Sukses

Melanie Putria Ungkap Kiat Tetap Konsisten Berolahraga meski Sibuk

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi istri, ibu, dan wanita karier tidaklah mudah. Multi peran ini dijalani Melanie Putria dan banyak wanita lain.

Berbicara membagi waktu agar semua tanggung jawab bisa berjalan seimbang sambil menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolahraga tentu memerlukan trik tersendiri. Bagi Putri Indonesia 2002 itu, ia memulainya dengan sadar akan kebutuhan berolahraga.

"Aku sudah ada di titik di mana kalau tidak berolahraga akan merasa ada yang salah. Karena sudah menjadikan olahraga sebagai kebutuhan," sebut Melanie saat ditemui Liputan6.com di acara peluncuran AXA Mandiri Fit Challenge di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022).

Wanita berusia 40 tahun ini mengatakan, awalnya memang tidak mudah untuk memiliki kebiasaan baik. Apalagi untuk orang yang awalnya tidak menyukai olahraga dan tidak punya pengetahuan pentingnya bagi kesehatan, serta bagaimana memulainya.

Tapi, dengan mengalami banyak hal saat karantina Puteri Indonesia dan kejadian yang menimpa keluarganya setelah kehilangan dua kakaknya, Melanie makin sadar akan kesehatan yang terdampak besar dari rutinitas berolahraga. "Ini yang membuatku merasa harus taking care of my body. Musti olahraga bukan karena diri sendiri, tapi ingin tetap ada buat anak-anak, suami, dan orang-orang yang dicintai," tutur Melanie.

Untuk bisa konsisten, menurutnya, seseorang harus menemukan dulu motivasi kuat dalam melakukannya. Melanie sendiri berangkat dengan sudut pandang olahraga sebagai kebutuhan. Jadi, ia terbiasa menyempatkan "bergerak" di sela waktu luangnya yang sedikit, apalagi pagi-pagi sekali Melanie sudah berangkat siaran.

“Aku biasanya habis salat subuh akan olahraga ringan, misalnya plank, sit up kadang masing dengan pakaian salat, jadi enggak ada alasan enggak olahraga. Karena sering ada stigma orang olahraga harus punya baju proper dan alat mumpuni, padahal enggak," imbuh Melanie memberi tips. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Rutin Lari dan Latihan Kekuatan

Melanie Putria mengaku masih rutin olahraga lari dan biasa melakukannya 3--5 kali per minggu kalau sedang persiapan untuk maraton. Melanie yang telah ikut maraton di enam kota dunia ini sekarang lebih mencari efek kebugaran tubuh. 

Kini, ia juga secara selang seling melakukan latihan kekuatan. Menurutnya, latihan tersebut akan membantu seorang pelari agar tidak mengalami cedera. 

Sementara itu, Melanie sebagai Fit Enthusiast bersama AXA Mandiri juga memberikan tips dalam melakukan puasa intermiten sambil olahraga. Ada juga cara memiliki kaki yang kuat untuk berolahraga, gerakan olahraga yang dapat dilakukan sambil bekerja, serta tips untuk membuat tubuh jadi fit seharian.

“Di AXA Mandiri FIT Challenge ini kita bersama-sama akan mulai berolahraga dengan gerakan yang sederhana, mudah dijalani sehari-hari, dan dapat dilakukan di mana saja, termasuk untuk yang hobi rebahan, tapi berdampak positif untuk tubuh," sebutnya.

Ia pun berharap program 60 hari akan membentuk mindset bahwa olahraga dapat dilakukan di mana saja. Olahraga bahkan bisa dilakukan saat melakukan aktivitas lain, sehingga dapat membentuk kebiasaan baru yang konsisten.  

 

3 dari 4 halaman

Tren Status Gizi

Sementara itu, data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam acara Launching Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tingkat Nasional Tahun 2021, mengungkap bahwa tren gizi semakin baik dari tahun ke tahun. Hal ini ditandai dengan penurunan persentase wasted (berat badan rendah berdasarkan tinggi badan) dan obesitas di bawah satu persen.

Persentase wasted di Indonesia pada 2021 adalah 7,1 persen, turun sebesar 0,3 persen dari tahun sebelumnya. Sementara, obesitas di Indonesia pada 2021 juga mengalami penurunan sebanyak 0,3 persen, sehingga persentase obesitasnya jadi 7,1 persen.

Sedangkan, underweight (berat badan rendah berdasarkan usia) meningkat 0,7 persen dari tahun 2019 ke 2021. Berdasarkan fakta tersebut, AXA Mandiri menilai pentingnya untuk terus mendukung tren kesehatan yang semakin membaik.

Salah satunya dengan memberikan motivasi dan fasilitas untuk mencapai berat badan ideal sesuai kondisi tubuh masing-masing individu melalui program AXA Mandiri Fit Challenge yang baru diluncurkan. 

 

 

4 dari 4 halaman

Mindset Kebiasaan Baru

Tak hanya menggandeng fit enthusiast sebagai partner, yaitu Melanie Putria, pihaknya juga menghadirkan pakar makanan sehat Chef Edwin Lau dan sebuah pusat kebugaran UGym by CJ. Keseluruhan program menghadirkan beragam tantangan kesehatan yang kaya akan informasi, inspirasi, tips praktis, dan mudah diterapkan sehari-hari seputar olahraga, makanan sehat, serta kesehatan mental.

Beragam informasi yang dihadirkan juga dirancang untuk membantu masyarakat mulai memiliki sudut pandang dan kebiasaan baru dengan memanfaatkan ruang, alat, serta bahan makanan yang ada di sekitar. "Mulai hidup sehat dengan berolahraga dan makan makanan sehat tidaklah sulit dan mahal. Namun, ketika risiko kesehatan terjadi, biaya yang dikeluarkan untuk kembali sehat bisa mengganggu kondisi keuangan," ujar Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma di kesempatan yang sama.

Oleh karena itu, ia mengajak agar mulai kebiasaan baru dan yakin bisa hidup lebih sehat. Melalui kegiatan ini, pihaknya juga mengutarakan komitmen dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat sebagai wujud nyata dari kepedulian yang mendukung kampanye hidup sehat.

Jika ingin mengikuti AXA Mandiri FIT Challenge yang berlangsung 5 Oktober--3 Desember 2022, Anda bisa mendaftar gratis ke laman axamandirifitchallenge.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.