Sukses

Jakarta Ulang Tahun ke-495, Pemprov DKI Gratiskan Tiket Masuk di 11 Museum

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta jatuh pada 22 Juni 2022. Sejumlah rangkaian kegiatan akan memanjakan warga Ibu Kota. Dinas Kebudayaan dan Pemprov DKI Jakarta bakal turut menyemarakkan ulang tahun ke-495 ini dengan memberikan kesempatan wisata sejarah ke museum secara gratis.

Museum menjadi salah satu destinasi wisata favorit dan ada di hampir semua daerah, termasuk di DKI Jakarta. Dalam rangka memperingati 'Jakarta Hajatan' atau HUT ke-495 DKI Jakarta, akan ada 11 museum yang digratiskan biaya masuknya pada 22 Juni 2022.

"Seperti yang kita tahu, Jakarta akan berulang tahun ke 495. Dalam menyemarakkan #JakartaHajatan kamu bisa kunjungi museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta secara gratis pada Rabu, 22 Juni 2022," tulis akun Instagram resmi Dinas Kebudayaan DKI Jakarta pada Senin, 20 Juni 2022.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, ajak sanak saudara untuk mengunjungi museum-museum ini. Jangan sampai terlewat ya," sambung akun tersebut.

Semua museum tersebut dikelola oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Sebelum pergi, jangan lupa cari tahu waktu operasional museum-museum yang ingin dikunjungi.

Adapun 11 tempat bersejarah atau museum yang bisa dikunjungi secara gratis pada perayaan HUT DKI Jakarta besok, yaitu:

1. Museum Sejarah Jakarta

2. Museum Joang 45

3. Museum Prasasti

4. Museum MH Thamrin

5. Museum Tekstil

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

7. Museum Wayang

8. Museum Bahari

9. Taman Arkeologi Onrust

10. Rumah Si Pitung

11. Museum Betawi Setu Babakan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gelar Pameran

Tak hanya dikunjungi wisatawan, banyak museum di Jakarta yang menggelar pameran. Terbaru, Art Moments Jakarta Online 3 (AMJO 3) resmi terselenggara. Mengusung format hybrid, pergelaran seni ini berlangsung secara luring di Art:1 Museum Jakarta pada 9--12 Juni 2022, sementara pameran daring dapat diakses melalui laman artmomentsjakarta.com, 9 Juni 2022--31 Agustus 2022.

Kurator Art Moments Jakarta, Rizki Zaelani mengatakan bahwa setidaknya ada dua semangat yang melatarbelakangi pengusungan tema pameran kali ini, Continuance Wave.

"Pertama, sebagai wujud semangat penciptaan karya seni setelah pandemi yang membingungkan dan tidak pasti, bahwa seni membawa kita meneruskan hidup lebih baik lagi," katanya di acara pembukaan AMJO 3, Kamis, 9 Juni 2022.

Ia menyambung, "Seni berkembang secara terus-menerus. Seni juga terus bertemu dengan publiknya (kurator, seniman, kolektor, serta pecinta seni) dan mengembangkan semangat hidup." Kedua, Rizki mengatakan, AMJO 3 juga jadi bukti bahwa seni telah berkembang bersama sains dan teknologi. Rizki mengatakan, "Seni lukis diciptakan sains. Tanpa sains, tidak akan ada warna." 

3 dari 4 halaman

Museum Nabi Muhammad

Selain itu, Jakarta juga akan punya museum baru yang termasuk sangat ditunggu yaitu Museum Nabi Muhammad. Indonesia adalah negara pertama di luar Arab Saudi yang dipercaya untuk dapat mendirikan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam dari 25 negara yang mengajukan permohonan.

Museum Nabi Muhammad di Indonesia didirikan di Pantai Ancol Timur, Jakarta Utara. Saat ini, pembangunan masih dalam proses yang mendapat dukungan langsung dari Liga Muslim Dunia juga Yayasan Wakaf Assallam bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Ketua Yayasan Wakaf Assalam Syaikh Nashir Zahroni rapat bersama Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Ketua Panitia Pembangunan Museum Nabi Muhammad, Syafruddin, Kamis, 30 April 2020. Rapat membahas kelanjutan pembangunan Museum Nabi Muhammad di Jakarta.

"Setelah peletakan batu pertama, rencana pembangunan Museum Nabi Muhammad di Jakarta, semangat untuk mewujudkan pembangunan museum semakin bertambah beribu kali. Oleh karena itu, Kami sepakat untuk mewujudkan museum Nabi Muhammad di Jakarta yang tak ada duanya di dunia,” ujar Nashir Zahroni, dilansir dari kanal News Liputan6.com.

 

4 dari 4 halaman

Dibangun di 3 Kota

Kepada Syafruddin, Zahroni menyampaikan pesan Sekjen Liga Dunia Islam, Sheikh Mohammed Abdulkarim Al-Isa, yang meminta kepadanya agar pembangunan Museum Nabi di Indonesia betul-betul mendapat perhatian yang serius dan istimewa.

"Meskipun ada hambatan wabah virus corona, namun kita tetap menyusun langkah-langkah strategis untuk mewujudkan impian pembangun museum Nabi di Indonesia. Pokoknya akan banyak kejutan saat kita rapat lagi setelah wabah corona usai," tutur Nashir Zahroni.

Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam akan dibangun di tiga kota, salah satunya di Jakarta. Dua tempat lainnya di Museum Shirah Nabawiyah (Madinah) dan Museum Assalamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy (Mekah).

Peletakkan batu pertama pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam secara resmi dilakukan pada 26 Februari 2020.

Peletakkan batu pertama ini juga ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, bersama Sekretaris Liga Dunia Islam, Syekh Muhamad bin Abdul Karim Al Issa, Menteri Agama Fachrul Razi, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil.