Sukses

5 Alasan Sepeda Adalah Kendaraan Terbaik, Ramah Lingkungan dan Turunkan Berat Badan

Sepeda lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap dan hanya mengandalkan pedal untuk bergerak.

Liputan6.com, Jakarta - Bersepeda telah menjadi kegiatan yang semakin digandrungi sejak pandemi COVID-19 berlangsung. Anda mungkin salah satu yang menyadari bahwa olahraga satu ini masuk dalam olahraga paling hits selama dua tahun belakangan.

Mengendarai sepeda juga merupakan bentuk latihan, sehingga membantu Anda tetap bugar sambil memperkuat otot, mengatur jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bersepeda juga menjadi salah satu jenis olahraga yang relatif ringan sehingga cocok untuk pemula.

Meski terlihat sepele dan ringan, bersepeda memiliki segudang manfaat. Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada enam manfaat bersepeda secara rutin.

1. Ramah Lingkungan

Sepeda tidak mengeluarkan asap karena sepeda hanya mengandalkan pedal Anda untuk bergerak, ini menjadikannya sarana perjalanan yang paling ramah lingkungan. Dengan naik sepeda atau gowes kita ikur menjaga lingkungan dan mengurangi emisi dengan cara yang mudah dan menyehatkan.

Diperkirakan setiap galon bensin yang digunakan mobil melepaskan sekitar 2,33 kg CO2. Jadi jika tempat kerja atau toko kelontong Anda tidak jauh dari rumah, gunakan sepeda dan kurangi jejak karbon Anda.

2. Lebih Murah

Dengan sepeda, satu-satunya biaya yang akan Anda keluarkan adalah biaya pembelian dan perawatan. Sedangkan kalau memakai motor atau mobil, Anda harus mengisi bahan bakar kendaraan terus-menerus yang cukup mahal. Biaya perawatan dan perbaikan mobil pun tidak sebanding dengan biaya sepeda, karena bisa menjadi sangat mahal, terutama jika Anda perlu mengganti beberapa suku cadang.

3. Lebih Sosial

Saat bersepeda, Anda dapat berhenti dan berbicara dengan orang yang Anda temui di jalan. Namun, jika Anda mencobanya saat mengemudi, itu akan membuat kemacetan di jalan, dan mobil di belakang Anda akan mulai membunyikan klakson. Anda perlu menemukan tempat untuk memarkir kendaraan, yang mungkin tidak dekat.

Kalau lagi bersepeda, kita bisa berhenti dulu di pinggir jalan dan menikmati keajaiban lingkungan, seperti landmark atau bunga yang indah. Ini kan nggak mungkin bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor. Jadi, naik sepeda bisa bikin kita lebih bersosialisasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Lebih Tenang

Sepeda tidak terlalu berisik, dan lebih tenang. Pengendara tidak perlu membunyikan klakson saat ada orang di depannya. Cukup dengan membunyikan bel yang suaranya tentu tidak bising seperti klakson.

Sedangkan, mobil sangat bising karena volume klakson tunggal sekitar 80 desibel, dibandingkan dengan sepeda dengan sekitar 20 desibel. Beberapa kendaraan dibuat sedemikian rupa sehingga membuat kebisingan bahkan tanpa membunyikan klakson, yang merupakan gangguan besar.

5. Lebih Menyehatkan

Jika Anda ingin tetap bugar tanpa pergi ke gym, bersepedalah secara teratur. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dan juga membantu Anda tetap bugar dengan memperkuat otot dan melatih seluruh tubuh Anda. Ini karena Anda perlu menggunakan inti Anda untuk keseimbangan dan tangan serta kaki Anda untuk mengontrol sepeda. Jadi, sebagian besar tubuh Anda akan terlibat dalam olahraga.

Salah satu cara mudah menurunkan berat badam ya naik sepeda dengan rutin. Tapi pola makannya juga harus diperhatikan. Selain itu juga bisa mengurangi stees dan kecemasan, karena dengan bersepeda kita bisa menghirup udara segar, terutama di pagi hari di jalanan yang tidak terlalu ramai.

