.

Dijelaskan Dito Ariotedjo, selama menikah, Niena adalah perempuan yang sabar. "Karakternya yang paling aku suka, dia sabar," ucap Dito.

Belum diketahui pasti apa pendidikan Niena, sebab dia tidak banyak informasi mengenai dirinya, bahkan akun Instagram miliknya, @nienakr saja bersifat privat.

Sementara itu, Dito Ariotedjo lahir pada 25 September 1990 di Jakarta. Dito mulai merambah dunia politik dengan menjadi kader Partai Golkar. Saat di Golkar, Dito terlibat dalam organisasi kepemudaan sayap partai, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

4 dari 4 halaman

Menpora Termuda

Selama di AMPI, Dito sempat menjabat sebagai ketua umum.  Melihat latar pendidikannya, Dito adalah lulusan SMAN 6 Jakarta dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Dunia kampus dijalani Dito dengan sibuk berorganisasi dan menjadi aktivis melalui jalur badan eksekutif mahasiswa (BEM) dengan mengemban tanggung jawab sebagai bendahara umum.

Didapuk sebagai menteri olahraga, ternyata Dito mempunyai rekam jejak yang kental di bidang tersebut. Saat ini, Dito tercatat sebagai salah satu komisaris dari klub basket nasional RANS bersama Raffi Ahmad dan Rudy Salim.

Selain itu, Dito juga aktif berkarya pada bidang olahraga sebagai Ketua Umum Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISS) Provinsi DKI Jakarta.Sebelum ditunjuk jadi menteri Dito dipercaya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Staf Khususnya.

Sepanjang sejarah Republik Indonesia, posisi Menpora umumnya diisi oleh mereka yang tergolong senior. Tercatat, baru kali ini menpora betul-betul dijabat oleh Dito Ariotedjo seorang pemuda berdasarkan usia juga tergolong muda, 32 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.