Sukses

Gibran Rakabuming Rilis Sepatu Lokal Bertema Batik, Kolaborasi dengan Aerostreet

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengumumkan kolaborasi dengan Aerostreet untuk membuat sepatu bertema batik yang akan dirilis 2 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Proyek kolaborasi tersebut diumumkan Gibran melalui akun media sosial Twitter dan Instagram pribadinya.

"Aerostreet X @gibran_rakabumingKolaborasi pertama Aerostreet yang bertema batik akan diproduksi secara reguler, agar bisa dinikmati lebih banyak orang.

‼️FIRST UNLIMITED COLLABORATION‼️, keterangan di video yang diunggah putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut pada Sabtu (1/10/2022).

Di keterangan tertulis, sepatu bermotif batik tersebut akan tersedia dalam ukuran 37-46 dan dijual dengan harga Rp179.900. Dalam video singkat yang memperlihatkan bagaimana proses kolaborasi, Gibran mengungkapkan, "Kalau saya pengennya makin banyak orang yang bisa beli, jadi kuantitasnya harus gede supaya semua orang bisa menikmati".

Warganet pun tampak antusias dan ingin membeli, sebab banyak yang masih menanyakan bisa dibeli di mana padahal Gibran sudah menuliskannya eksklusif melalui TikTok Aerostreet. Ada pula yang menanyakan khusus untuk pria atau wanita dan hal tersebut pun ikut dibalas akun resmi Aerostreet.

"SIZE 46!?!! OTW BESOK BELI!, " komentar akun @damanhuridani.

"Mantap batik mendunia, salam dari kota batik," tulis akun @hnfi_jlynt.

"Size 46 harus garcep nih," tulis @ayoenlucia.

"Wah di TikTok nih, bakal jadi pengalaman perdana war, semoga bisa dapat nantinya," kata warganet lainnya @hardibubut91

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Helm Batik

Sebelumnya, saat ajang MotoGP Mandalika batik Indonesia kembali mendunia lewat ajang balap motor paling bergengsi di Bumi. Apalagi gelaran ini menyita banyak perhatian dari masyarakat Indonesia untuk menyaksikan para pembalap hebat berlaga di atas lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mengutip dari kanal Otomotif Liputan6.com, Minggu 20 Maret 2022, untuk mempersiapkan penampilan terbaiknya, pembalap MotoGP juga turut menyiapkan desain spesial di helm balap yang mereka gunakan pada balapan. Salah satu pembalap yang turut menyematkan nuansa Indonesia pada helm balapnya adalah Alex Rins.

Pembalap Suzuki ECSTAR ini memperlihatkan desain barunya untuk berlaga di sirkuit di Timur Indonesia. Rider berambut keriting ini pamer desain barunya melalui laman Instagram resmi miliknya, ia memamerkan empat foto yang menampilkan aksen batik pada riding gearnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih (atau Terima Kasih!) atas dukungan luar biasa yang kami terima di sini dengan desain khusus yang terinspirasi dari seni batik Indonesia Apakah Anda menyukainya?" tulis Alex Rins, pada keterangan foto yang diunggahnya

3 dari 4 halaman

Batik NFT

Selain dalam bentuk barang, batik pun dibuat menjadi NTF. Seperti yang dilakukan Marketplace NFT, TokoMall, berkolaborasi dengan Garuda Kencana merilis batik NFT. Selain bertujuan untuk terus mendorong pertumbuhan industri NFT, langkah tersebut juga dilakukan untuk kegiatan amal.

Founder sekaligus Owner Garuda Kencana Batik, Yos Christian Addyputra, mengatakan perusahaan menghadirkan tradisi budaya masyarakat serta bangunan sejarah Indonesia dengan sentuhan atribut NFT dan kripto dalam karya kolaborasi ini.

"Harapannya bisa relevan dengan pertumbuhan teknologi dan mengenalkan nilai kebudayaan Indonesia melalui karya NFT yang sangat modern. Di sisi lain, NFT juga lebih memberikan kepastian di sisi copyright bagi kreator,” kata Yos melalui keterangannya, dikutip dari kanal Tekno Liputan6.com, Jumat 19 September 2022.

Sementara itu, Head of TokoMall, Thelvia Vennieta, mengatakan seiring dengan semangat kemerdekaan, kolaborasi ini menjadi bagian dari misi perusahaan dalam mendukung kreator dan budaya Indonesia tampil di kancah global melalui platform NFT marketplace.

"Melalui koleksi ini kami mengemas kekayaan budaya Indonesia dalam karya NFT yang dapat dikoleksi dengan harga terjangkau. Hasil kolaborasi ini juga akan diberikan kembali untuk komunitas seni melalui kegiatan amal yang bekerjasama dengan TokoCare dan BenihBaik,” katanya lagi

 

4 dari 4 halaman

Hasil Penjualan Didonasikan

Selain itu, ternyata hasil penggalangan dana ini akan digunakan untuk membantu komunitas anak-anak usia menengah ke atas di Bali mendapatkan pelatihan lukis digital, pengenalan tentang NFT dan kripto, juga melakukan pameran karya mereka di TokoMall.

“Hasil dari koleksi NFT ini sepenuhnya akan diberikan kepada para talenta seni muda di Indonesia untuk belajar dan berkarya. Kami harap koleksi ini dapat diterima baik oleh masyarakat sehingga bisa bersama-sama membantu pemberdayaan komunitas,” Yos mengatakan.

Sekadar informasi, karya NFT ini merupakan koleksi pertama dari Garuda Kencana yang tersedia sebanyak 88 seri dengan nilai Rp250.000.

Koleksi tersebut dapat diakses di platform TokoMall dalam kategori TKO Lifestyle. Untuk para kolektor yang memiliki NFT ini akan mendapat kesempatan mengakses koleksi NFT kedua dari Garuda Kencana hingga mengikuti undian agar bisa memenangkan kain batik tulis senilai Rp 5 juta untuk satu orang pemenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.