Kalau lagi libur, lebih baik kita bersepeda daripada duduk seharian di depan TV atau main game. Jadi kita bisa menjalani gaya hidup baru dengan bersepeda yang punya banyak manfaat.

3 dari 4 halaman

Gaya Berbeda

Salah satu merek sepeda yang bisa jadi pilihan adalah koleksi Barbour dan Bromoton  Barbour yang merupakan brand pakaian global dan terkemuka asal Inggris, kembali berkolaborasi dengan produsen sepeda yang juga asal Inggris, Brompton Bicycle. Barbour dan Brompton Bicycle mempersembahkan edisi terbatas koleksi 2022.

Koleksi ini mempertemukan dua merek asal Inggris dengan gaya yang berbeda. Brompton Bicycle yang khas dengan gaya hidup kota, bertemu dengan Barbour dengan gaya pakaian outdoor. Kolaborasi kedua ini menghadirkan koleksi sepeda dan tas dengan warna khusus.

Kolaborasi Barbour X Brompton kali ini, adalah C Line Explore dengan beberapa tas dalam berbagai ukuran. C Line Explore yang dibawa Brompton ke dalam kolaborasinya bersama Barbour dikhususkan untuk perjalanan dengan pengaturan enam gear dan tambahan sadel Brooks C17.

Menurut Country Manager Brompton Bicycle Indonesia, Kevin Wijaya, dalam peluncuran virtual koleks terbaru kolaborasi Barbour X Brompton, Jumat, 11 November 2022, , model sadel tersebut cocok digunakan di segala cuaca ketika kita mengendarai Brompton. "Sadel Brooks yang berwarna abu-abu dan custom serial plate dari sepeda ini pun terinspirasi dari bangunan mercusuar yang ada di sepanjang pantai South Shields area Timur Laut Inggris," jelasnya. "Untuk sentuhan akhir, ada edition specific gold decals yang melengkapi tampilan natural dari sepeda ini," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Tas Sepeda

Anda yang membeli koleksi Barbour X Brompton C Line Explore juga akan mendapatkan koleksi tas Barbour X Brompton yang dikhususkan untuk menyempurnakan tampilan ketika gowes di akhir pekan atau jalanan kota.  Kevin menjelaskan, ada tiga tas yang dihadirkan dalam Barbour X Brompton, yang dua tas di antaranya termasuk ke dalam paket pembelian.

Dua tas yang bisa diboyong bersamaan dengan C Line Explore adalah Wax Holdall yang dirancang ulang dengan ukuran 24 liter untuk bagian depan Brompton. Kompartemen ini diproduksi dengan material 10oz wax cotton yang tahan lama ditambah motif tartan klasik beserta handle grip berbahan kulit.

Mereka juga menghadirkan Wax City Bag yang bisa dibeli secara terpisah dengan material 10oz wax cotton. Wax City Bag ini dirancang dengan perangkat keras kuningan dan trim kulit sehingga aman ditempatkan di bagian depan sepeda dan bisa dibuka dalam hitungan menit. "Wax City Bag memiliki kapasitas 12 liter dan bisa digunakan untuk memuat laptop," ucap Kevin.

Khusus untuk pelanggan yang membeli Barbour X Brompton di Indonesia, koleksi ini menghadirkan Special Indonesia Launch Package. Menurut Kevin, penawaran ini menyertakan bike tag dan sertifikat dengan tanda tangan dari CEO Brompton Bicycle, Will Butler-Adams, dalam paket penjualan.

Untuk harganya, C Line Explore dibanderol dengan nominal Rp46.650.000 beserta tambahan Wax Holdall dan Zip Pouch. Sementara, Wax City Bag yang dijual terpisah dari tiga item tersebut dibanderol dengan harga Rp4.500.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.