Sukses

5 Cara Mengurangi Asam Lambung yang Perlu Diketahui

Ada beberapa cara untuk mengurangi asam lambung. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi asam lambung. Dilansir dari Healthline, Selasa (22/3/2022), berikut beberapa di antaranya.

1. Mengunyah makanan

Tips sederhana, tapi sering diabaikan untuk mengurangi kadar asam lambung dan pencernaan adalah mengunyah makanan secara menyeluruh. Pencernaan dimulai dari mulut, dan dapat memengaruhi cara tubuh mencerna makanan.

Kunyah makanan Anda dan ambil gigitan kecil untuk merangsang enzim pencernaan Anda. Ini dapat menghilangkan gejala terkait asam lambung dan membantu mempertahankan tingkat asam positif di perut Anda.

2. Batasi makanan olahan

Diet seimbang yang kaya akan buah dan sayuran juga dapat mengurangi kadar asam lambung Anda. Makanan olahan dan gula dapat menyebabkan peradangan di perut, menurunkan aktivitas asam, dan memicu gejala refluks asam.

Memasukkan diet sehat juga dapat mengurangi proses pencernaan Anda, memungkinkan perut memecah makanan secara memadai dan menyerap protein penting ke dalam tubuh. Pertimbangkan untuk membatasi asupan alkohol untuk manfaat tambahan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Makan sayuran yang difermentasi

Sayuran yang difermentasi, seperti kimchi, asinan kubis, dan acar, secara alami dapat mengurangi kadar asam lambung. Sayuran dan makanan yang difermentasi memiliki efek probiotik yang dapat meningkatkan pencernaan, melawan bakteri berbahaya, dan mengurangi peradangan akibat asam lambung rendah.

Selain meningkatkan pencernaan, sayuran fermentasi telah dikaitkan dengan memperkuat fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan penurunan berat badan, dan menurunkan tekanan darah. Sebelum memasukkan makanan fermentasi ke dalam diet Anda, diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

3 dari 5 halaman

4. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel mentah adalah cairan fermentasi yang terbuat dari apel, bakteri, dan ragi yang dihancurkan. Ini kaya akan protein dan enzim yang dapat membantu memecah bakteri dalam makanan. Cuka sari apel mentah dapat meningkatkan kadar asam lambung karena sifat asamnya memasukkan lebih banyak asam ke saluran pencernaan.

Selain meningkatkan kadar asam lambung, cuka sari apel mentah telah dikaitkan dengan pengurangan gejala dari refluks asam, diabetes, dan gula darah tinggi. Untuk menggunakan cuka sari apel, encerkan sedikit dengan air dan minum sebelum makan. Tanpa air atau pelarut lain, cuka sari apel dapat merusak enamel pada gigi Anda.

 

4 dari 5 halaman

5. Makan jahe

Jahe dikenal luas karena sifat anti-inflamasinya, kualitas penting untuk mengurangi peradangan dari asam lambung yang rendah. Ini juga telah diakui sebagai pengobatan alternatif untuk refluks asam dan gangguan pencernaan lainnya. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efeknya pada peningkatan asam lambung.

Anda bisa mengiris, memarut, atau menyeduh jahe jadi teh dan makanan. Ini juga tersedia sebagai suplemen oral dan bubuk. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memasukkan jahe ke dalam diet Anda.

5 dari 5 halaman

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.