Sukses

Agar Hidup Lebih Sehat, Saatnya Terapkan Mindful Eating dalam Kehidupan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Di dunia yang serba modern ini, terkadang asupan makanan dikesampingkan demi perut menjadi kenyang. Banyak perusahaan makanan yang menjejali masyarakat untuk mengkonsumsi apa yang diproduksi.

Seringkali, sebagian masyarakat termakan oleh apa yang ditawarkan oleh perusahaan makanan. Tak peduli sehat atau tidak, yang terpenting adalah rasanya yang enak. Itu menjadikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak diperhatikan secara seksama.

Dengan kondisi seperti itu, kesehatan menjadi nomor dua. Padahal, kesehatan harus menjadi nomor satu dalam kehidupan. Karena dengan sehat, kegiatan apapun bisa kita lakukan dengan lancar.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kita harus melakukan tindakan disiplin dalam memberikan asupan makanan untuk tubuh. Demi menjaga kesehatan!

Dan yang bisa diterapkan adalah dengan metode mindful eating. Langkah ini merupakan sebuah teknik yang dapat membantu kita mengontrol kebiasaan makan dengan baik. Mindful eating juga bisa digunakan untuk mengobati eating disorder, depresi, dan kecemasan.

Melansir Healthline, ada beberapa langkah untuk menerapkan mindful eating dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran dengan langkah-langkahnya? Simak di bawah ini!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

1. Jangan Makan Terburu-buru

Langkah pertama yang harus diterapkan dan ditanamkan dalam akal pikiran adalah makan harus pelan-pelan. Tubuh memiliki beragam sistem yang berhubungan satu dengan yang lainnya. Berkaitan dengan makanan, perut menjadi elemen sentral.

Perut memerlukan waktu guna mengirim sinyal kenyak ke dalam otak. Dan ketika kita makan terlalu cepat, itu akan membuat makan seolah-olah kita makan secara berlebihan.

Untuk menjaga aktivitas makan lebih terkendali dan dapat menikmati setiap makanan yang masuk ke dalam mulut, kita harus makan secara perlahan. Langkah tersebut juga bisa memberikan rasa puas terhadap apa yang kita makan.

2. Kunyah Secara Perlahan

Langkah ini memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Melansir Mejorconsalud, mengunyah makanan secara perlahan dapat memberikan rasa kenyang yang jauh lebih besar, melancarkan proses pencernaan, menjaga berat badan, dan meningkatkan kesehatan secara umum.

3. Fokus pada Aktivitas Makan

Langkah ini dilakukan untuk menghindari distraksi ketika sedang melakukan aktivitas makan. Dengan menerapkan langkah ini, kita bisa fokus pada isyarat motorik yang bisa merasakan aroma, rasa, tekstur, dan suhu makanan. Yang otomatis akan berdampak kepada cara berpikir kita tentang makanan itu sendiri.

Karena jika kita melakukan aktivitas lain, kita cenderung akan mengabaikan proses makan itu sendiri. Bahkan, ketika kita terdistraksi oleh aktivitas yang lainnya, pemikiran bahwa makan itu sebuah kebutuhan penting untuk tubuh akan terlupakan.

3 dari 3 halaman

4. Fokus pada Indera Perasa

Sama seperti sebelumnya, langkah ini menjadikan aktivitas makan sebagai kebutuhan yang sangat penting. Kita harus meluangkan waktu sebentar untuk merasakan aroma, rasa, dan tekstur makanan yang kita lahap. Kita bisa berhenti di awal, tengah, atau akhir makan hanya untuk menikmati setiap gigitan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Kita bisa melakukan identifikasi atas makanan yang menjadi asupan ke dalam tubuh. Langkah ini membantu kita menghindari makan tanpa berpikir untuk membuat kita merasa kenyang.

5. Berhenti Makan saat Kenyang

Langkah terakhir yang bisa kamu terapkan adalah berhenti makan saat kenyang. Kita harus paham bahwa makan itu bukan untuk menjadi kenyang, tetapi untuk memenuhi seluruh kebutuhan dalam tubuh. Jika kita memiliki perspektif makan itu kenyang, potensi badan menjadi gemuk akan menghampiri.

Itu tadi 5 langkah yang bisa menjadikan mindful eating sebagai kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Langkah tersebut harus dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh. Dan jika dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin pola hidup sehat bisa menjadi rutinitas sehari-hari.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.