Sukses

Ada Festival Belanja Sambil Berkeliling Dunia di Jakarta, Semua Generasi Bisa Ikut

Pengunjung salah satunya bisa merasakan suasana bazar ala di Istanbul, Turkiye, tanpa harus keluar Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan ritel PT. Supra Boga Lestari Tbk merayakan ulang tahun ke-24 di tahun ini. Momentum ulang tahun ini dirayakan dengan acara yang unik dan belum pernah diadakan sebelumnya yaitu Market Hopping.

Acara ini diselenggarakan pada 10--23 Oktober 2022 di Senayan Park, Jakarta Pusat. Mengikuti tradisi acara sebelumnya, perusahaan ritel ini kembali mengajak partner brand lokal maupun internasional untuk berkolaborasi. Sebanyak 40 tenant diundang untuk meramaikan acara festival belanja tersebut.

Program Market Hopping ini resmi diluncurkan pada Rabu, 12 Oktober 2022. Area Ground Floor dan Lower Ground Senayan Park 'disulap' menjadi enam bagian pulau untuk mewakili enam brand dengan masing-masing area di dekorasi sesuai dengan temanya "Famous Markets Around the World."

Lewat acara ini, para pengunjung seperti diajak berkeliling dunia meski hanya di Jakarta, karena beberapa area di Market Hopping menampilkan tema dari sejumlah negara. Di Area Ranch Market misalnya, mereka terinspirasi dari Pike Place Market di Seattle, Amerika Serikat (AS), sedangkan area The Gourmet terinspirasi dari Grand Bazaar di Istanbul, Turkiye, dan Chelsea Market di New York City, AS.

Berbeda lagi dengan area Pasarina mengambil inspirasi dari pasar di Jawa Tengah, yakni Pasar Triwindu Solo, dan area Farmers Market menyadur Pasar Kumandang di Wonosobo. Khusus untuk Pasarina, mereka menyediakan ruang bagi para UMKM untuk menampilkan produk-produk mereka dalam periode waktu tertentu. Bidangnya pun beragam, mulai dari aksesori, fesyen, kerajinan sampai kuliner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seleksi UMKM

"Untuk UMKM, kita kurasi dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang kita anggap sesuai pasarnya di tempat perbelanjaan ini. Kita juga kerja sama dengan Sarinah Thamrin buat menyeleksi UMKM yang kita anggap tepat untuk bisa display produk mereka," terang Maria Suwarni, Chief Merchandising & Marketing Officer PT. Supra Boga Lestari di Senayan Park, Rabu, 12 Oktober 2022.

"Untuk jangka waktunya bisa sekitar tiga bulan atau lebih, tergantung dari kesepakatan kita. Setelah di Pasarina, mereka juga bisa saja membuka gerai di Sarinah nantinya yang saat ini sangat fokus pada UMKM," lanjutnya.

Di sisi lain, area Day2Day pendekatannya diambil dari inspirasi gaya hidup anak muda, sedangkan area Farmers Family menyasar kepada pengunjung yang merupakan keluarga muda. Market Hopping 2022 ditujukan untuk menjadi tempat berbelanja dan rekreasi segala generasi, mulai dari Baby Boomers, Gen X, Millennials, Gen Z, hingga Gen A.

Meshvara Kanjaya selaku CEO PT. Supra Boga Lestari Tbk menjelaskan tema kreatif di baliknya. "Kami ingin membuat gebrakan baru dan menyajikan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya, lalu ide Market Hopping pun lahir. Konsep hopping dari satu pasar ke pasar lain membuat para pengunjung dapat mengenal brand kami lebih dekat," terang dia.

 

3 dari 4 halaman

Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat

"Selain itu, karakteristik masing-masing brand yang bervariasi sekaligus menunjukkan bagaimana supermarket kami siap untuk melayani setiap lapisan masyarakat," sambungnya. Lewat acara ini, Maheshvara berharap bisa memperkuat komitmen perusahaan sebagai platform berbelanja yang senantiasa berkembang seiring perubahan zaman agar terus relevan dengan kebutuhan masyarakat.

"Tujuan kami adalah memperkenalkan seluruh brand dengan masing-masing keunikannya agar customer lebih mengenal brand favorit mereka. Mulai dari konsep store, in store activation, assortment produk, dan lainnya akan didesain dengan segar dan menarik untuk menghadirkan pengalaman berbelanja tak terlupakan," ungkapnya.

Selain itu, akan ada banyak promo yang dijalankan di seluruh outlet Ranch Market. Salah satunya adalah program cashback sebesar Rp200 ribu pada 20 Oktober 2022 yang ditujukan untuk seluruh member mereka.

Pengunjung yang sudah menjadi member aplikasi MyTRUST berkesempatan memenangkan hadiah dengan mengikuti berbagai gim seru. Anda juga bisa mendapatkan diskon dan aktivitas lainnya di booth Blibli. Event ini dapat dinikmati segala usia dari anak-anak sampai dewasa.

4 dari 4 halaman

Bulan Down Syndrome

Acara tersebut didukung penuh oleh Blibli sebagai e-commerce resmi seluruh brand PT. Supra Boga Lestari Tbk, serta para partner. Dalam perayaan ulang tahun ke-24 ini, perusahaan ritel itu ingin terus berkontribusi pada masyarakat sekitarnya. Sekaligus memperingati bulan peduli Down Syndrome yang jatuh setiap Oktober, mereka menggandeng ISDI (Ikatan Sindroma Down Indonesia) dan Yayasan Tri Asih dalam program Market Hopping.

Selain beraksi di atas panggung dengan menampilkan beragam atraksi seni, sejumlah karya seni anak-anak down syndrome akan dilelang. Hasilnya 100 persen akan disalurkan untuk anak-anak yayasan. Pengunjung juga dapat berpartisipasi aktif selama acara dengan menuliskan berbagai pesan positif serta donas di donation wall untuk rekan-rekan ISDI.

"Untuk bulan ini kita fokus pada down syndrome dan membuka donasi bagi para penyintas. Tapi di tiap bulan kita akan mengganti fokus kita ke penyintas di bidang lainnya. Mudah-mudahan kita dan para pelanggan kita bisa memberi kontribusi positif bagi mereka," ucap Maria.

Kepedulian terhadap lingkungan juga masih menjadi salah satu misi perusahaan. Tahun ini, mereka kembali bekerja sama dengan Waste For Change guna mengedukasi kelola sampah kepada para pelanggan lewat "Conserve for Balance Life".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.