Sukses

Mengintip Tren Koleksi Busana Syar’i dari Si.Se.Sa

Liputan6.com, Jakarta - Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Si.Se.Sa kembali hadir mengadakan annual fashion show. Bertajuk "True Colors," acara tersebut berlangsung di Opus Grand Ballroom, The Tribata, Jakarta Selatan.

Sesuai tema, koleksi tersebut menampilan warna-warna dasar dengan palet pastel dan gelap. Tidak kurang dari 91 set koleksi busana ditampilkan di atas landasan pacu.

"Identitas Si.Se.Sa adalah warna pastel. 'True Colors' adalah warna-warna pastel, tapi tentu saja tetap ada warna hitamnya, karena mayoritas orang menggunakan warna hitam," ujar Senaz Nasansia, Marketing Communication dan Finance Director Si.Se.Sa, dalam jumpa pers, Rabu, 23 November 2022.

"Inspirasinya banyak," ia menyambung. "Jadi, istilahnya kita selama sekian tahun mengumpulkan banyak ide-ide."

Lebih lanjut, Head of Creative Si.Se.Sa, Sansa Enandera menyebutkan bahwa pada koleksi ini, mereka ingin memperlihatkan suasana baru. Selain, juga menampilkan koleksi yang diprediksi akan jadi tren busana syar’i ke depan.

Menyempurnakan presentasi koleksi, jenama fesyen ini menggandeng Instaperfect untuk melengkapi riasan wajah para model. Makeup yang digunakan disebut lebih fokus pada bagian mata dan memiliki hasil akhir "kulit asli."

Sansa menjelaskan, pihaknya sempat ragu menggelar fashion show, mengingat pandemi masih berlangsung.

Anak terakhir dari tiga bersaudara itu juga menceritakan bahwa gelaran busana yang diadakan tahun ini dipersiapkan lebih cepat daripada acara serupa di tahun-tahun sebelumnya. Yang terbaru, mereka hanya menyiapkannya selama tiga bulan saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

91 Set Koleksi Busana

Peragaan busana tahunan Si.Se.Sa memilki 11 sequences yang menampilkan rancangan koleksi terbaru mereka. Susunannya, yakni:

1. Tranquille Collections

Menghadirkan variasi khimar panjang yang dipadankan dengan abaya maupun basic dress. Rangkaiannya memperlihatkan 18 tampilan.

2. Alfresco Collections

Koleksi terdiri dari delapan artikel ini dibuat dari bahan katun dengan motif print bunga yang memberi kesan tampilan segar. Dalam presentasinya, Aquene Aziz Djorghi dan Teuku Syaira ikut serta dalam pergaaan.

3. Monogram

Koleksi ini menampilkan motif dengan lambang Si.Se.Sa yang ditonjolkan pada tiga huruf, yaitu SSS, sehingga memberi kesan simpel dan ringan. Terdapat enam tampilan yang bisa digunakan pada tampilan ini.

4. Si.Se.Sa & Ti.Te.Ta Collections

Koleksi ini didesain untuk busana pasangan antara ibu dan anak. Warna yang ditampilkan terlihat cerah, sehingga memberi kesan lebih ceria. Terdapat total 13 tampilan dalam koleksi ini, dengan Priska Paramita turut hadir membawakannya.

5. Rustic Floral Collections

Masih dengan warna pastel, visual koleksi ini menampilkan corak floral print warna-warni. Angelina Sondakh tampil membawakan salah satu dari enam looks yang ada.

3 dari 4 halaman

6. Si.Se.Sa & Si.Se.Sa Man

Koleksi ini terdiri dari 12 looks yang diperuntukkan bagi pasangan. Citra Kirana, Rezky Aditya, Dini Aminarti, Dimas Seto, Annisa Tri Hapsari, dan Sultan Djorghi turut membawakan koleksi ini sebagai pasangan.

7. Sparklie Collections

Pada koleksi ini, model abaya yang sama, tapi memilliki warna berbeda diperlihatkan. Sesuai namanya, koleksi ini diberi glitter agar memberi kesan glamor.

8. Twin Collections

Koleksi yang menggunakan bahan tile dan ciffon ini memberikan pilihan look sebanyak empat pasang. Presentasinya berupa koleksi bernuansa glam.

9. Si.Se.Sa Violet

Sesuai namanya, busana yang diperagakan dalam seksi ini memiliki warna violet dengan hiasan kristal Swarovski. Aurel Hermansyah turut membawakan busana ini saat fashion show.

10. Black Collections

Presentasinya berupa busana yang sepenuhnya berwarna hitam dengan hiasan kristal Swarovski yang juga merupakan warna True Colors dari Si.Se.Sa. Salah satu model yang tampil adalah Inneke Kosherawati.

11. Brand Ambassador Collections

Koleksi ini dinilai cocok dipakai untuk acara khusus dengan dua tampilan, yang dibawakan Citra Kirana dan Priska Paramita.

4 dari 4 halaman

Potensi Pasar Fesyen Syar'i

Dunia fesyen sendiri telah mencatat perkembangan yang begitu cepat, terutama fesyen Muslim yang mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Melansir situs web Kementerian Perdagangan, Indonesia telah berbenah untuk jadi kiblat fesyen Muslim dunia.

Ini dilakukan dengan produksi produk dan desain yang netral guna memikat para pembeli, bahkan dari negara Muslim lain. Saat ini, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, berdasarkan laporan The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) pada 2021. 

Fakta itu kemudian membuat potensi pasar fesyen Muslim syar'i jadi kian besar, mulai dari sumber daya manusia, pasar, hingga desainer berkualitas. Ini terbukti dengan Indonesia jadi negara ketiga konsumen busana Muslim terbesar setelah Turki dan Uni Emirat Arab.

Penampilan Si.Se.Sa di Paris Fashion Week 2018 merupakan bukti ekspansi fesyen busana Muslim syar'i ke panggung mode dunia. Tidak hanya itu, jenama fesyen tersebut juga sempat jadi co-branding partner busana Muslim dengan Swarovski Austria.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS