Sukses

3 Ide Dekorasi Pernikahan yang Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal mengatur dekorasi pernikahan, tak melulu soal skema warna dan bunga. Di momen spesial ini, calon pengantin juga perlu mempersiapkan segala hal dengan matang agar berjalan dengan lancar.

Seiring berjalannya waktu, isu keberlanjutan terus mencuat. Konsep ini juga dapat diterapkan melalui dekorasi pernikahan ramah lingkungan yang tidak hanya menghiasi pernikahan dengan penuh semarak, tetapi juga menjaga kelestarian Bumi.

Lantas, apa saja ide dekorasi pernikahan ramah lingkungan? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari PinkVilla, Minggu, 23 Januari 2022, berikut ini.

1. Pilih bunga lokal untuk dekorasi

Dekorasi bunga untuk upacara pernikahan intim sebagian besar dapat diminimalkan. Anda dapat memilih bunga-bunga dari toko bunga lokal.

Menggunakan bunga dan dedaunan lokal dan musiman saat akan menikah benar-benar dapat dilakukan. Menanam bunga secara alami menggunakan jauh lebih sedikit energi, air, dan bahan kimia daripada 'memaksa' mereka tumbuh di luar musim.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 4 halaman

2. Rencanakan hari pernikahan

Acara pernikahan di malam hari membutuhkan penggunaan listrik, lampu, dan generator yang ekstensif. Salah satu ide ramah lingkungan adalah pilihlah pernikahan siang hari.

Langkah tersebut adalah pilihan terbaik untuk menghemat energi dan biaya di pesta pernikahan. Dalam kasus pernikahan sehari dan mungkin halaman rumput luar ruangan, pengaturannya akan menyala secara alami.

3 dari 4 halaman

3. Pilih elemen dekorasi yang dapat digunakan kembali

Keberlanjutan dan dapat digunakan kembali adalah kunci pernikahan yang ramah lingkungan. Satu harus fokus pada memasukkan unsur-unsur alam dalam dekorasi pernikahan Anda.

Anda dapat memanfaatkan tanaman pot sebagai centerpieces meja dan menggunakannya sebagai suvenir pernikahan untuk para tamu. Seseorang bahkan dapat memilih opsi rambu (signage) yang dapat digunakan kembali alih-alih tanda-tanda yang dicetak, seperti papan tulis tulisan tangan yang dapat digosok dan disesuaikan lagi. Dengan mengadopsi ide-ide ramah lingkungan ini, Anda tidak hanya akan merangkul praktik berkelanjutan tetapi juga akan mendukung bisnis lokal dan kecil.

4 dari 4 halaman

Infografis Gaun Pernikahan Raisa