Sukses

Imbas Insiden Temu Sehun EXO di Mal, Tagar Whitelab Apologize Bergema di Twitter

Acara pertemuan Oh Sehun EXO yang diinisiasi oleh brand kosmetik lokal Whitelab diwarnai beragam insiden, mulai dari buket bunga hingga penonton yang pingsan.

Liputan6.com, Jakarta - Oh Sehun akhirnya datang ke Jakarta dan tampil menemui penggemarnya pada Minggu, 6 November 2022. Maknae grup idol EXO itu tampil sebagai brand ambassador Whitelab, brand kecantikan lokal.

Sehun sudah berangkat ke Indonesia sejak Sabtu, 5 November 2022. Kehadiran pria yang dijuluki Scientist Ganteng itu dinantikan penggemarnya yang datang berbondong ke Mal Central Park, Jakarta Barat.

Sebelum acara Meet and Greet Whitelab bersama Sehun EXO digelar, para EXO-L terus saling mengingatkan agar sesama penggemar tetap tertib saat menghadiri acara tersebut. Hal ini menyusul konser NCT 127 yang harus dihentikan karena sejumlah fans yang bertindak rusuh.

EXO-L bahkan berjanji bakal menghormati ruang pribadi Sehun. Mereka juga memberitahu untuk mengikuti semua instruksi keamanan yang disampaikan staf venue dan Whitelab.

Nyatanya, acara yang dibuka untuk umum tak lepas dari insiden. Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, jumlah penggemar yang hadir dikabarkan mencapai 20 ribu orang.

Di media sosial viral video kerumunan fans EXO memenuhi setiap lantai mal. Di luar, kondisi antrean untuk memasuki area mal juga padat dan mengular.

"Whitelab selaku penyelenggara sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengantisipasi keramaian di venue, karena antusiasme pengunjung sangat besar dan terus memenuhi area dalam maupun luar mall," ungkap penyelenggara via akun Twitter resmi mereka @whitelab_id, Minggu malam, 6 November 2022.

Karena kerumunan yang besar, polisi meminta acara ini dibubarkan sebelum waktunya untuk menghindari hal buruk. Alhasil, pelantun lagu "Growl" ini hanya menyapa penggemar tak lebih dari 10 menit.

"Demi alasan keselamatan dan keamanan, pihak berwajib meminta kami untuk mempersingkat jalannya event karena kondisi sudah tidak kondusif," papar pihak Whitelab Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuntutan Pengembalian Uang

Kejadian itu membuat fans club Sehun meradang. Mereka mengeluarkan pernyataan yang menuntut Whitelab bertanggung jawab. Dikutip dari Twitter @OhSehunGlobal, Senin (7/11/2022), brand kosmetik itu diminta untuk meminta maaf kepada para fans Sehun, termasuk para konsumen, dan juga kepada Sehun yang terbang jauh dari Korea Selatan untuk menemui penggemarnya tetapi diakhiri karena kesalahan manajemen dan ketidaknyamanan.

"2. FULLY REFUND all the VIP fans (Golden Ticket holders) (Pengembalian dana penuh untuk semua fans VIP (pemegang tiket emas)," sambung akun tersebut.

Dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan, mereka menjelaskan bahwa para pemegang tiket emas yang sudah datang ke mal, tiba-tiba diminta untuk pindah lokasi yang jauh dari titik awal. Mereka membutuhkan waktu untuk bisa tiba di sana, tetapi pihak Whitelab disebut sudah mengakhiri acara tanpa menunggu para tamu.

Mereka juga menuding pihak Whitelab membiarkan tamu non-VIP untuk menemui Sehun, dan mengabaikan keberadaan para pemegang tiket emas tanpa kesempatan menemui idolanya. Whitelab menyebar 100 tiket emas ke beberapa chanel penjualan dengan iming-iming mereka bisa mendapatkan tempat duduk khusus dan berinteraksi dalam permainan dengan Sehun.

3 dari 4 halaman

Penonton Pingsan

Dalam surat terbuka itu, pihak fans club juga menyebut ada insiden penonton pingsan. Namun, pihak penyelenggara tidak menyiapkan bantuan medis untuk mereka sehingga relawan yang mengaku dari Xunqi_Indonesia turun tangan.

Saat memberikan bantuan, pihak panitia justru meminta mereka berhenti. Pihak panitia juga meminta fans memberikan obat-obatan dan air karena mereka tidak menyiapkan hal itu.

"Staf WL (Whitelab) membentak sukarelawan Xunqi_Indonesia yang membantu para penggemar (memperlakukan mereka seperti pekerja tanpa bayaran)," bunyi pernyataan tersebut.

Selain itu, mereka menyoroti kesalahan komunikasi antara pihak petugas keamanan dan petugas medis yang dikatakan 'sangat tidak responsif'. Karena itu, sukarelawan mencoba membantu pengunjung yang membutuhkan bantuan semaksimal mungkin.

Insiden itu bisa terjadi karena lokasi acara yang tidak memadai meski penggemar Sehun sudah mewanti-wanti soal itu. Selain itu, kontrol kerumunan juga kurang dan tidak semua lantai dijaga petugas keamanan. Belum lagi tak ada pembatas untuk mengatur fans yang ingin melihat Sehun dari lantai atas.

4 dari 4 halaman

Insiden Buket Bunga

Kekesalan lain dilontarkan para penggemar Sehun, yakni soal buket bunga yang dikirimkan oleh para penggemar Sehun. Mereka sudah meminta berulang kali agar bisa menyampaikan buket bunga itu ke lokasi secara tepat waktu dan disampaikan langsung kepada Sehun.

"Mengecewakan mengetahui bahwa buket, surat & spanduk yang dimaksudkan untuk Sehun akhirnya digunakan untuk foto oleh staf..," cuit akun Twitter itu seraya menyertakan foto staf yang dimaksud.

Atas berbagai keluhan, Whitelab melalui akun Twitter resminya menyatakan 'terima kasih atas antusiasme menyambut Oh Sehun'. Mereka mengaku sudah berusaha maksimal untuk mengantisipasi keramaian di venue karena antusiasme pengunjung yang sangat besar dan terus memenuhi area di dalam dan luar mal.

Akibatnya, pihak berwajib meminta mereka mempersingkat acara tersebut. "Melalui pernyataan ini, kami ingin meminta maaf kepada seluruh fans yang telah hadir serta mengapresiasi fans yang tertib mengikuti arahan selama acara berlangsung. Mohon maaf jika acara ini belum maksimal dan akan menjadi pelajaran buat kami," demikian bunyi pernyataan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.