Sukses

6 Oleh-Oleh Khas Cianjur yang Paling Populer untuk Cemilan Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Cianjur tak hanya menyimpan keindahan alamnya yang memesona. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini juga memiliki ragam destinasi wisata kuliner yang menggugah selera.

Wisata kuliner itu mampu menggoyangkan lidah para pelancong. Tidak sedikit wisatawan yang membawa pulang oleh-oleh khas Cianjur sebagai buah tangan keluarga. Berikut enam oleh-oleh Cianjur yang dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu, 30 April 2022.

1. Kentang stik

Rekomendasi oleh-oleh khas Cianjur yang populer pertama yaitu kentang stik. Kentang stik yang ada di Cianjur itu memiliki proses yang sederhana dengan rasa yang gurih.

Prosesnya mulai dari menyiapkan beberapa buah kentang. Lalu, kentang dikupas dan dicuci bersih. Setelah itu, kentang diiris memanjang seperti stik yang kemudian diberi bumbu penyedap dan digoreng hingga garing.

Kentang stik itu cocok untuk wisatawan yang memiliki anak-anak di rumah. Bisa juga menambahkan cocolan saus pedas maupun mayones.

2. Roti popon

Oleh-oleh khas Cianjur yang satu ini cocok untuk wisatawan pecinta roti. Namanya itu adalah roti Popon dengan rasanya yang nikmat dan khasnya.

Proses pembuatannya itu masih dilakukan secara tradisional atau handmade. Mereka menawarkan beberapa varian rasa yang bisa pengunjung pilih. Beberapa diantaranya seperti pisang cokelat dan cokelat original yang menjadi andalannya.

Walaupun proses pembuatannya masih dikemas dengan cara lama, roti Popon tidak kalah dengan roti buatan bakery pada umumnya. Pembeli juga harus siap mengantri ketika membeli oleh-oleh khas Cianjur yang populer itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Kue Mochi

Kue mochi Cianjur menjadi salah satu oleh-oleh khas yang populer. Berbeda dari mochi di kota Indonesia lainnya, mochi itu memiliki rasa yang khas yang digemari oleh banyak kalangan, tak hanya penduduk setempat.

Proses pembuatannya pun cukup mudah. Mereka hanya mencampurkan kacang tanah dan terigu. Kemudian, adonan itu bisa dilumuri gula halus dan diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan rasa kue mochi yang nikmat.

Selain rasanya yang enak, harga mochi pun terjangkau. Mochi dijual per kotak dengan harga sekitar Rp 4.000–Rp. 5.000. Beberapa varian rasa mochi di antaranya, Oreo, Abon, Chesse Super, Ubi Ungu, Greentea, Wijen Hitam, Pandan, Original, Cokelat, Moca, Susu, Keju, dan Rainbow. Di antara varian tersebut mochi varian Rainbow yang sangat digemari.

 

3 dari 4 halaman

4. Batagor Cianjur

Batagor memang sudah menjadi ikon dari kuliner Kota Bandung. Namun, batagor Cianjur yang satu ini berbeda dari batagor pada umumnya.

Batagor menggunakan resep batagor pilihan dengan tambahan bumbu dan saus kacang membuat batagor menjadi enak, nikmat, dan renyah. Jajanan sederhana ini ditawarkan dengan harga murah dan terjangkau, cocok untuk menjadi cemilan di waktu luang.

Rekomendasi oleh-oleh khas Cianjur yang satu ini menjadi primadona karena memiliki antren yang panjang. Tidak sedikit para wisatawan yang penasaran dengan rasanya.

Batagor Cianjur itu memiliki bumbu kacang yang disiram ke tahu dan aci menjadi pelengkap. Makanan itu sudah cukup populer di kalangan anak sekolahan, mahasiswa, ataupun para pekerja. Harganya pun cukup terjangkau seharga Rp5.000–Rp10.000.

 

4 dari 4 halaman

5. Asinan dan manisan buah

Oleh-oleh khas Cianjur berikutnya adalah asinan dan manisan buah yang populer. Makanan itu banyak diburu para pelancong karena rasanya yang segar dan sehat.

Proses pembuatannya pun cukup mudah dengan memilah jenis buah yang pengunjung sukai. Lalu, bisa mencampurkan beberapa jenis buah itu ke dalam satu baskom atau wadah. Setelah itu, bisa langsung menyiramnya dengan kuah asinan yang dibuat dengan bumbu khusus.

Asinan dan manisan buah Bogor dan Cianjur memang hampir sama karena letaknya yang berdekatan. Beberapa buah yang digunakan untuk asinan adalah salak, kedondong, mangga, bayam, sawi, dan terong.

6. Tauco

Tauco merupakan salah satu bahan yang terbuat dari kacang kedelai. Makanan khas Cianjur yang satu ini dapat dijadikan berbagai makanan variatif lainnya seperti geco, sambal, tauco, atau pecel tauco.

Proses pembuatan tauco di Indonesia masih dilakukan secara tradisional. Produsen tauco di Cianjur itu menjadi proses yang paling populer.

Tauco cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga atau kerabat karena rasanya yang nikmat. Tauco menjadi pelengkap di dalam hidangan sehingga tidak perlu menambahkan penyedap buatan. (Natalia Adinda)