Sukses

Ikut Wujudkan Indonesia Bersih Bersama 59 Ribu Rinso #GenerasiPilahPlastik X Anteraja

Rinso gandeng Anteraja untuk mengajak masyarakat menjadi #GenerasiPilahPlastik, yaitu generasi yang lebih peduli lingkungan dan bijak menangani kemasan yang mereka gunakan, terutama kemasan plastik.

Liputan6.com, Jakarta Mengatasi permasalahan plastik di Indonesia pada khususnya, memang tak bisa dilakukan secara sendiri. Butuh kerja sama satu sama lain, untuk mengoptimalkan penyelesaian masalah sampah. 

Rinso sebagai brand yang menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia selama puluhan tahun, memiliki tujuan mulia dan komitmen jangka panjang, untuk ikut ambil bagian mengatasi permasalahan sampah di Tanah Air. 

Selain konsisten mengedukasi dan mengajak masyarakat mengelola sampah plastik, Rinso juga melakukan berbagai terobosan untuk lebih bijak plastik. Di antaranya adalah less plastic, yaitu mengurangi penggunaan plastik hingga 17% selama 2018-2021. 

Kemudian pada 2019, Rinso berkolaborasi dengan World Cleanup Day Indonesia, untuk menciptakan alam Indonesia yang lebih bersih, melalui penanganan sampah yang lebih baik.  Dengan membawa semangat berani kotor itu baik, Rinso menggelar aksi bersih-bersih terbesar bersama empat Anak Indonesia Bijak Plastik berusia 10-16 tahun, yaitu Kinara (Yogyakarta), Mutiara Alyzza Bilqis (Surabaya), Kadek Roby dan I Kadek Bayu Saputra (Bali). Mereka adalah sosok yang inspiratif yang memulai usaha untuk mengurangi sampah, seperti membuka bank sampah dan kegiatan daur ulang. 

Selain itu, Rinso juga menggunakan kemasan botol 100% plastik hasil daur ulang dan dapat didaur ulang (better plastic). Tak berhenti sampai disitu saja, Rinso juga meluncurkan kemasan flexible pouch hasil daur ulang pertama di Indonesia, dengan teknologi Creasolv. 

Lalu, Rinso juga menginisiasi penjualan dengan sistem refill (no plastic) di Saruga Bintaro sejak 2020 dan QYOS di Apartemen Kalibata City dan Pasar Modern BSD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak dari Rinso #GenerasiPilahPlastik X Anteraja

Rinso terus mengajak masyarakat menjaga alam Indonesia agar bersih dan tidak tercemari sampah sekaligus mendorong para orang tua agar mengedukasi anak sedari dini untuk berbuat kebaikan tanpa takut kotor. 

Setelah menjalankan less plastic, better plastic, dan no plastic, kali ini Rinso mengajak masyarakat menjadi #GenerasiPilahPlastik dengan melakukan pilah sampah dari rumah guna memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat maupun lingkungan.

Rinso menggandeng Anteraja untuk menyebarluaskan ajakan bagi masyarakat guna menjadi #GenerasiPilahPlastik, yaitu generasi yang lebih peduli lingkungan dan bijak menangani kemasan yang mereka gunakan, terutama kemasan plastik.

Rinso mengajak masyarakat menjadi #GenerasiPilahPlastik dengan melakukan pilah sampah dari rumah guna memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat maupun lingkungan.

Kerja sama tersebut memfasilitasi masyarakat untuk mengirimkan sampah yang sudah mereka pilah ke Bank Sampah tanpa adanya pungutan biaya. Menariknya, kampanye Rinso #GenerasiPilahPlastik X AnterAja yang dimulai pada 1 Maret 2022 hingga 30 Juni 2022, berhasil menarik antusias masyarakat. 

Buktinya ada lebih dari 59.000 orang berpartisipasi mengumpulkan 84 ton sampah plastik dari 35 bank sampah yang ada di 12 provinsi (Sumatera Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur) atau 194 kota/kabupaten. Proses pengumpulan berbagai jenis  sampah plastik, seperti botol kemasan PET, plastik HDPE keras, plastik PP keras, plastik PP Fleksibel, kertas dan kardus.

Setelah sampah dipilah untuk didaur ulang, Anteraja membantu proses penjemputan dan pengiriman sampah gratis yang kemudian akan dikirimkan ke Bank Sampah untuk didaur ulang kembali. Dengan Rinso 3x lebih efektif hilangkan noda membandel dan 99.99% bunuh bakteri dan virus, menjadi #GenerasiPilahPlastik tak perlu takut kotor dalam memulai kebiasaan baik memilah sampah di rumah untuk demi kebaikan lingkungan bersih. Apalagi dengan pengiriman teknologi seamless dari Anteraja, yang membuat semua mudah tinggal isi data secara digital dan langsung dijemput ke rumahmu.

"Kami berharap upaya ini bisa diterima dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, dengan memulai langkah kecil pilah sampah dari rumah, kita akan bisa menyediakan lingkungan yang bersih dan lestari untuk anak-anak Indonesia. Yuk tunggu apa lagi, mari bergabung bersama Rinso dan Anteraja untuk jadi #GenerasiPilahPlastik dan bersama kita wujudkan Indonesia yang lebih bersih dan lestari," ujar Erfan Hidayat selaku Head of Fabric Care Unilever Indonesia.

Dapatkan semua produk Rinso dengan cara klik di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.