Sukses

9 Cita Rasa dalam Sekotak Cokelat Bonbon Cantik ala Kaybee's

Cokelat bonbon disebut salah satu ujian keterampilan bagi seorang chocolatier.

Liputan6.com, Jakarta - Tom Hanks dalam film Forrest Gump pernah berkata, "Hidup itu seperti sekotak cokelat. Kami tidak pernah tahu apa yang akan kamu dapatkan." Begitulah setidaknya gambaran sekotak cokelat Kaybee's saat diterima konsumen.

Dikemas dalam kotak kardus premium berwarna cokelat, logo Kaybee's tertera dengan apik di permukaan. Saat dibuka, terlihatlah sembilan cokelat bonbon berwarna-warni yang mengingatkan pada Galaksi Bimasakti.

Chef Karan Bajaj, pendiri Kaybee's, meluncurkan varian cokelat itu di akhir Juni 2022 sebagai produk terbaru usahanya yang bergerak di usaha dessert. Strawberry Cheesecake Chocolate Bon-Bons menjadi salah satu dari dua menu andalan selama pertengahan 2022.

"Dari waktu ke waktu, pertumbuhan bisnis kami terus meningkat dan hal inilah yang mendorong kami untuk terus konsisten memperkenalkan Kaybee's sebagai cikal bakal one-stop-shop brand andalan bagi para pecinta makanan manis di Indonesia," kata Karan dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 18 Juli 2022.

Kembali ke sekotak cokelat bonbon, selain warna yang beragam, isi di dalamnya juga berbeda-beda. Strawberry cheesecake yang jadi andalan ditandai dengan semburat warna pink, sedangkan warna kuning yang mencolok berisi lemon meringue tart. Saya sendiri mencoba coffee yang warnanya gelap bersemu hijau, menggambarkan warna biji kopi muda hingga sesudah disangrai. Rasanya tidak pahit, tapi juga tak terlalu manis hingga bikin gatal tenggorokan.

"Produk kami juga tersedia dengan pemesanan secara custom baik untuk produk coklat hingga varian rasa dan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti corporate event, pesta, bahkan cocok untuk dikirimkan sebagai hampers spesial bagi pelanggan kami," imbuh Karan.

Produk cokelatnya terbilang tahan di suhu ruang. Hal itu memudahkan pengiriman produk karena tak membutuhkan ice pack saat di perjalanan. Bentuknya tetap tahan, meski ada sedikit lelehan bila terlalu lama terpapar suhu panas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ujian Keterampilan Chocolatier

Dikutip dari laman dessertisans.com, bonbons memiliki tekstur dan rasa yang menarik. Cangkang cokelat membalut lapisan isian yang beragam. Bahkan, jenis cokelat ini merupakan ujian keterampilan bagi seorang chocolatier.

Dibutuhkan serangkaian langkah dan teknik yang tepat untuk mencapai hasil yang sempurna. Kriteria hasil sempurna adalah cangkang yang mengkilat, tidak berbuih, tipis dan memiliki kancing yang halus.

Ganache harus halus dan mudah meleleh di mulut Anda dan tidak terlalu manis. Tutupnya harus rata, tanpa coretan, gelembung atau lubang dan idealnya harus memiliki ketebalan yang sama dengan cangkangnya. Cokelat ini disebut hadiah yang direkomendasikan mengingat rasanya juga bisa disesuaikan dengan kesukaan penerimanya.

Karan Bajaj adalah chef yang bertanggung jawab dalam pengembangan bonbon Kaybee's. Ia berkecimpung di dunia kuliner sejak berusia 21 tahun. Kecintaannya terhadap dunia pastry dan baking art, mendorongnya untuk melangkah dan berkreasi lebih jauh dalam menghadirkan produk dessert dengan sentuhan artisan cokelat yang dapat dikenal secara luas.

3 dari 4 halaman

Pop-Up Store

Kaybee's juga menghadirkan pop-up store unik dan penuh warna di kawasan Pos Bloc, Jakarta. Toko itu awal dibuka pada Juli ini dan akan dibuka hingga 1 Agustus 2022.

Karan menjelaskan kehadiran gerai bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara label dengan pelanggan, sembari menyebarkan esensi dari produk dessert yang dibuat. Pop-up store itu dirancang agar pelanggan bisa bersantai sejenak. Karyawan yang bertugas bisa membantu menjawab pertanyaan seputar toko maupun produk yang ada.

"Ke depannya, kami akan terus melakukan improvisasi produk dan pelayanan, seperti berkolaborasi dengan mitra F&B lokal, menyelenggarakan berbagai event menarik, hingga private dining yang mudah diakses oleh semua orang," kata Karan.

Selain cokelat bonbon, tersedia juga makaron dan kukis beraneka rasa dijajakan di toko itu. Kaybee's, kata dia, berusaha tidak hanya memperkenalkan konsistensi rasa manis, tetapi juga mengangkat aspek keberlanjutan di dalam proses produksinya, sehingga cocok dinikmati untuk semua kalangan mulai darianak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

4 dari 4 halaman

Terancam Langka

Perubahan iklim memaksa umat manusia untuk beradaptasi dengan kondisi kehidupan baru. Ketika suhu naik dan cuaca ekstrem menjadi kenyataan baru, petani dan peneliti semakin khawatir tentang masa depan makanan populer.

Ada pendapat bahwa Anda tidak akan bisa membeli beberapa produk yang biasa Anda konsumsi sekarang karena akan menjadi terlalu langka atau mahal. Dikutip dari kanal Global Liputan6.com, salah satu bahan yang akan langka adalah cokelat.

Meskipun pohon kakao tidak terpengaruh oleh suhu tinggi, mereka membutuhkan curah hujan yang melimpah dan kelembapan yang tinggi. Namun menurut  laporan ini, cuaca ekstrem diperkirakan tidak akan disertai hujan lebat. Kondisi ini dapat berdampak negatif pada produksi kakao dan menghasilkan satu juta ton lebih sedikit bubuk, truffle, atau batangan cokelat per tahun.

Itu pula yang membuat salah satu produsen cokelat besar di Indonesia banyak mengimpor daripada mendapatkan suplai cokelat dari lokal. Penyebabnya adalah makin sedikit perkebunan cokelat lokal yang masih bertahan saat ini.

"Setahu saya, Indonesia sekarang ini di nomor 7 atau 8 sebagai produsen kakao di dunia. Bukan lagi di nomor 3, menurut data Kementerian Perindustrian," ucap Chef Louis Tanuhadi, executive pastry chef sekaligus konsultan Embassy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.