Sukses

Foto Rose BLACKPINK Diedit Jadi PSK di Drama China

Adegan di mana foto Rose BLACKPINK diedit jadi PSK semula dihapus tanpa adanya permintaan maaf.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah drama China menuai kemarahan warganet lantaran memakai foto Rose BLACKPINK secara tidak pantas. Tayangan berjudul Justice in the Dark ini menayangkan adegan di mana dua pria "memilih" gadis pekerja seks komersial (PSK).

Mengutip Koreaboo, Selasa, 21 Februari 2023, drama tersebut dengan cepat menuai protes para penggemar K-pop ketika mereka menyadari bahwa foto main vocalist BLACKPINK ini diedit jadi salah satu PSK di drama tersebut. Unggahan Weibo yang mengkritik acara tersebut dengan cepat jadi viral. 

"Konyol… fotonya dipotret menjadi drama rumah tangga sebagai 'pekerja seks.' Apakah ini pantas?" tulis seorang pengguna Weibo.  Rose mengunggah foto aslinya ke akun media sosialnya bertahun-tahun lalu.

Foto tersebut telah disunting untuk digunakan dalam drama, tapi sebagian besar masih dapat dikenali sebagai pelantun lagu On the Ground tersebut.

Dalam adegan yang dimaksud, kedua karakter membahas kemungkinan menyewa jasa PSK. "Berapa pengeluaran minimum bagi saya untuk memilih PSK yang saya inginkan?" tanya salah satu pria. 

"Silakan lihat foto-fotonya dulu," balas pria satunya. "Foto-foto ini sangat diedit, bahkan ibu mereka tidak akan dapat mengenalinya," sambung pria yang pertama.

Tentu saja warganet dibuat geram dengan hal tersebut. Tim drama China itu juga awalnya tidak membahas masalah ini, tapi malah menghapus adegan tersebut.

"Bisakah mereka meminta maaf?" komentar yang lain.  "Apakah mereka berpura-pura tidak terjadi apa-apa hanya dengan menghapus adegan itu? Apakah mereka tidak akan meminta maaf dan memberikan penjelasan?" sambung yang lain. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Maaf

Sangat banyak warganet yang marah bahkan setelah pihak produksi drama China itu menghapus adegan. "Mengapa mereka tidak menghormati wanita? Haruskah mereka bisa diam-diam menghapus adegan itu dan lolos tanpa meminta maaf? Tim produksi harus keluar dan meminta maaf," kata pengguna Weibo lainnya.

Kritik mendalam tersebut memicu tim seni dan desain drama tersebut merilis permintaan maaf secara publik. Permintaan maaf itu diunggah ke Weibo pada 21 Februari 2023.

"Kami adalah tim seni dan desain untuk drama Justice in the Dark. Karena kelalaian tim kami, kami sembarangan menggunakan foto Nona Park Chaeyoung (Rose) saat membuat gambar untuk penggunaan drama. Tindakan ini berdampak negatif pada citra dan reputasi Nona Park Chaeyoung (Rose)," tulisnya pihak drama Justice in the Dark.

Lebih lanjut perwakilan perusahaan tersebut dengan "tulus" meminta maaf pada Rose, para penggemarnya, perusahaan produksi, platform penyiaran, dan pemirsa. Setelah kejadian tersebut, perusahaan produksi dan platform penyiaran langsung menghapus media terkait. 

 

3 dari 4 halaman

Tak Ingin Mengulangi

Lebih lanjut tim produksi drama mengatakan, "Kami berterima kasih pada penggemar karena menunjukkan hal ini. Di masa mendatang, kami akan melakukan pekerjaan kami dengan lebih ketat untuk mencegah insiden serupa. Saat ini, agensi kami secara aktif menghubungi agensi Nona Park Chaeyoung (Rose) sehingga kami dapat meminta maaf dengan tulus padanya."

"Terakhir, kami sekali lagi meminta maaf kepada Nona Park Chaeyoung (Rose), penggemarnya, tim produksi, dan platform penyiaran," tutup pihak Produksi rama.

Syukurlah, sebagian besar penggemar telah menyatakan pengampunan mereka dan menerima permintaan maaf yang cepat. Terlepas dari itu, mereka masih berharap drama di masa depan menunjukkan rasa hormat yang lebih pada wanita dan selebritas wanita.

Mengutip kanal Regional Liputan6.com, 9 November 2023, Rose merupakan personel BLACKPINK yang lahir pada 11 Februari 1997 di Auckland, New Zealand. Rose memiliki nama lahir Roseanne Park.

4 dari 4 halaman

Sosok Rose BLACKPINK

Selain jadi personel BLACKPINK, Rose juga mempunyai kepribadian yang lucu dan membuat para penggemar sering kali gemas padanya.  Rose juga tumbuh besar di Melbourne, Australia dan pernah bersekolah di Canterbury Girls Secondary College. Ia bisa masuk YG Entertainment setelah mengikuti audisi di Australia dan mendapati peringkat pertama dalam audisi.

Rose kemudian pindah ke Korea Selatan saat harus jadi trainee di sana dan berlatih selama 4 tahun 2 bulan. Rose dikenal sebagai personel yang memiliki suara unik.

Ia juga pernah berkolaborasi dengan G-Dragon untuk lagu Without You. Rose tak cuma pintar menyanyi, tapi juga mahir bermain gitar dan piano.

Rose sangat suka makan, khususnya semur kimchi dan mangga. Walau tidak suka alpukat, ia mempunyai boneka alpukat dari New York. Dia juga dikenal sebagai personel yang sangat sensitif dan mudah menangis. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.