Sukses

Mengenal Diet Human Being yang Hanya Konsumsi 600 Kalori Sehari

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan diet seperti tak ada habis dibicarakan, kali ini seorang ahli nutrisi menyebut dietnya dengan nama Human Being Diet atau Diet Manusia. Diet tersebut diklaim membantu para bintang menurunkan berat badan, merasa lebih energik, dan tidur lebih nyenyak, walau para pelaku diet hanya mengonsumsi 600 kalori sehari.

Ahli nutrisi tersebut bernama Petronella Ravenshear. Ia berasal dari London tetapi baru saja pindah ke Florida, Amerika Serikat. Ia menyebut para penggemarnya seperti sosialita Jemma Kidd dan perancang busana Donna Ida.

Diet Manusia berfokus pada 'keseimbangan metabolisme dan kesehatan pencernaan yang lebih baik' dan telah mengumpulkan banyak pengikut di media sosial. Petronella memiliki lebih dari 24.000 pengikut di Instagram, tempat dia mengunggah tentang diet untuk penggemar setia, dan ada lebih dari 10.000 unggahan di tagar #thehumanbeingdiet.

Dalam sebuah buku baru, Petronella menegaskan itu bukan sekadar 'buku diet' tetapi 'program tiga bulan yang memberikan cara baru makan dan hidup'.  Ia berbagi 'jalan tanpa rasa sakit' untuk membantu orang mencapai 'energi tak terbatas' 'berat badan yang sempurna' mereka dan mendapatkan 'kulit sempurna' 'tidur yang menyegarkan' dan 'seks yang lebih baik'.

Para pengikutnya ditantang mencoba hidup dua hari tanpa daging, lemak, maupun alkohol, dan sebagai gantinya hanya makan sayuran senilai 100 gram yang dicampur ke dalam sup. Setelah itu, pelaku diet dapat memasukkan daging dan bentuk protein lain ke dalam makanan mereka.

Namun, tidak ada minyak atau alkohol yang diperbolehkan, yang berarti mereka yang menjalani diet akan mengonsumsi sekitar 600 kalori sehari selama dua minggu. "16 hari pertama adalah hari yang berat, bebas minyak, alkohol, gula, dan biji-bijian, dan harus dipandang sebagai hal yang sakral," tulis Petrnonella di situs web-nya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perubahan Nutrisi

Dengan mengikuti program HBD, kata Petrnonella, efeknya adalah penurunan berat badan.  "Apa lagi yang bisa Anda harapkan? Energi yang lebih baik, ketahanan yang lebih baik, dan pandangan hidup yang lebih cerah. bersama dengan kadar gula darah yang stabil, hormon yang seimbang dan resolusi dari banyak kondisi yang menyakitkan."

Fase tiga, yang berlangsung selama sepuluh minggu, memungkinkan penambahan satu sendok makan minyak zaitun setiap kali makan dan makanan suguhan mingguan. Suguhan tersebut bisa berupa apa saja mulai dari makanan China yang memanjakan hingga ikan dan keripik yang dinikmati dengan minuman.

Petronella belajar di Institute for Optimum Nutrition di London, Natura Foundation, dan The Institute for Functional Medicine dan menyebutkan banyak naturopath di antara pengaruh terbesarnya. Dia bilang dia terinspirasi oleh "kekuatan penyembuhan bawaan tubuh".

"Saya terinspirasi oleh perubahan besar dalam kesehatan yang terjadi dengan perubahan nutrisi dan bagaimana tubuh mempengaruhi pikiran dan sebaliknya," ia menulis di situsnya. "Dan saya selalu terinspirasi oleh orang-orang yang datang menemui saya yang siap untuk perubahan."

 

3 dari 4 halaman

Aturan Ketat

Aturan dietnya untuk hidupnya sendiri termasuk 'makan makanan sedekat mungkin dengan alam' dan 'jika Anda harus memprosesnya dengan cara apa pun, tinggalkan saja'. Dia menambahkan jika Anda bisa 'berburu atau memancing, makanlah' dan 'makanan dengan umur simpan, hindari'.

Nasihatnya yang lain, termasuk selalu meninggalkan lima jam di antara waktu makan dan mengakui bahwa dia terkadang berpuasa selama 24 jam. "Ini adalah tantangan, tetapi juga sangat memberi energi. Tentu saja, makanan memberi kita energi, tetapi juga membutuhkan energi untuk mencerna dan menyerap makanan," klaimnya.

Meskipun aturan bagi dirinya sendiri sangat ketat, dia tetap minum alkohol, tetapi abstain selama tiga bulan dalam setahun. Ia juga  mengatakan bahwa 'cuka sari apel dengan air soda' adalah pengganti yang bagus untuk anggur.

Berbicara kepada Times, Petronella mengatakan bahwa dia menulis buku yang diterbitkan sendiri sebagai 'tidak semua orang mampu' untuk datang ke 'klinik yang dipesan' di Chelsea.

"Tidak semua orang mampu membayar konsultasi nutrisi pribadi dan janji temu di klinik Chelsea saya penuh secara permanen, jadi saya ingin menyampaikannya di luar sana." "Responsnya sangat fenomenal saat orang-orang menemukan bahwa diet itu berhasil untuk mereka," ia menambahkan.

4 dari 4 halaman

Reaksi di Media Sosial

Bagi banyak orang, HBD harus membangun kembali keseimbangan nutrisi yang lebih baik: penurunan berat badan adalah salah satu efek sampingnya. "Tetapi sebagian besar orang mengatakan kepada saya bahwa begitu mereka mengadopsi diet, mereka tidur lebih nyenyak, memiliki kulit yang lebih sehat, tingkat stres yang lebih rendah dan bahwa mereka diremajakan, bangkit dari tempat tidur siap untuk menghadapi hari."

Banyak orang di media sosial memuji diet tersebut. Mereka mengatakan bahwa diet tersebut terlihat menurunkan berat badan dan merasa lebih sehat. Tetapi, pihak yang kontra mengatakan berbahaya untuk menyarankan orang untuk makan hanya 600 kalori sehari.

Wanita rata-rata membutuhkan 1.600 - 2.400 kalori per hari - tergantung pada tinggi badan, berat badan dan tingkat olahraga mereka, sementara pria membutuhkan rata-rata antara 2.000 dan 3.000. NHS merekomendasikan pria menargetkan 1.900 kalori sehari untuk menurunkan berat badan, sementara wanita makan sekitar 1.400 - dan diet sangat rendah kalori (di bawah 800 kalori) tidak cocok untuk kebanyakan orang.

Sementara, diet sangat rendah kalori dapat menyebabkan penurunan berat badan jangka pendek, kemungkinan berat badan akan kembali setelah diet berakhir dan dapat menyebabkan penipisan rambut, energi rendah, sakit kepala dan pusing.