Sukses

Sederet Misi Mulia IU, Terbaru Donasi Rp2,1 Miliar untuk Penderita Kanker

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi sekaligus penulis lagu Korea Selatan, IU baru-baru ini menyumbangkan 200 juta KRW atau sekitar Rp2,1 miliar untuk memperingati 14 tahun debutnya sejak terjun pada 2008 lalu. Menurut laporan berita, donasi terbaru berarti penyanyi tersebut telah menyumbangkan setidaknya 4,5 miliar KRW (sekitar Rp48,5 miliar) selama kariernya.

Dikutip dari Soompi, Selasa (20/9/2022), label yang menaungi IU, EDAM Entertainment, membagikan unggahan di Instagram mereka dua sertifikat donasi terkait hal tersebut. "Kami dapat berbagi hati kami yang hangat berkat UAENA, yang telah memberi kami keajaiban, baik kecil maupun besar, selama 15 tahun terakhir," bunyi keterangan label tersebut.

Pihak label melanjutkan, "Karena kemarin kami bisa membuktikan sendiri, kami berharap semua hati kami dapat membawa keajaiban kepada orang lain. Setiap jam yang kami habiskan bersama UAENA adalah 'Golden Hour' kami. Terima kasih, dan kami sangat mencintaimu."

Sumbangan masing-masing senilai 100 juta KRW (sekitar Rp1 miliar) didonasikankan untuk membantu memerangi kanker anak-anak dan untuk membantu mendukung pemuda Korea memasuki masyarakat. IU dikenal sebagai salah satu donor amal terbesar di Korea.

Dikutip dari Koreaboo, pada episode terbaru dari Mnet's TMI News Show, acara tersebut mengungkapkan bahwa penandatangan tersebut menyumbangkan 1,67 miliar KRW (sekitar Rp1,8 miliar) pada 2021, yang berarti sumbangannya yang diketahui melebihi 4,3 miliar KRW (sekitar Rp46,3 miliar), tidak termasuk kontribusi terbaru penyanyi.

Episode itu juga mengungkapkan bahwa IU secara pribadi meminta merek yang dia sponsori  juga menyumbangkan sebagian pendapatannya untuk amal. Dikatakan bahwa merek yang mensponsori IU telah menyumbangkan barang dagangan senilai lebih dari 800 juta KRW (sekitar Rp8,6 miliar) ke berbagai badan amal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Konser hingga Festival Film

IU baru-baru ini sukses mengakhiri rangkaian konser dua harinya, The Golden Hour, yang berlangsung dari 17--18 September 2022. Menurut laporan, penyanyi tersebut menampilkan pertunjukan khas untuk para penggemarnya meskipun dia berjuang melawan gangguan pendengaran yang dialami selama lebih dari setahun.

Seri konser ini sangat penting karena ini adalah konser pertama penyanyi tersebut dalam lebih dari tiga tahun karena pandemi COVID-19. Konser ini hanyalah penutup dari tahun yang produktif bagi penyanyi tersebut, yang melihat penyanyi tersebut merangkul panggung internasional yang belum pernah ada sebelumnya.

Awal tahun ini, IU mengejutkan dunia ketika dia menyajikan semua getaran di Festival Film Internasional Cannes ke-75 untuk filmnya Broker, yang dinominasikan untuk Palme d'Or tahun ini. Film ini kemudian memenangkan Penghargaan Juri Ekumenis untuk film terbaik dan aktor Song Kang Ho memenangkan penghargaan festival untuk aktor terbaik. Sementara, pada September 2021 lalu, IU telah menyumbangkan barang senilai 850 juta KRW (sekitar Rp9,1 miliar) ke berbagai badan amal dan organisasi untuk merayakan ulang tahun debutnya yang ke-13.

3 dari 4 halaman

Misi Mulia

Menurut siaran pers dari agensi IU, EDAM Entertainment, IU telah bekerja dengan banyak perusahaan tempat dia iklan dan menyumbangkan barang senilai 850 juta KRW ke berbagai badan amal dan organisasi. Berikut daftar donasi selengkapnya:

- 1.000 pasang sepatu kets New Balance untuk remaja di tempat penampungan.

- 2.000 pizza Banolim untuk anak-anak dan remaja di tempat penampungan.

- 2.000 mantel dan perlengkapan musim dingin dari BLACKYAK untuk anak-anak dan remaja di tempat penampungan menjelang musim dingin.

- 300 selimut Evezari dan set tempat tidur ke pusat kesehatan.

- 2.000 kotak P3K dari Farmasi Kyungdong ke pusat kesehatan.

- 30.000 botol Air Samdasoo Jeju ke Puskesmas.

"IU, yang melekat pada merek yang biasa ia gunakan, ingin menyumbangkan kebutuhan sehari-hari ke tempat yang tepat untuk menandai hari jadi debutnya. IU mengusulkan penawaran untuk masing-masing merek, dan IU juga akan secara pribadi memberikan kontribusi setengah dari biaya barang," demikian bunyi keterangan dari EDAM Entertainment.

4 dari 4 halaman

Donasi Saat Ulang Tahun

Pada 16 Mei 2022 lalu, IU juga telah menyumbangkan 500 juta KRW (sekitar Rp5,3 miliar) ke berbagai badan amal atas nama penggemarnya untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-28. Menurut agensinya EDAM Entertainment, IU membagi donasi ini ke berbagai badan amal, termasuk Yayasan Kanker Anak Korea, Yeouldol, sebuah kelompok pendukung untuk anak-anak dengan penyakit langka, Asosiasi Keluarga Ibu Tidak Menikah Korea, Pusat Dukungan Senior Korea, Yayasan Purme, dan Asosiasi Kesejahteraan Anak.

"IU telah menyumbang (ke berbagai badan amal) atas nama IUAENA untuk merayakan ulang tahun terakhirnya di usia 20-an (T/N: dia berusia 29 tahun dalam usia Korea) untuk membayar jumlah cinta yang konstan yang telah dia terima selama usia 20-an bahkan hanya sedikit," jelas agensi IU.

Penyayi ini terus-menerus dipuji sebagai peri donasi, menyumbang ke berbagai tujuan dan organisasi amal sejak debutnya. Kembali pada Maret 2022, ia menyumbangkan 100 juta KRW (sekitar Rp1 miliar) untuk mendukung keluarga orang tua tunggal dan individu dengan gangguan pendengaran sehubungan dengan perilisan album ke-5 LILAC.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS