Sukses

Tips Tetap Tampil Trendi Saat Hamil ala Alika Islamadina, Bisa Pakai Jeans

Liputan6.com, Jakarta - Berkutat dengan pemilihan busana sehari-hari, adakalanya kita dihadapkan dengan kebingungan. Hal tersebut ternyata juga dialami Alika Islamadina, penyanyi yang juga fashion influencer. Apalagi, saat ini ia tengah hamil anak pertama. Perutnya membesar dan banyak koleksi busana pribadinya yang harus diakali agar tetap bisa terpakai.

"Kesulitan ada (saat hamil), karena di awal perubahan fisik, sulit cari bawahan, karena aku celananya kecil-kecil, jadi pas hamil good bye,” ungkap Alika saat acara BincangShopee 9.9 Super Shopping Day "Berani Gaya dengan Warna-mu," Selasa 30 Agustus 2022.

Wanita berusia 28 tahun ini pun memiliki trik tersendiri agar tetap bisa trendi selama hamil. Pertama-tama, menurutnya, pilih dan pakai busana bermaterial nyaman. "Buat orang hamil, pertama kenyamanan. Kalau (sudah) nyaman, kece itu bonus," tambahnya.

Alika pun beralih memakai gaun longgar yang membuatnya leluasa bergerak. Kemudian, pilihan gaya yang ia favoritkan salah satunya perpaduan antara tank top dan oversized outer. "Kalau ingin (pakai) jeans, bisa pakai jeans hamil," imbuhnya. 

Setidaknya, ia menyambung, tambahkan warna dalam setiap busana yang dikenakan agar ada mood booster yang bisa tersalurkan. "Dalam berekspresi melalui fesyen, aku juga selalu mencari inspirasi dan ide dari lingkungan sekitar, baik dari public figure lain, bahkan teman-temanku sendiri," ia menambahkan.

Menurutnya, padu padan pakaian adalah hal yang menyenangkan dan bisa meningkatkan mood. "Apalagi ketika aku sudah mengetahui padu padan warna dan model yang cocok di tubuhku, pasti aku jadi semakin percaya diri ketika menggunakannya dan merasa lebih happy menjalani aktivitas seharian dengan outfit tersebut," kata Alika.

Terkait warna pakaian, Oya Miranti, colour image consultant di kesempatan yang sama ikut memberi tips memilih busana sehari-hari. "Warna yang tepat untuk diri kita merupakan cerminan untuk pribadi kita juga," ungkapnya. Karena itu, sangat penting untuk setiap orang menemukan warna yang tepat agar dapat meningkatkan rasa percaya diri, serta membuat personal branding kita terlihat lebih stand out.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Harus Mahal

Bagi Alika Islamadina, eksplorasi gaya dan berekspresi melalui fesyen tidak harus selalu menggunakan barang-barang mahal. Setiap orang diarahkan menyesuaikan fesyen yang disukai dan sesuai bujet.

Alika juga menyarankan untuk memanfaatkan e-commerce platform secara maksimal. Pasalnya di sana, siapa pun bisa menemukan berbagai jenis model, warna, dan merek produk fesyen favorit. 

Mengekspresikan diri juga dapat dilakukan melalui unggahan OOTD di media sosial. Terakhir, jangan takut atau malu untuk berbagi inspirasi OOTD yang dimiliki dan disukai. Jika sudah memperkaya diri dengan berbagai referensi, Anda didorong untuk tidak takut dalam mengeksplorasi dan mencoba gaya maupun warna baru yang ditemukan.

Selain bisa menambah rasa percaya diri, dari sana kita juga bisa menerima lebih banyak masukan dan ide baru dalam eksplorasi gaya. Tentunya hal ini akan lebih menambah semangat untuk mencoba serba-serbi fesyen lainnya. 

3 dari 4 halaman

Personalisasi warna

Oya mengatakan, memahami warna personal memiliki banyak manfaat, seperti membuat seseorang tampak lebih awet muda, memberi aura yang sehat, dan membuat lebih bersemangat dalam beraktivitas. Berikut langkah penerapannya:

1. Cari tahu terlebih dahulu warna undertone Anda

Pertama-tama, penting untuk memahami undertone kita sebagai dasar mencari warna personel yang tepat. Undertone kulit merupakan rona warna yang terletak di bawah permukaan kulit. Perlu diperhatikan bahwa undertone berbeda dengan warna kulit. Warna kulit adalah rona yang terlihat pada permukaan kulit.

Terdapat dua jenis undertone yang memiliki ciri masing-masing. Warm undertone, di mana biasanya orang yang tergolong dalam warm colours ini memiliki warna kulit yang dipengaruhi warna merah muda, merah, serta kebiruan. Sementara itu, cool undertone biasanya cocok untuk orang yang tergolong memiliki warna kulit dengan pengaruh rona kuning, peach, maupun keemasan.

 

4 dari 4 halaman

2. Tentukan Warna Busana yang Cocok

Menemukan warna personal yang tepat dapat dilakukan dengan menggunakan kipas warna yang di dalamnya terdapat beragam warna. Caranya, Anda bisa mendekatkan kipas warna ke kulit Anda untuk melihat apakah warna tersebut serasi atau justru kontras dan memberi efek pucat.

Untuk memudahkan dalam melihat, Anda dapat bercermin ketika mengetes warna yang ada. Selain dengan kipas warna, Anda juga dapat menggunakan kain dengan beragam warna.

Terlepas dari itu, Anda pun bisa manfaatkan media sosial untuk menemukan inspirasi berbusana. Ini kemudian jadi dasar padu padan dengan identitas fesyen yang lebih personal.

Anda bisa menentukan muse yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam hal fashion. Selain itu, dengan kehadiran teknologi yang semakin canggih, kini banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk mencari dan berbagi inspirasi gaya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS