Sukses

Seputar Pernikahan Putri Iman dari Yordania, Maharnya Masih Misterius

Putri Iman dari Yordania dan Jameel Alexander Thermiotis akan menikah besok, Minggu, 12 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Kerajaan Yordania sedang mempersiapkan perayaan besar akhir pekan ini karena putri Ratu Rania dan Raja Abdullah II, Putri Iman binti Abdullah, akan menikah dengan Jameel Alexander Thermiotis. Rencananya, pernikahan keduanya akan berlangsung pada Minggu, 12 Maret 2023.

Melansir Hello, Sabtu (11/3/2023), sementara istana merahasiakan banyak detail, Rania telah membagikan foto dan video dari pesta Henna Putri Iman. Iman, yang merupakan anak kedua dari empat bersaudara, memiliki satu kakak laki-laki, Putra Mahkota Hussein (28), serta adik perempuan Putri Salma (22) dan Pangeran Hashem (18).

Perempuan berusia 26 tahun ini lulus dari Parsons School of Design di New York. Iman cenderung tidak menonjolkan diri, tapi telah bergabung dengan orangtuanya, Raja Abdullah II dan Ratu Rania, di acara-acara publik.

Sementara tunangan Putri Iman, Jameel, yang juga dikenal sebagai Jimmy, lahir di Caracas, Venezuela dari orangtua Yunani, George Alexander Thermiotis dan Maria Corina Hernandez de Thermotis.

Ia adalah salah satu pendiri dan mitra perusahaan Venture Capital yang berbasis di New York, Outbound Ventures. Tidak ada lagi yang diketahui publik tentang kehidupan pribadinya atau sudah berapa lama ia dan Iman berpacaran.

Berikut beberapa fakta pernikahan keduanya yang sudah terkuak sejauh ini.

1. Resmi bertunangan

Pengadilan Kerajaan Hashemite secara terbuka mengumumkan pertunangan pasangan itu pada 6 Juli 2022. "Pengadilan Hashemite Kerajaan dengan senang hati mengumumkan pertunangan Yang Mulia Putri Iman binti Abdullah II dengan Tuan Jameel Alexander Thermiotis pada Selasa, 5 Juli 2022 di hadapan Yang Mulia Raja Abdullah II dan Ratu Rania Al Abdullah, serta Yang Mulia Putra Mahkota Al Hussein bin Abdullah II, Pangeran Hashem bin Abdullah II, dan Putri Salma binti Abdullah II, selain anggota keluarga Tuan Thermiotis," bunyi pernyataan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Diberi Keterangan Detail soal Pertunangan Putri Iman

Lebih lanjut keterangan itu berbunyi, "Pengadilan Kerajaan Hashemite menyampaikan ucapan selamat yang tulus pada Yang Mulia Putri Iman dan Tuan Thermiotis pada kesempatan ini dan berharap mereka bahagia seumur hidup."

Tidak ada perincian lebih lanjut tentang lamaran Jameel atau cincin yang diberikan pada Iman. Tapi, potret yang dibagikan saat itu menunjukkan berlian berpotongan horizontal di jari sang putri. Istana menegaskan bahwa pernikahan akan berlangsung pada 12 Maret 2023, hanya seminggu sebelum hari H.

2. Lokasi pernikahan

Lokasi pernikahan Putri Iman dan Jameel masih harus dikonfirmasi pihak istana. Namun, pasangan itu dapat memilih untuk menikah di Istana Zahran di Amman, Yordania, tempat orangtua Iman, Abdullah dan Rania, menikah pada 1993.

Ada juga kemungkinan bahwa pasangan tersebut dapat memilih menikah di Yunani atau Venezuela, mengingat itu punya kaitan dengan Jameel dan keluarganya. Sebagaimana lokasi pernikahan keduanya, mahar pengikat mereka pun belum diungkap sama sekali.

3 dari 4 halaman

3. Gaun Pengantin Putri Iman

Kemungkinan detail gaun pengantin Putri Iman tidak akan dibagikan sampai hari H, namun Ratu Rania memberi penggemar kerajaan sekilas tentang veil yang indah saat ia membagikan penghormatan yang menyentuh pada putrinya menjelang acara tersebut.

Putri Iman dapat memilih desainer gaun pengantin ibunya, Bruce Oldfield, mengingat ia mengenakan sabuk pengantin Rania di pesta Henna-nya. Calon pengantin tampak sangat cantik di malam itu, mengenakan gaun putih berlengan mengembang yang dibuat Reema Dahbour, seorang desainer Yordania yang juga berdarah Palestina.

4. Tamu undangan

Acara tersebut kemungkinan bear akan dihadiri Raja Abdullah dan Ratu Rania, serta saudara Iman dan keluarga mempelai pria. Namun, belum diketahui apakah bangsawan dari monarki lain di seluruh dunia telah diundang ke pernikahan tersebut.

Raja dan ratu telah menghadiri pernikahan kerajaan Putri Mahkota Victoria dari Swedia dan Daniel Westling pada 2010, serta Putra Mahkota Felipe dari Spanyol dan Letizia Ortiz pada 2004.

4 dari 4 halaman

Profil Putri Iman

Seperti banyak bangsawan lain, Putri Iman dilaporkan menyukai berkuda dan olahraga lain. Menurut Hello, dirangkum SCMP, ia telah berpartisipasi dalam pertunjukan kuda Kejuaraan Timur Tengah ketika berusia 12 tahun. Iman bahkan mengantongi hadiah juara kedua ketika menunggang kudanya Saqir.

Ketika Iman lulus dari Akademi Internasional Amman pada 2014, ia dinobatkan sebagai atlet putri terbaik di kelasnya. Meski ia adalah anak dari Raja Yordania, Putri Iman tidak berada dalam daftar penerus takhta karena hanya laki-laki yang "sehat secara mental" yang memenuhi syarat, menurut Royal Central.

Tetap saja, sang putri telah jadi perlengkapan reguler di sesi pemotretan resmi dan pertunangan kerajaan di dalam dan di luar negara asalnya. Di samping itu, sebagaimana ibunya, Putri Iman juga dikenal sebagai seorang ikon fesyen.

Di foto pertunangan resminya, misalnya, ia memilih gaun berleher tinggi yang indah. Sementara itu, calon pengantin prianya, Jameel, tampil necis dengan setelan jas navy dan kemeja putih bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.