Sukses

Damri Buka Penjualan Tiket Mudik Lebaran 2022, Kerahkan 460 Armada Bus

Resmi membuka penjualan tiket mudik Lebaran 2022, calon penumpang sudah bisa membeli tiket lewat aplikasi dan situs resmi.

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia angkutan umum telah bersiap menyambut mudik Lebaran 2022. Begitu pula dengan Damri yang resmi membuka penjualan tiket mudik selama periode Angkutan Hari Raya Idul Fitri (AHRI) 1443 H Tahun 2022.

Berdasarkan siaran pers yang dikutip dari laman resmi Damri, Rabu (6/4/2022), salah satu persiapan Damri adalah kegiatan rampcheck armada di di Pool DAMRI Kemayoran, Pool Bogor, Pool Kerangkeng, Pool Pupar, dan Pool Tipar. Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri menyebut bahwa DAMRI siap menyelenggarakan layanan AHRI dengan berpedoman pada Surat Edaran Satgas COVID19 Nomor 11 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2022.

Siti Inda melanjutkan persyaratan perjalanan Damri terbaru untuk mudik Lebaran masih akan disesuaikan dengan peraturan terbaru pemerintah. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memperbolehkan mudik Lebaran 2022.

Kegiatan mudik yang diizinkan oleh Jokowi dengan syarat pemudik telah vaksinasi dua kali dan satu kali booster dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Penjualan tiket mudik resmi dilakukan via aplikasi Damri Apps dan situs tiket damri.co.id. Damri membatasi penjualan kapasitas kursi hingga 70 persen untuk wilayah PPKM Level 3 dan 4, sedangkan 100 persen untuk wilayah PPKM Level 1 dan 2.

Untuk daerah di Indonesia Timur dan Kalimantan Utara, pemesanan tiket dapat dipesan melalui loket keberangkatan karena pemesanan tiket online masih sulit dilakukan karena sinyal yang kurang memadai. Meski begitu, Damri tetap memproses pencatatannya secara digital.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Armada Bus

"DAMRI akan mengerahkan 460 armada bus yang telah melalui serangkaian proses rampcheck yang dialokasikan untuk mudik lebaran," kata Siti Inda.

Jumlah trip yang akan dijalankan oleh DAMRI pada H-10 jelang Lebaran hingga H+10 pasca Lebaran adalah 8.715 perjalanan dengan prediksi pelanggan kurang lebih sebanyak 200 ribu orang di luar pelanggan regular. "Arus mudik paling besar berada di Pulau Jawa, sedangkan keberangkatan paling banyak berasal dari DKI Jakarta," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Lonjakan Keberangkatan

Siti Inda menjelaskan, "Kemudian wilayah yang berpotensi mengalami lonjakan keberangkatan mudik antara lain Yogyakarta dan Bandung."

Pihaknya juga menyiapkan Posko AHRI di lingkungan DAMRI akan berlangsung pada 15 April--15 Mei 2022. "Terdapat beberapa cabang yang akan menjadi pantauan nasional selama AHRI, yakni Jabodetabek, Lampung, Palembang, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Reservasi

Pihaknya juga memastikan mempersiapkan sarana dan prasarana akan memadai sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh pelanggan. Damri juga mengimbau kepada seluruh pelanggan yang akan bepergian agar mengatur waktu perjalanan sebaik-baiknya.

Salah satu langkah mengaturnya adalah dengan reservasi tiket online melalui aplikasi Damri Apps. "Kami berharap masyarakat dapat menggunakan DAMRI sebagai moda transportasi pilihannya karena DAMRI selalu mengedepankan protokol kesehatan secara ketat baik saat berada di Pool maupun selama dalam perjalanan," ucap Siti Inda.

5 dari 5 halaman

Infografis Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.