Sukses

Pertemuan Ratu Elizabeth II dan Lilibet Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Tidak Boleh Difoto?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim kontradiktif atas permintaan foto Ratu Elizabeth II dengan anak kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle, Lilibet Diana, telah beredar luas. Pasangan Sussex memperkenalkan bayi mereka yang berusia setahun itu pada Ratu untuk pertama kalinya Rabu lalu, 1 Juni 2022, di antara perayaan Platinum Jubilee.

Laporan dari beberapa publikasi mengklaim Harry dan Meghan ingin fotografer pribadi mereka mengambil foto Ratu dan Lilibet, tapi "aksesnya ditutup." Salah satu sumber anonim mengatakan, "Tidak ada kesempatan. Itu adalah acara keluarga pribadi," The Sun awalnya melaporkan, seperti dilansir Rabu (8/6/2022).

Sumber itu juga mengklaim bahwa pengawal Ratu khawatir Pangeran Harry dan Markle akan membocorkan foto-foto itu ke jaringan televisi AS. Namun, seorang sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan pada The Post bahwa klaim itu bohong, mengutip New York Post.

"Mereka hanya menikmati kunjungan pribadi dan intim dengan Ratu," kata sumber itu, menambahkan bahwa Harry dan Markle bahkan tidak repot-repot meminta berfoto karena penguasa monarki berusia 96 tahun itu "sedang tidak enak badan."

Sekretaris komunikasi Ratu menolak permintaan The Post untuk berkomentar tentang laporan yang saling bertentangan. Sumber itu mengatakan bahwa Harry dan Markle juga membawa Lilibet untuk bertemu Ratu untuk kedua kalinya pada Jumat, 3 Juni 2022.

Keesokan harinya, pasangan itu mengadakan pesta kecil untuk putri mereka demi menandai ulang tahun pertamanya. Pangeran Harry dan Meghan Markle kemudian merilis foto Lilibet yang diambil pada perayaan itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berdonasi Atas Nama Lilibet

Seorang juru bicara keluarga Sussex mengatakan, Pangeran Harry dan Meghan Markle "sangat tersentuh atas ucapan selamat ulang tahun untuk putri mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor." Ia juga mengatakan bahwa pasangan itu berdonasi senilai lebih dari 100 ribu dolar AS untuk World Central Kitchen (WCK) atas nama putri mereka.

"WCK adalah yang pertama di garis depan, menyediakan makanan dalam menanggapi krisis kemanusiaan, iklim, dan masyarakat. Mereka membangun sistem pangan yang tangguh dengan solusi yang dipimpin secara lokal. Baru-baru ini, mereka memberi dukungan di Uvalde, Texas, dan Ukraina," imbuh juru bicara itu, melansir CNN.

Di dalam foto, Lilibet terlihat duduk di rumput dengan latar bangunan rumah keluarga mereka di Inggris, Frogmore Cottage. Ia terlihat manis mengenakan gaun biru dan pita putih di rambutnya. Seperti kakaknya, Archie, Lilibet mewarisi rambut merah Harry.

"Teman dekat keluarga dan tamu, Misan Harriman, yang menghadiri hari spesial Lilibet dengan istri dan anak-anaknya, mengambil foto secara spontan, candid, yang Duke dan Duchess berkenan membagikannya hari ini," si juru bicara menambahkan.

3 dari 4 halaman

Berkonsep Piknik

Lewat akun Instagram-nya, fotografer Misan Harriman, yang juga pendiri pusat kebudayaan Southbank Center, memperlihatkan sedikit momen kemeriahan pesta ulang tahun pertama Lilibet yang dihadiri bersama istrinya, Camilla Holmstroem, dan dua putri mereka.

"Merupakan hak istimewa untuk merayakan ulang tahun pertama Lilibet bersama keluarga saya dan keluarga mereka! Sukacita dan lukisan wajah selama pesta," tulisnya seraya mengunggah tiga foto.

Juru bicara untuk pasangan Sussex mengatakan, pesta digelar berkonsep piknik di halaman belakang yang kasual dan intim. Acara ini hanya dihadiri teman dan keluarga dekat mereka. Page Six melaporkan, Claire Ptak yang membuat kue pengantin Harry dan Meghan pada 2018, bertugas menyiapkan kue spesial untuk pesta Lilibet.

Pesta ulang tahun itu tidak dihadiri keluarga Pangeran William dan Kate Middleton karena rangkaian tugas kerajaan merayakan Platinum Jubilee. Di samping, hubungan antara William dan Harry masih tegang karena perbedaan pendapat yang meruncing, terutama setelah Meghan menuduh keluarga Inggris bersikap rasis pada anak mereka. Namun, mereka dikabarkan diundang ke pesta tersebut.

4 dari 4 halaman

Disoraki Publik

Kontroversi mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle sebagai anggota senior kerajaan ternyata masih menyisakan kontroversi di benak rakyat Inggris. Keduanya, menurut laporan kanal Global Liputan6.com, disoraki rakyat Inggris ketika pasangan itu beranjak dari St. Paul's Cathedral, Jumat, 3 Juni 2022.

Pangeran Harry sempat mengobrol dulu dengan sepupunya, Zara dan Peter, yang merupakan anak-anak Putri Anne, sebelum menuruni tanda katedral untuk menuju mobil. Awalnya terdengar tepuk tangan sukacita, suara itu lalu digantikan sorakan kesal dari publik yang hadir di luar katedral.  

Selama kebaktian berlangsung, The Sun melaporkan, Meghan dan Harry duduk di sisi kiri katedral, terpisah dari William dan Kate yang duduk berdampingan dengan Pangeran Charles dan Camilla. Meghan dan Harry juga tercatat datang hampir 20 menit lebih awal, sementara pasangan Cambridge tiba pukul 11.27, waktu setempat.

Harry terlihat sangat ceria selama kebaktian berlangsung. Ia duduk sebaris dengan sepupunya, Beatrice dan Eugenie, yang sudah hadir lebih dulu. Ia terlihat bercanda dan tertawa bersama teman-teman dan keluarga, walau ahli bahasa tubuh menyebut Harry sebenarnya menunjukkan tanda kecemasan.

Sementara, Kate dan  William disambut sorak sorai dari masyarakat yang mengikuti acara itu di luar katedral. Kedatangan mereka diikuti pasangan Charles dan Camilla yang tiba paling terakhir mengikuti protokol kerajaan.