Sukses

Seporsi Indomie Goreng Dijual Rp160 Ribu di Pasar Malam Kanada, Antrenya sampai Berjam-jam

Liputan6.com, Jakarta - Indomie Goreng telah membuktikan popularitasnya dari tahun ke tahun. Yang terbaru, sajian mi instan asal Indonesia ini jadi primadona di sebuah pasar malam di Kanada, membuat pengunjung rela antre berjam-jam demi mencicipinya.

Setidaknya itulah yang terlihat dalam video yang diunggah ke kanal YouTube, BNay Channel, pada Selasa, 24 Mei 2022. Di vlog-nya, Nay mengatakan bahwa dirinya pergi ke Richmond Night Market, pasar malam tahunan yang diadakan selama bulan-bulan musim panas di Richmond, British Columbia, Kanada.

"Icip-icip makanan internasional yang kreatif," ia mengatakan. "(Richmond Night Market) salah satu night market yang terkenal di Vancouver. Vendor food-nya banyak banget, dan salah satu highlight-nya ada itu nama (makanannya) Indomie terbang."

Di klip berdurasi 15 menit dan delapan detik tersebut, pengunjung pasar malam yang dimaksud sangat banyak. Kerumunan itu kian menjadi di dekat gerai-gerai makanan, termasuk yang menyajikan flying cup noodles menggunakan Indomie Goreng.

Nay pun memperlihatkan antrean panjang pelanggan yang mau memakan sajian mi instan tersebut. "Panjang banget (antreannya)," ia mengatakan. "Teman-teman harganya (seporsi) Rp160 ribu. Semoga masih ada ya karena pelanggan lain terlihat membawa cup mi dalam kemasan berbeda."

"Mi gelas yang mereknya Indomie sudah terjual habis di minggu pertama. Tapi, ini Indomie kok, gelasnya saja yang berbeda," penjualnya mengatakan dalam rekaman tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Rasanya?

Di lanjutan video yang sudah ditonton lebih dari 200 ribu kali saat artikel ini ditulis, Nay memperlihatkan bahwa Indomie Goreng tersebut disajian bersama dua potong udang berbumbu butter dan bawang putih, juga SPAM dan potongan telur rebus.

Teman Nay, yang ia sebutkan bersama Erika, pun mencoba mi goreng untuk pertama kali. Ia berkomentar, "Agak pedas, tapi juga manis. Mirip yakisoba (mi goreng khas Jepang), tapi lebih pedas."

Nay juga bertanya pada beberapa pelanggan lain yang kedapatan makan Indomie Goreng. "Enak," salah satunya berkomentar, sementara yang lain menyebut, "Ini enak banget.

Sementara Nay, selain menulis antre berjam-jam di judul, juga menambahkan keterangan, "Guys!!! Yang masak bukan orang Indo, tapi secara nggak langsung mereka membudayakan instan food-nya orang Indo. Lihat yuk antusiasnya bule-bule di Kanada pengen nyobain Indomie ini."

Setelah makan sajian mi instan tersebut, Nay juga memperlihatkan sederet makanan lain. Masuk dalam daftarnya adalah cumi bakar, corndog ala Korea, unagi dan jamur tiram panggang, bubble tea, serta ayam nanban.

3 dari 4 halaman

Mi Instan Goreng Terbaik

Pada Oktober 2021, Indomie Goreng tercatat dalam daftar 10 mi instan terbaik versi New York Magazine. Tidak hanya satu, total ada dua varian Indomie Goreng yang tercatat dalam daftar tersebut.

NY Magazine menghadirkan delapan ahli yang terdiri dari chef, ahli kuliner, penulis buku masak, serta pecinta kuliner untuk menyusun daftar tersebut. Majalah ini membagi penilaian ke dalam tiga varian mi instan: kuah, goreng, dan pedas.

Dua varian Indomie Goreng yang masuk dalam daftar ini adalah versi original dan ayam panggang. Kritikus restoran San Francisco Chronicle, Soleil Ho, menjelaskan bahwa Indomie Goreng original masuk dalam kategori mi instan kering. "Rasa gurih yang kuat berasal dari minyak bawang dan bawang goreng," ia mengatakan.

Rasa tersebut yang membuat Ho merekomendasikan produk tersebut sebagai mi instan goreng terbaik. Selain varian original, Ho mengaku suka Indomie Goreng Rasa Sate. Sejak duduk di sekolah dasar, Ho sudah mengonsumsi Indomie bersama saudaranya, bercerita menambahkan telur mata sapi sebagai pelengkap.

 

4 dari 4 halaman

Varian Lainnya

Indomie Goreng Rasa Ayam Panggang turut masuk dalam daftar mi instan goreng terbaik. Mi instan ini jadi favorit Lucas Kwan Peterson, seorang kolumnis makanan untuk Los Angeles Times. Mi instan ini dijagokan Peterson karena hadir bersama bahan-bahan pelengkap, seperti bumbu rasa ayam, bawang goreng, minyak bumbu, minyak cabai, dan kecap manis bertekstur kental.

Bagi orang yang bingung dengan berbagai pilihan mi instan, Peterson merekomendasikan mi instan yang dijual bersama bahan pelengkap sebagai solusinya. Selain Indomie Goreng, mi instan lain pada daftar mi goreng instan terbaik, yaitu Nongshim Chapagetti Chajang Noodle yang menghadirkan cita rasa Korea-China.

Menurut Irene Yoo, mi instan ini merupakan versi instan dari jjajangmyeon, hidangan mi Korea yang disajikan bersama saus pasta kacang kedelai hitam. Ia menggambarkan "mi dengan saus hitam pekat" ini "sangat gurih dan menyenangkan untuk dimakan." Tidak seperti "masak mi dengan air mendidih" dalam daftar ini, Chapagetti melibatkan sedikit lebih banyak persiapan.