Sukses

Pemakaman Jenazah di Luar Angkasa Makin Populer, Berapa Biayanya?

Selain manusia, jasa pemakaman jenazah di luar angkasa juga bisa untuk hewan peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring waktu, pilihan prosesi pemakaman tidak hanya muncul dalam bentuk konvensional. Dengan pemakaman jenazah di luar angkasa, mendiang orang yang dicintai dapat dikenang layaknya "bintang jatuh."

Dinilai semakin populer, dikutip dari Japan Today, Kamis (9/3/2023), layanan penguburan ruang angkasa terus bertambah. Bagi Tomoko Kasai, seorang veteran di industri pemakaman dan pendiri perusahaan Jepang yang menawarkan layanan pemakaman di luar angkasa, apa yang awalnya dianggap sebagai imajinasi itu akhirnya jadi kenyataan.

"Saya telah (berkecimpung dalam bisnis pemakaman) selama 20 tahun, tapi merasa ada sesuatu yang kurang," sebut pria berusia 62 tahun tersebut. "Kemudian, saya ingat bahwa sebagai seorang anak, saya ingin jadi bintang ketika saya meninggal, dan mendapat ide untuk menyediakan layanan pemakaman luar angkasa."

"Tapi, saya tahu sejak awal bahwa itu tidak dapat dilakukan di Jepang," imbuhnya

Kasai, yang mendirikan Space NTK pada 2017, mencari cara mewujudkan mimpinya dengan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (AS) untuk berpidato di konferensi industri luar angkasa. Di sana, ia bertemu seorang insinyur Jepang dari SpaceX, pembuat roket dan pesawat ruang angkasa milik Elon Musk, dan rencananya mulai berjalan.

Pada musim panas 2020, Kasai menerima telepon dari perusahaan Musk. "Saya diberi tahu, 'Tuan Elon ada di sebelah saya sekarang, dan ingin membantu Anda menyebarkan abu jenazah di luar angkasa,'" Kansai bercerita.

Ia menyambung, "'Saya sebenarnya sudah senang bisa mengirimkan sebagian dari abu (jenazah) seseorang, tapi Elon mengatakan abu seluruh tubuh juga bisa mengingat roket (SpaceX) besar. Karena ia menyarankannya, saya memutuskan melakukannya.'"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berapa Biayanya?

Kasai segera menandatangani kontrak untuk menempatkan muatan di Falcon 9 sebagai bagian dari Program SmallSat Rideshare SpaceX. Pada April 2022, Space NTK berhasil melakukan peluncuran pertama satelit Magokoro miliknya, menyebarkan abu jenazah lima orang dan lima hewan peliharaan, serta DNA dan pesan, sekitar 500 hingga 600 kilometer di atas permukaan Bumi, tempat mereka saat ini berada di orbit.

Biaya layanan pemakaman luar angkasa di Space NTK dibanderol mulai dari 550 ribu yen (hampir Rp62 juta) untuk 50 gram abu jenazah. Juga, terdapat layanan penyebaran abu jenzazah seluruh tubuh manusia, yang kira-kira 2 kilogram, mulai dari 7,7 juta yen (sekitar Rp867 juta). Perusahaan juga melayani pemakaman luar angkasa untuk hewan peliharaan.

Maki Tamura, yang anjingnya, Isshin, berada di antara muatan abu jenazah saat peluncuran April 2022, mengatakan bahwa ia ingin menggunakan metode penguburan luar angkasa yang tidak biasa untuk meningkatkan kesadaran akan anjing pelindung.

"Dengan mengembalikan (Isshin) ke alam agung, yaitu alam semesta, saya merasa kami akan bertemu lagi setelah saya meninggal," kata Tamura. "Saya sekarang merasa seperti sedang diawasi anggota keluarga tercinta saya setiap kali saya melihat ke langit malam."

 

3 dari 5 halaman

Akhir 2023

Dengan peluncuran Space NTK berikutnya yang direncanakan pada akhir 2023, Kasai mengatakan, ia akan membawa abu jenazah pelanggannya ke AS untuk memastikan semuanya beres. "Ini, tentu saja, tanggung jawab besar yang tidak bisa saya percayakan pada orang lain. Selama saya masih hidup, saya akan membawa (abu jenazah para pelanggan) secara pribadi," sebutnya.

Setelah roket diluncurkan dan tahap keduanya ditempatkan di orbit Bumi, pelanggan dapat melihat posisi orang yang mereka cintai secara real-time menggunakan kode QR yang disediakan. Begitulah, sampai ia masuk kembali ke atmosfer dan terbakar seperti bintang jatuh, sebuah perjalanan yang memakan waktu sekitar lima hingga tujuh tahun.

Meski metode penguburan jenis ini diklaim tidak menambah masalah sampah luar angkasa di atas Bumi, hal itu masih dapat menimbulkan masalah karena permintaan akan pengalaman akhir kehidupan yang unik terus meningkat.

"Bahkan, jika sisa-sisa itu tidak mengorbit dalam waktu lama, jika ratusan atau ribuan pemakaman luar angkasa dilakukan setahun, sisa-sisa itu bisa jadi puing-puing luar angkasa yang berbahaya," kata Alexander Wagner, asisten profesor astrofisika di University of Tsukuba's Center untuk Ilmu Komputasi.

Salah satu konsekuensi yang mungkin muncul dari peningkatan puing-puing ruang angkasa adalah mempercepat degradasi Teleskop Luar Angkasa James Webb, yang "secara teratur dihantam oleh 'micrometeoroids,'" katanya.

 

4 dari 5 halaman

Layanan Seizenso

Namun demikian, menyebarkan abu jenazah ke orbit di atas Bumi bukan satu-satunya layanan pemakaman luar angkasa yang ditawarkan. Space NTK juga bermitra dengan perusahaan AS Space Perspective untuk mengadakan pemakaman hidup atau dikenal sebagai "seizenso" di Jepang.

Bentuk upacara ini, yang diadakan untuk seseorang saat mereka masih hidup, dipilih beberapa orangtua Jepang untuk meringankan beban anak-anak mereka dalam mengatur pemakaman setelah mereka meninggal.

Kasai mengatakan, Space NTK telah memesan 64 kursi dengan Space Perspective untuk perjalanan pada 2026 dan 2027 guna mengadakan seizenso. Paket tersebut, seharga mulai dari 175 ribu dolar AS (sekitar Rp2,7 miliar) per orang, termasuk penerbangan pulang pergi Jepang-AS, menginap di hotel mewah, dan dukungan penuh bahasa Jepang.

Tidak seperti roket, tidak diperlukan pelatihan khusus untuk menaiki kapsul yang dibawa balon stratosfer yang akan membawa penumpang dalam perjalanan enam jam ke tepi ruang angkasa di atas 99 persen atmosfer bumi dan sebaliknya.

"Siapa pun yang secara fisik mampu terbang ke AS dapat melakukan perjalanan ini. Orang-orang dapat pergi sebagai keluarga, bahkan mengadakan upacara pernikahan di sana," kata Kasai.

 

5 dari 5 halaman

Layanan Pemakaman di Bulan

Space NTK juga menyediakan layanan pemakaman di bulan yang akan diadakan pada akhir 2023. Pihaknya bekerja sama dengan perusahaan Jepang yang mengembangkan penjelajah bulan, sesuatu yang hanya dicapai perusahaan penerbangan luar angkasa AS Celestis Inc hingga saat ini.

Celestis, yang telah menyelesaikan pemakaman luar angkasa untuk lebih dari 1.000 keluarga dari lebih dari 20 negara sejak memperkenalkan layanan tersebut pada 1997, juga berencana meluncurkan penerbangan penguburan pertama ke luar angkasa pada awal Mei 2023 dengan roket Vulcan baru dari United Launch Alliance, menurut perusahaan.

"Enterprise Flight membawa abu jenazah, DNA, dan Celestis MindFiles akan menjadi pos terdepan umat manusia di luar sistem Bumi-Bulan," kata juru bicara perusahaan.

Di antara kapsul penerbangan yang akan memasuki orbit stabil mengelilingi Matahari adalah abu pencipta Star Trek Gene Roddenberry dan istrinya Majel, dan Philip Chapman, astronot kelahiran Australia pertama dan ilmuwan misi Apollo 14, menurut pers melepaskan.

Sementara kapsul pada dasarnya akan memulai perjalanan melalui ruang antarplanet, alam semesta dan waktu akan menentukan nasib mereka. Wagner mengatakan, karena kehilangan energi di dunia nyata, "keseimbangan nyata, seperti orbit stabil tanpa batas waktu, tidak pernah benar-benar ada."

Meski demikian, bagi Kasai, daya pikat ruang angkasa tidak pernah surut. Impiannya untuk mengirim abu jenazahnya ke tempat yang sangat luas setelah ia meninggal tetap tidak berubah. "Akhirnya saya ingin kembali ke tempat asal saya. Saya yakin tempat itu bukan Bumi atau laut, tapi alam semesta," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.