Sukses

5 Fakta Unik Uncle Roger, Komedian Malaysia yang Dikenal Sebagai Duta Micin Internasional

Liputan6.com, Jakarta - Komedian Uncle Roger datang ke Indonesia. Jakarta dan Bali jadi kota tujuan utamanya untuk menggelar stand up comedy bertajuk "NG The Haiyaa World Tour." Pria bernama asli Nigel Ng Kin-ju ini juga berkolaborasi dengan beberapa publik figur Indonesia, seperti YouTuber Farida Nurhan dan Chef Arnold Purnomo.

Mengenai sosoknya yang sering tampil melucu, Uncle Roger dikenal sering membuat konten seputar kehidupan pria dengan stereotipe masyarakat Asia melalui Instagram dan TikTok. Selain itu, berikut sederet fakta Uncle Roger yang dirangkum Liputan6.com, Rabu, 3 Agustus 2022.

1. Berawal dari Karakter Panggung

Nigel Ng awalnya membuat karakter komedi panggung bernama Uncle Roger. Ia menjadi terkenal karena berbicara dalam aksen Kanton, diucapkan dengan membanggakan dirinya sebagaimana stereotipe Asia Tenggara.

Komedian Malaysia dan selebritas internet yang berbasis di London, Inggris ini juga sering mengulas resep makanan Asia dengan aksen mirip Manglish, yang mana Nigel memang keturunan Hokkien.

2. Roasting Nasi Goreng

Uncle Roger mulai dikenal saat mengolok-olok resep nasi goreng BBC. Ia dilirik publik dunia, terutama masyarakat Asia, yang merasa relevan dengan lelucon Uncle Roger.

Nigel yang awalnya hanya mencari pekerjaan sampingan sebagai stand up comedian lalu serius menapaki kariernya, terutama mengembangkan karakter Uncle Roger.

Nigel kemudian mulai membuat video roasting cara membuat nasi goreng ala Hersha Patel dan menganggap tahapan memasak nasi goreng tersebut aneh.

3. Duta Micin Internasional

Uncle Roger juga cukup viral saat menyebut micin sebagai "king of flavour." Ia juga sering menggunakan salah satu produk micin Indonesia yang cukup terkenal dan memamerkan produk tersebut di beberapa kontennya.

Tidak heran, Uncle Roger semakin dikenal masyarakat Indonesia dan sering disebut sebagai duta micin internasional.

4. Sempat Jadi Ilmuwan

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Chong Hwa, Kuala Lumpur tahun 2009, Nigel belajar di Universitas Northwestern di Amerika Serikat, jurusan teknik dan jurusan filsafat, dan lulus tahun 2014. Ia sempat bekerja sebagai ilmuwan data dan memiliki halaman GitHub. Nigel mulanya menjadi komedian karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan, namun kini justru serius menekuninya.

5.Uncle Roger Ide Temannya

Karakter Uncle Roger ternyata merupakan ide temannya, yaitu Evelyn Mok. Evelyn yang sedang menulis naskah sebuah sinetron komedi menawarkan Nigel untuk membawakan sebuah karakter bernama Uncle Roger.

Pada 2021, Nigel Ng muncul di episode pertama Mock the Week Series 19, sebuah acara komedi Inggris di BBC Two. Evelyn muncul dengan karakter paman setengah baya Asia untuk sitkom. Nigel kemudian mengembangkan  karakter tersebut di sketsa TikTok dan Instagram sebelum memindahkan karakter tersebut ke YouTube.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Komedian Viral Dunia

Nigel Ng Kin-ju lahir pada 15 Maret 1991. Ia lahir di Kuala Lumpur, Malaysia dari orangtua Tionghoa Malaysia keturunan Hokkien. Ayah Nigel adalah seorang pebisnis mobil dan ibunya adalah ibu rumah tangga.

Nigel merupakan penggemar aktor komik Hong Kong Stephen Chow. Ia sering mengutip film-film Chow sebagai inspirasi dalam naskah komedinya.

Nigel sempat memenangkan Amused Moose Laugh-Off 2016 dan jadi runner-up dalam Laughing Horse New Act of the Year 2015. Ia juga jadi finalis di Leicester Mercury Comedian of the Year (2016) dan Leicester Square New Comedian of the Year ( 2015).

Nigel juga dinominasikan untuk "Penghargaan Pendatang Baru Terbaik" berkat pertunjukan komedi stand-up-nya di Edinburgh Fringe Festival pada 2019. Ia membuat debut TV-nya pada 2018 di Stand Up Central Comedy Central.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bertemu Chef Arnold dan Farida Nurhan

Dalam kunjungannya ke Indonesia pada 30 Juli--4 Agustus 2022, Nigel bertemu beberapa kreator konten, termasuk Farida Nurhan dan Chef Arnold Purnomo. Ia pun mencicip martabak Indonesia yang menurutnya sangat enak.

"Mmmmm... martabak with cheese and ovaltine is my favorite dessert now,” tulis Uncle Roger di Instagram Story-nya, baru-baru ini.

Bukan hanya ke Indonesia, rangkaian tur Uncle Roger juga rencananya akan berlangsung di Miami pada November 2022. Tiketnya pun sudah dijual sejak 2 Agustus 2022.

"We just added a show in MIAMI! Nov 5, 8 PM at Fountainebleau," begitu keterangan di Instagram resmi Uncle Roger. 

4 dari 4 halaman

Rilis konten di Tiongkok

Tahun lalu, tepatnya 2 Januari 2021, Nigel mengunggah video berbahasa Mandarin pertamanya di Bilibili, sebuah situs berbagi video di Tiongkok. 10 hari kemudian, ia meminta maaf di platform media sosial Tiongkok Sina Weibo dan menghapus video yang menampilkan sesama bintang YouTube Mike Chen yang telah mengkritik Partai Komunis Tiongkok.

"Video ini telah berdampak sosial yang buruk. Saya tidak menyadari pemikiran politiknya dan komentarnya yang salah di masa lalu tentang Tiongkok. Saya harap Anda dapat memberi Uncle Roger, yang baru saja memasuki Tiongkok, kesempatan untuk menyesuaikan diri!" Kata Nigel di Twitter.

Langkah Nigel menarik kritik di Twitter.  "Akan terus membuat video lucu - tidak ada politik, tidak ada drama," sebut Nigel.