Sukses

Ragam Jamu Khusus Pria, Bisa Tingkatkan Stamina sampai Atasi Disfungsi Ereksi

Jamu bisa mencegah, dan menyembuhkan berbagai penyakit., termasuk jamu khusus untuk pria.

Liputan6.com, Jakarta - Jamu merupakan minuman tradisional dan berkhasiat dari Indonesia. Sebagai minuman kesehatan, jamu bisa mencegah, dan menyembuhkan berbagai penyakit., termasuk jamu khusus untuk pria.

Jamu disajikan dengan berbagai jenis, mengingat di Indonesia memiliki tanaman herbal cukup banyak. Setiap daerah mempunyai jenis jamu yang berbeda, menyesuaikan dengan tanaman herbal yang tumbuh didaerahnya.

Melansir laman Indonesia.go.id, sejak pertama kali masyarakat Indonesia menggunakan jamu sebagai minuman kesehatan hingga saat ini, pengolahan jamu berdasarkan ilmu yang diajarkan secara turun-menurun. Ada berbagai jenis jamu di Indonesia, salah satunya jamu khusus pria.

Biasanya ada berbagai macam rempah yang menjadi bahan jamu khusus untuk pria. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan herbal maupun rempah yang bisa dipakai sebagai jamu kuat dan kesehatan untuk pria.

1. Ginseng

Akar ginseng dapat digunakan sebagai tonik dan afrodisiak, bahkan dapat dikatakan sebagai obat untuk semua. Namun riset tidak memastikan seberapa baik kerjanya, karena sebagian kesulitan dalam mendefinisikan vitalitas dan kualitas hidup.

Studi yang dilakukan oleh pihak Mayo Clinic menemukan bahwa ginseng secara alami menstimulasi aktivitas fisik sekaligus mental orang-orang yang sedang capai atau dalam kondisi lemah. Tidak heran jadinya kalau ginseng dalam bentuk jamu, vitamin atau suplemen sangat populer di kalangan masyarakat untuk dibeli dan dikonsumsi setiap hari.

Sejumlah ilmuwan asal Korea Selatan melancarkan sebuah penelitian pada tahun 2002 silam terhadap pria penderita kondisi disfungsi ereksi. Hasil akhirnya menunjukan bahwa 60 persen penderita yang rajin mengonsumsi ginseng kondisinya lambat laun menjadi lebih baik dari sebelumnya. Temuan mereka didukung oleh hasil riset di negara Barat yang mana turut dipublikasikan dalam British Journal of Clinical Pharmacology.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pasak Bumi

Herbal ini biasanya ditemukan di hutan-hutan Kalimantan dan Malaysia. Herbal bernama latin Eurycoma longifolia ini memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina dan pembentukan otot serta menambah energi. Herbal ini juga kerap jadi jamu kuat untuk pria. Pasak bumi juga kerap dicari oleh mereka yang menderita disfungsi ereksi.

Ekstrak pasak bumi mudah diserap dalam tubuh karena mengandung oil based. Penggunaan sesuai dosis anjuran mampu memberikan efek juga memelihara suasana hati (mood).

3. Klabet atau Fenugreek

Tanaman ini termasuk dalam golongan rempah. Biasanya ini dipakai sebagai bumbu untuk pembuatan kare atau kari. Dalam urusan seks, klabet atau fenugreek ini digunakan untuk mengintensifkan gairah seksual dan orgasme. Wake Forest Baptist Medical Center mengungkapkan bahwa ekstrak herbal ini ada di dalam setidaknya sepertiga suplemen herbal untuk stamina pria.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, menemukan pria yang mengonsumsi suplemen mengalami peningkatan libido 82 persen (gairah lebih intens) setelah enam minggu. Terlebih lagi, 63 persen pria yang mengonsumsi fenugreek menikmati peningkatan kinerja seksual (orgasme yang lebih kuat), 67 persen mengatakan sup meningkatkan waktu pemulihan seksual mereka, dan bahkan meningkatkan kekuatan otot yang lebih besar, energi keseluruhan, dan kesejahteraan. Tidak ada peserta yang melaporkan efek samping negatif.

 

3 dari 4 halaman

4. Purwaceng

Purwaceng terkenal sebagai tumbuhan herbal yang banyak khasiatnya, mulai dari akar hingga ujung daun purwaceng sering dimanfaatkan untuk segala kebutuhan termasuk menjadi jamu.  Meskipun langka, tidak sedikit masayarakat yang gencar mencari tanaman purwaceng dan mengambil khasiatnya.

Melansir kanal Regional Liputan6.com, khasiat tanaman purwaceng mulai dari meningkatkan gairah seksual alais berefek seperti viagra hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.  Bagian tanaman purwaceng yang diambil untuk khasiat ini adalah akarnya. Akar purwaceng disebut memiliki sifat diuretika dan digunakan sebagai aprosidiak, sehingga dapat meningkatkan gairah seksual

5. Jahe Merah

Bahan herbal yang kerap ditemukan di Indonesia ini memiliki khasiat untuk stimulasi sirkulasi, meningkatkan stamina, serta melancarkan peredaran pada darah yg membuat pembentukan otot lebih baik dan lebih sempurna. Jahe merah juga dinilai menjadi pro-testosterone. Ini menjadikan jahe merah sangat cocok untuk dikonsumsi pria yang ingin meningkatkan kebugaran fisik dan stamina.

 

Jamu kuat selama ini dipercaya mampu menambah vitalitas dan stamina mereka yang mengkonsumsinya. Namun, ternyata istilah jamu kuat tidak benar-benar menunjukkan makna yang sebenarnya.

"Jamu kuat itu hanya istilah promotif," ujar Ketua DPD Gabungan Pengusaha Jamu Daerah Istimewa Yogyakarta Bambang Purnomo, di sela-sela Festival Minum Jamu yang digelar di Plasa Ngasem Yogyakarta, mengutip kanal Regional Liputan6.com, Sabtu (17/2/2018).

4 dari 4 halaman

Jamu Kuat

Ia menyatakan hal itu berdasarkan pengalaman pribadinya. Jamu terbuat dari bahan baku herbal tidak akan pernah langsung meningkatkan stamina secara instan. Racikan yang biasa disebut jamu kuat biasanya terbuat dari akar-akaran, seperti purwoceng, pasak bumi, dan sebagainya.

Bambang pernah mencoba ramuan itu. Hasilnya, ia justru mengantuk. "Diminum malah bawaannya ngantuk," ucapnya. Kemudian ia menyadari, khasiat jamu kuat itu justru muncul karena tubuh dipaksa beristirahat dengan tidur. Setelah tidur, lelah tubuh terobati dan secara otomatis stamina meningkat.

Bambang menuturkan istilah jamu kuat yang kerap beredar dan hasilnya instan justru merujuk pada obat kuat. Obat yang terbuat dari bahan kimia itu justru membahayakan tubuh, bahkan bisa mengakibatkan serangan jantung.

Bambang menilai kebanyakan orang justru mengabaikan tumbuhan yang bisa dibuat jamu. Padahal tanaman itu banyak ditemui di lingkungan sekitar. "Banyak orang menyepelekan, hanya dianggap tanaman liar, dibuang atau dibakar," tuturnya. Ia menyebutkan ada sekitar 13.000 tanaman bahan baku jamu yang bisa mengobati berbagai penyakit di Indonesia.

Persoalannya, banyak orang yang belum tahu manfaat tanaman-tanaman yang berkhasiat sebagai jamu. Daun meniran, misalnya, bisa untuk menyembuhkan batu ginjal, akar rumput alang-alang dapat mengobati darah tinggi, dan tapak liman untuk sakit keputihan atau jamu wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.