Sukses

Sophie Menantu Ratu Elizabeth II Dapat Gelar Bangsawan Baru, Lega Tak Harus Membungkuk pada Meghan Markle

Menantu kesayangan Ratu Elizabeth II, Sophie, mendapat gelar bangsawan baru yang membuat peringkatnya lebih tinggi dari Meghan Markle.

Liputan6.com, Jakarta - Sophie, menantu kesayangan Ratu Elizabeth II, akhirnya mendapat gelar bangsawan baru. Ia yang sebelumnya dipanggil Countess of Wessex, secara resmi kini disebut Duchess of Edinburgh, menyusul sang suami, Pangeran Edward, diangkat sebagai Duke of Edinburgh, gelar mendiang ayahnya, Pangeran Philip.

Titel yang disandang Sophie Rhyss Jones, nama aslinya sebelum bergabung menjadi keluarga Kerajaan Inggris, itu menempatkannya lebih tinggi dari Duchess of Sussex, gelar yang disandang Meghan Markle. "Sophie lega," kata seorang sumber kerajaan pada Mail on Sunday, dikutip Page Six, Rabu (15/3/2023).

"Dia tidak lagi harus membungkuk pada seseorang di dalam keluarga yang tidak hanya meninggalkan tugas kerajaan, tapi juga menghabiskan waktu tiga tahun terakhir mengkritisi insitusi yang Sophie bekerja keras untuk mendukungnya," sambung sumber itu.

Gelar baru yang diterima Pangeran Edward merupakan kejutan bagi keluarga kerajaan. Raja Charles, kakak tertuanya, menghadiahi gelar tersebut di ulang tahunnya ke-59 sebagai hadiah atas loyalitas yang diberikan pada kerajaan.

Titel itu berlaku efektif. Profil Edward di laman keluarga kerajaan juga langsung berubah setelah pengumuman tersebut. Edward sebelumnya dianugerahi gelar Earl of Wessex sejak 1999.

Istana Buckingham mengungkap Edward akan bergelar 'Yang Mulia' seumur hidup. Selama upacara pernikahannya pada 1999, Edward dijanjikan pangkat seorang duke ketika Pangeran Philip meninggal, menurut BBC. Pangeran Philip dinobatkan sebagai Duke of Edinburgh ketika menikah dengan Ratu Elizabeth II pada 1947 dan memegang gelar tersebut hingga kematiannya pada 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sophie Bersikap Dingin pada Meghan Markle

Duchess of Edinburgh belum pernah bertemu kembali dengan Meghan Markle sejak mereka menghadiri upacara penghormatan untuk mendiang Ratu Elizabeth II pada September 2022. Namun, 'perang dingin' keduanya bisa berlanjut bila Meghan dan Harry memutuskan menghadiri acara penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023.

Pasangan Sussex mengakui telah menerima undangan kerajaan, tapi masih mempertimbangkan apakah mereka akan melakukan perjalanan sejauh 5.459 mil. Juru bicara pasangan tersebut mengatakan 'keputusan segera' tentang apakah mereka akan menghadiri penobatan itu 'tidak akan diungkapkan.'

Kalaupun mereka pergi, keduanya kemungkinan akan disambut dengan 'sikap dingin' oleh anggota senior keluarga kerajaan. "Sebagian besar keluarga tidak ingin berurusan lagi dengan mereka. Jika harus melihat mereka di penobatan, biarlah, tapi mereka tidak ingin bersosialisasi dengan mereka," kata sumber kerajaan kepada Daily Mail.

Sebelumnya, Meghan dan Harry telah menerima undangan penobatan Raja Charles III meski telah menyerang keluarga Kerajaan Inggris dengan sederet pengakuan kontroversial. Agenda penobatan tersebut akan berlangsung pada 6 Mei 2023, bersamaan perayaan ulang tahun ke-4 Archie Harrison.

3 dari 4 halaman

Meghan dan Harry Ajukan Syarat untuk Hadiri Penobatan Raja Charles III

Melansir Marie Claire, Jumat, 10 Maret 2023, pasangan Sussex dikabarkan sedang bernegosiasi dengan Raja dan keluarga Kerajaan Inggris menyusul undangan menghadiri penobatan tersebut. Setidaknya ada empat syarat yang katanya diajukan Meghan dan Harry terkat ini:

1. Perayaan ulang tahun Archie

"Ulang tahun Archie jatuh pada 6 Mei, hari penobatan, dan keluarga Sussex ingin keluarga kerajaan mengakui itu," kata seorang sumber pada OK!. "Kelurga Sussex telah meminta semacam perayaan atau pengakuan untuk dimasukkan ke dalam rencana hari itu guna memastikan bahwa (momen perayaan) ulang tahun keempat Archie tidak akan hilang selama hari yang penting itu."

2. Tempat tinggal selama di Inggris

Menyusul pengusiran mereka dari Frogmore Cottage di Windsor, keluarga Sussex kabarnya ditawari sebuah apartemen di Istana Buckingham. Tapi, mereka justru meminta tinggal bersama Putri Eugenie dan keluarganya di Frogmore, menurut sumber OK!.

"Mereka ingin anak-anak mereka menghabiskan waktu dengan anggota keluarga lain, terutama sepupu mereka August yang kira-kira seumuran dengan Lilibet. Kedua pasangan itu sangat akrab dan sangat ingin anak-anak mereka dekat," kata seorang sumber.

4 dari 4 halaman

3. Kemunculan di Balkon Istana Buckingham

Sumber ini menambahkan bahwa keluarga Sussex dilaporkan ingin ikut muncul di balkon Istana Buckingham pada hari itu. "Ini bisa jadi masalah nyata karena Istana telah mempersempitnya jadi hanya anggota keluarga Kerajaan Inggris yang bekerja yang akan muncul di balkon," kata sumber itu. "Harry dan Meghan sangat ingin jadi bagian dari momen keluarga yang spesial itu."

4. Jaminan Keamanan

Pasangan yang kini tinggal di Montecito, California itu juga meminta kejelasan bahwa mereka dan anak-anak mereka akan aman jika kembali ke Inggris.

"Masih ada kasus hukum yang sedang berlangsung antara keluarga Sussex dan Home Office mengenai keamanan mereka. Pasangan itu menginginkan keamanan lebih saat mereka berada di Inggris dan ini perlu diselesaikan sebelum mereka menghadiri penobatan," kata sumber itu.

Dalam kabar sebelumnya, Lilibet Diana, anak kedua Harry dan Meghan, resmi menyandang gelar putri kerajaan Inggris. Hal itu terungkap setelah Lili, sapaan akrabnya, menjalani pembaptisan dalam upacara privat. Melansir The Sun, 9 Maret 2023, Harry dan Raja Charles III sepakat memberi Archie dan Lilibet Diana gelar baru setelah berdiskusi seusai pemakaman Ratu Elizabeth II. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.