Sukses

Akhirnya, Wajah Lilibet Diperlihatkan Pangeran Harry dan Meghan Markle kepada Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Wajah Lilibet Diana, putri Pangeran Harry dan Meghan Markle akhirnya diperlihatkan kepada dunia. Pipi gembil dan rambut kemerahannya mengingatkan pada figur sang kakak, Archie Harrison.

Foto tersebut dirilis setelah mereka merayakan ulang tahun pertama Lilibet pada Sabtu, 4 Juni 2022, di Frogmore Cottage, Windsor, Inggris Raya. Seorang juru bicara keluarga mengatakan, pasangan Sussex 'sangat tersentuh akan ucapan selamat ulang tahun untuk putri mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor'.

Juru bicara itu juga mengatakan Pangeran Harry dan Meghan memberikan donasi senilai lebih dari 100 ribu dolar AS untuk World Central Kitchen (WCK) atas nama putri mereka.

"WCK adalah yang pertama di garis depan, menyediakan makanan dalam menanggapi krisis kemanusiaan, iklim dan masyarakat. Mereka membangun sistem pangan yang tangguh dengan solusi yang dipimpin secara lokal. Baru-baru ini, mereka memberikan dukungan di Uvalde, Texas, dan Ukraina," imbuh juru bicara itu seraya mengatakan organisasi tersebut memiliki tempat di hati mereka, dilansir CNN, Senin, 6 Juni 2022.

Di dalam foto, Lilibet terlihat duduk di rumput dengan latar bangunan rumah keluarga mereka di Inggris. Ia terlihat manis didandani gaun biru dan pita putih tersemat di rambutnya. Seperti sang kakak, Lilibet mewarisi rambut merah dari ayahnya.

"Teman dekat keluarga dan tamu, Misan Harriman, yang menghadiri hari spesial Lilibet dengan istri dan anak-anaknya, mengambil foto secara spontan, candid, yang Duke dan Duchess berkenan membagikannya hari ini," ia menambahkan.

Kunjungan Lilibet ke Inggris dalam rangka merayakan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, sekaligus menemui nenek buyut pertama kali sejak ia dilahirkan setahun lalu di Amerika Serikat. Ratu Inggris itu diketahui sudah dipertemukan dengan Lilibet sejak hari pertama mendarat di Inggris pada Rabu, 1 Juni 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Lukis Wajah

Lewat akun Instagramnya, fotografer Misan Harriman yang juga pendiri pusat kebudayaan Southbank Center memperlihatkan sedikit kemeriahan pesta ulang tahun Lilibet yang dihadiri bersama istrinya, Camilla Holmstroem dan dua putri mereka.

"Merupakan hak istimewa untuk merayakan ulang tahun pertama Lilibet bersama keluarga saya dan keluarganya! Sukacita dan lukisan wajah selama pesta," tulisnya seraya mengunggah tiga foto.

Juru bicara untuk pasangan Sussex mengatakan pesta digelar berkonsep piknik di halaman belakang yang kasual dan intim. Digelar hanya untuk teman dan keluarga dekat mereka. Dikutip dari laman PageSix, Selasa (7/6/2022), Claire Ptak yang membuat kue pengantin untuk Harry dan Meghan pada 2018, bertugas untuk menyiapkan kue spesial untuk pesta Lilibet.

Pesta ulang tahun Lilibet itu tidak dihadiri oleh keluarga Pangeran William dan Kate Middleton karena rangkaian tugas kerajaan merayakan Platinum Jubilee. Di samping, hubungan antara William dan Harry masih tegang karena perbedaan pendapat yang meruncing, terutama setelah Meghan menuduh keluarga Inggris bersikap rasis pada anak mereka. Namun, mereka dikabarkan diundang dalam pesta tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Nama Lilibet

Sementara, Ratu Elizabeth telah lebih dulu berkumpul dengan keluarga Sussex sehari sebelum ulang tahun Lilibet. Mereka bertemu di Kastil Windsor, tempat sang ratu tinggal sejak ditinggal Pangeran Philips.

Pada 2021, Harry dan Meghan mengungkapkan nama anak perempuan mereka mengambil nama kecil Ratu Elizabeth. Hal itu sebagai penghormatan kepada nenek Harry dan William.

Sumber dekat keluarga itu mengatakan bahwa Harry sudah menyampaikan rencana menamai putri mereka dengan nama Lilibet. Meski begitu, sumber kerajaan mengklaim Harry tak pernah meminta izin ratu untuk menggunakan nama tersebut. 

Lilibet lahir pada Jumat, 4 Juni 2021 pada pukul 11.40 pagi di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage, California, Amerika Serikat. Bayi Lili lahir dengan bobot 7 lbz dan 11 oz atau sekitar 3,4 kilogram.

Namanya merupakan kombinasi dari nama sang nenek, Putri Diana, dan nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II. Kelahiran Lilibet hanya berjarak dua tahun dari kakaknya, Archie.

 

 

4 dari 4 halaman

Pulang Diam-Diam

Kunjungan ke Inggris akhir pekan lalu menandai kepulangan Archie pertama kali ke kampung halaman ayahnya sejak keluarga itu pindah ke California. Hal itu menyusul keputusan Harry dan Meghan untuk mundur sebagai anggota kerajaan senior pada 2020.

Pasangan Sussex disebut tiba secara rahasia menggunakan pesawat jet pribadi pada Rabu, 1 Juni 2022. Mereka lalu disambut tiga petugas penjaga Ratu. Sebuah mobil anti-peluru juga dikirimkan nenek Pangeran Harry itu untuk mengangkut keluarga tersebut dari Bandara Farnborough, Hants, ke Frogmore Cottage di Windsor.  

"Sang ratu meyakini itu hal yang benar yang harus dilakukan," ucap seorang sumber, dikutip dari laman The Sun.

Keluarga Harry dan Meghan diduga masuk ke bagian belakang mobil Volkswagen berkaca gelap. Mereka bepergian tanpa rombongan besar mereka atau staf senior dari lembaga amal Archewell mereka.

Kru kamera dari Netflix, yang dikatakan merekam pasangan itu di rumah mereka yang bernilai 11 juta poundsterling di Montecito, juga tidak ikut dalam perjalanan tersebut. Mobil yang ditumpangi mereka tanpa pengawalan polisi itu lalu mengarah ke Windsor setelah 40 menit mengemudi. Keluarga Sussex juga dikabarkan sudah kembali diam-diam ke AS menggunakan pesawat jet pribadi pada Minggu, 5 Juni 2022, melewatkan acara penutupan Platinum Jubilee.