Sukses

Foto Paspor Beda Jauh dari Wajah Asli, Model Ukraina Sempat Ditolak Masuk Malaysia

Seorang model asal Ukraina menggunakan foto dengan riasan di paspornya yang terlihat sangat berbeda dengan wajah aslinya.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perempuan Ukraina yang berprofesi sebagai model mengaku dicegah masuk Malaysia setelah petugas imigrasi membandingkan wajah aslinya terlihat sangat berbeda dari foto paspornya. Kejadian itu dialami oleh Tatiana Lin (24) yang kini berdomisili di Taiwan, dikutip dari The Sun, Rabu, 22 Februari 2023.

Dia menjelaskan perbedaan mencolok itu karena ia menggunakan riasan di foto paspornya. Sedangkan ketika terbang, wajahnya sedang bersih tanpa riasan sedikit pun.

Tatiana Lin kemudian membagikan fotonya tanpa make-up di Instagram story-nya, menjelaskan apa yang terjadi pada dirinya. Dalam aksara Cina, dia menulis, "Saya baru saja tiba di Malaysia. Petugas imigrasi bandara tidak mengizinkan saya masuk, mereka mengatakan saya terlihat berbeda dari paspor saya."

Tatiana bercanda bahwa dia dapat memahami mengapa petugas imigrasi dapat berpikir demikian. "Ini sedikit berbeda," ujarnya ketika membandingkan fotonya tanpa dan dengan riasan. 

Untungnya, Tatiana dan kekasihnya, aktor Taiwan Hero Tai (36), berhasil diizinkan masuk ke negara itu. Tak lama, Tatiana membagikan lebih banyak foto dari liburannya di Malaysia melalui media sosialnya. Ia mengunggah foto dan video yang memperlihatkannya saat sedang makan mi, bermain air di kolam renang, dan menikmati makanan mewah bersama pasangannya.

Tatiana bukan satu-satunya orang yang pernah mengalami masalah paspor karena riasannya. Perizinan paspor dapat ditolak jika seseorang menggunakan terlalu banyak riasan, hingga dapat mengubah bentuk wajah atau warna kulit. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Umum Pada Foto Paspor

Salah satunya penggunaan eyeliner yang bersayap dan berwarna gelap. Riasan itu bisa membuat aplikasi ditolak karena mengubah bentuk mata seseorang. Eyeliner yang berkilau juga harus dihindari karena dapat menghambat peluang perizinan paspor untuk  diterima. 

Menurut pendapat ahli yang dikutip dari passport-photo.online, "Alasannya karena hal itu tidak hanya akan mengubah tampilan mata Anda, tetapi juga akan menyebabkan foto itu menjadi silau, yang membuatnya tidak dapat dibaca oleh teknologi kecerdasan buatan."

Tindikan wajah juga dapat memengaruhi teknologi yang membaca paspor Anda, jadi sebaiknya tinggalkan, jika memungkinkan. Kantor Paspor Inggris menerima beberapa tindikan seperti anting di hidung dan bibir, tetapi hanya ukuran kecil yang diperbolehkan. Tindikan besar apa pun akan menutupi wajah dan menimbulkan bayangan, yang berarti memengaruhi alat biometrik di  perbatasan bandara.

Semprotan kulit yang dapat membuat warna kulit lebih cokelat, atau spray tan, juga dapat membuat  paspor Anda  berisiko ditolak, terutama jika warnanya jauh dari warna asli kulit Anda. Pedoman penting untuk riasan foto paspor adalah memilih produk untuk kulit Anda yang sangat mirip dengan kulit Anda, jadi pastikan Anda mendapatkan warna  cokelat palsu yang tepat.

3 dari 4 halaman

Atura Foto Paspor di Berbagai Negara

Dengan kata lain, foto paspor harus menunjukkan penampilan alami sang pemilik. Jika Anda ingin menggunakan riasan pada foto paspor Anda, gunakanlah riasan yang natural dan tidak berlebihan, serta tidak mengubah penampilan alami Anda.

Dikutip dari situs imigrasi.go.id, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sesi foto paspor. Di antaranya, menggunakan pakaian yang rapi dan berkerah, serta disarankan untuk tidak menggunakan baju berwarna putih karena latar belakang foto paspor juga berwarna putih. Pemohon paspor juga diiminta memastikan rambutnya tidak menutupi telinga, dahi, dan mata. 

Sementara di Australia, pemerintah setempat melarang foto paspor dengan memakai kacamata. Hal itu karena foto dengan kacamata berdampak buruk pada pencocokan wajah paspor. Pencocokan lebih akurat tanpa kacamata. "Aturan baru itu semakin memperkuat integritas paspor Australia", demikian menurut Australian Passport Office seperti dikutip dari News.com.au, Minggu, 28 Mei 2018.

Sementara, sebuah studi yang dilakukan University of York mengungkapkan bahwa mengganti ekspresi wajah -- dari netral ke senyum menyeringai -- dapat membantu mencegah penipuan atau pemalsuan identitas. Menurut peneliti, potret senyum seseorang dapat lebih mudah diidentifikasi.

"Foto ID adalah bagian paling vital dari identitas seseorang dan kita tahu bahwa otak manusia sulit untuk mencocokkan dua objek yang terlihat nyaris sama," kata Dr Mila Mileva dari jurusan psikologi, sebagaimana dikutip dari Independent, Selasa, 10 Juli 2018.

4 dari 4 halaman

Berhasil Liburan di Malaysia

Setelah masalah foto paspornya tuntas, Tatiana Lin bersama kekasihnya, Hero Tai berhasil memasuki Malaysia dengan aman. Melalui akun Instagram pribadinya, Tatiana Lin membagikan foto dan video yang menunjukkan berbagai momen keseruan liburannya. Dia tampak berpindah-pindah dari satu hotel mewah ke hotel lainnya di daerah Sabah, Malaysia. 

Pada Jumat, 17 Februari 2023, Tatiana mengunggah sebuah video yang diambil menggunakan drone saat ia dan pasangannya sedang berada di kolam renang di Hotel Shangri-La Rasa Ria, Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Tiga hari setelahnya, ia membagikan video ketika ia dan suaminya sedang bersulang di Hotel Shangri-La, Tanjung Aru.

Tatiana tampak menggenggam segelas cocktail, sementara Hero Tai menggenggam sebuah kelapa muda. Video tersebut terlihat romantis dengan cahaya matahari terbenam sebagai latarnya. Terakhir kali dilihat pada Instagram storynya pada 22 Februari 2023, Tatiana tampak mengabadikan asyiknya menikmati pantai dan juga menyelam di laut lepas di Timba Timba Island, Malaysia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.